TIPS BAHAGIA PADA SAAT SOLO TRAVELING

2 comments



Tips Bahagia pada Saat Solo Traveling. Hidup saat ini memang sedang lelah-lelahnya. Namun ada banyak cara yang bisa  dilakukan untuk menghilangkan stres, salah satunya dengan berwisata sendiri atau solo traveling.  Sebagai seorang Travel Blogger tentu saja dengan traveling sendiri dapat menyegarkan pikiran dari hiruk-pikuk aktivitas sehari-hari, bukan?

Kegiatan ini juga sangat pas untuk Anda yang sedang membutuhkan waktu sendiri. Sebab, Anda lebih leluasa untuk bepergian kemana dan kapan saja tanpa perlu mencocokkannya dengan orang lain. Asyik, bukan? Kalau tertarik untuk bertamasya sendiri, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips solo traveling berikut ini.

Sebelum membahas tips melakukannya, yuk, kenali apa itu solo traveling terlebih dahulu! Jadi, solo traveling adalah suatu aktivitas liburan atau bepergian ke suatu tempat tidak bersama orang lain. Biasanya, aktivitas ini dilakukan oleh seseorang yang ingin self healing atau sekadar menyegarkan pikiran.

Manfaat Solo Traveling

Ada berbagai macam manfaat yang bisa menjadi alasan kenapa Anda harus sesekali mencoba berlibur sendirian. Alasan kenapa penting untuk mencoba berlibur sendirian tersebut di antaranya Membantu Anda untuk mengenal diri sendiri. Sebab, Anda jadi memiliki waktu sendiri saat sedang menjadi solo traveler. Anda pun dapat melakukan seluruh aktivitas liburan sesuai dengan keinginan pribadi.

Meningkatkan rasa percaya diri. Karena segala sesuatunya akan didasarkan pada keputusan Anda sendiri, solo traveling tentu akan membantu meningkatkan rasa percaya diri.

Mendapatkan teman baru. Jika Anda menemukan sesama solo traveler di destinasi wisata, cobalah untuk berkenalan. Dengan begitu, Anda dapat mendapatkan koneksi baru yang akan menambah pengalaman selama traveling sendiri.

Mempelajari cara mengatur keuangan. Berlibur tanpa bersama orang lain tentu akan membuat semua biaya yang dikeluarkan hanya untuk diri sendiri. Hal ini akan membuat Anda belajar untuk mengatur pengeluaran supaya lebih hemat.

Tips Solo Traveling

Bepergian sendiri tentu akan menjadi tantangan karena Anda harus melakukan segala sesuatunya secara mandiri. Karena itulah, ada berbagai macam persiapan solo traveling yang penting untuk Anda siapkan.

Nah, simak tips persiapan solo traveling pada ulasan berikut ini.

1. Siapkan Itinerary

Itinerary merupakan rencana perjalanan yang penting untuk disiapkan, terlebih saat sedang berlibur sendiri.Dengan begitu, Anda jadi tidak kebingungan ingin mengunjungi destinasi wisata mana saja.

 Selain itu, menyusun rencana perjalanan juga akan membuat Anda dapat mengatur pengeluaran sebaik mungkin.

2. Pastikan Membawa Seluruh Dokumen Penting

Dokumen penting, seperti identitas diri, paspor, hingga tiket transportasi perjalanan, harus dipastikan telah tersedia dalam tas bawaan Anda.Jadi, Anda dapat mengurangi kecerobohan selama bepergian.

3. Pahami Akses Akomodasi dan Transportasi

Karena bepergian sendiri, kenali akses akomodasi dan transportasi sebaik mungkin. Pastikan bahwa tempat penginapan Anda aman dan nyaman. Untuk itu, Anda bisa memilih tempat penginapan yang mendapatkan review baik dari pengguna terdahulunya

 Anda pun perlu mencari tahu kendaraan umum apa saja yang tersedia dari tempat penginapan menuju destinasi wisata. Selain itu, pahami juga harga tiket dan rute perjalanan yang dilalui kendaraan umum tersebut.Anda bisa melihat informasi mengenai transportasi dan akomodasi tersebut dengan menjelajahi internet.

4. Sedia Obat-Obatan Pribadi

Jangan lupa untuk menyediakan obat-obatan pribadi apalagi saat sedang bepergian sendiri. Lantaran, yang paling mengetahui kondisi tubuh Anda adalah diri sendiri. Siapkan juga beberapa obat pelengkap, seperti obat anti mual, parasetamol, vitamin, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda yang memiliki kondisi medis tertentu perlu menyiapkan catatan khusus di ponsel untuk berjaga-jaga kalau terjadi situasi darurat.

5. Cicipi Kuliner Khas

Mencicipi kuliner khas daerah dari destinasi wisata Anda juga menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan saat solo traveling, ya! Wisata kuliner tentu menjadi salah satu momen yang bisa memperkaya pengalaman traveling Anda.

Karena itu, Anda sebaiknya mencicipi berbagai makanan khas daerah destinasi wisata Anda. Misalnya, apabila Anda sedang mengunjungi pulau Dewata, jangan lupa mencicipi macam-macam makanan khas Bali yang populer, seperti ayam betutu, sate lilit, dan lain-lain.

6. Kunjungi Destinasi Favorit Daerah

Catat dan buat rencana untuk mengunjungi berbagai macam destinasi favorit daerah yang Anda datangi menjadi tips berlibur sendiri selanjutnya. Destinasi favorit biasanya memiliki keunggulan yang sayang untuk dilewatkan, seperti memiliki pemandangan bagus, banyak wahana asyik, dan lain sebagainya.

7. Selalu Cukup Minum

Mengunjungi berbagai macam destinasi wisata sendirian cenderung membuat Anda lupa untuk mengonsumsi minum air putih sebab tidak ada teman yang mengingatkan Kurang minum terlebih saat sedang bepergian bisa menyebabkan dehidrasi yang berdampak pada kesehatan tubuh.

8. Atur Pengeluaran Sebaik Mungkin

Agar tidak kehabisan uang saat sedang asyik berlibur, Anda perlu mengatur pengeluaran sebaik mungkin. Anda dapat menetapkan budget dan rencana perjalanan agar bisa mengontrol pengeluaran selama liburan.Sarannya, tetaplah ikuti rencana perjalanan dan hindari membeli barang secara impulsif.

Nah, itu dia beberapa tips solo traveling yang akan membuat perjalanan Anda terasa lebih menyenangkan. Sudah tidak sabar untuk liburan?

2 comments

  1. Sebagai penikmat traveling aku rutin traveling setiap tahun, tapi jujur ga pernah bisa menikmati solo traveling.

    Pernah coba mba, sekali. Mau ngetes aja bisa atau ga. Ternyata aku ga enjoy malah. Malamnya langsung nelpon suami utk nyusul besok pagi ke Palembang. Padahal cuma kesana doang 🤣🤣.

    Aku memang lumayan introvert, tapi pas ketemuan bloggers, biasanya malah lancar ngomong. Beda kalo ketemunya orang asing di jalan. Auto langsung curiga setiap saat 🤣🤣.

    Makanya skr ini, ga mau coba lagi utk solo, melainkan pasti ada temennya. Biasa sih suami, tapi kalo dia sedang sibuk, dia ngizinin aku traveling Ama temen2. Yg penting ada temennya aja 😄. Soalnya dia juga tahu aku bukan tipe yg survive kalo di lepas sendiri hahahah

    ReplyDelete
  2. Saya sering sekali solo traveling. Kegiatan yang menantang banget di balik kelebihan dan kekurangannya. Tapi seiring dengan perjalanan waktu akhirnya bisa well-organized. Bahkan sering menikmatinya. Di berbagai tempat malah akhirnya dapat teman2 baru yang asik. Rangkaian tips di atas ampuh banget memang. Yang penting juga lakukan riset yang cukup akan tempat yang akan kita kunjungi. Jangan lelah untuk mencari info terbaik dan bertanya kepada teman pejalan lain yang pernah mengunjungi tempat yang akan kita datangi.

    ReplyDelete