Mengapa Malas Update Blog, Tantangan dan Solusinya

2 comments

  


kapan sih terakhir kali kalian update blog? kalau aku sendiri karena memang memiliki beberapa blog ketika penyakit malas ngeblog ini mulai menghampiri otomatis aku jadi sedih. Untuk menghibur hati aku terkadang meluangkan waktu bermain Doodle. Bisa dibayangkan kan kalau blog utama saja sampai nggak update apa kabar blog yang masih piyik usianya itu? dah lah sudah pasti makin merana. 

Jadi aku berusaha banget memompa motivasiku ngeblog itu pertamanya apa? nggak lucu dong sudah bayar hosting dan domain mahal malah angin-anginan ngeblognya. itu invoice kira-kira siapa yang mau bayarin? nggak mungkin minta sama kamu kan? By the way dengan mengingat motivasi tersebut penyakit malas ngeblogku jadi kembali lagi


lho, sesaat berasa seperti orang yang kembali ke jalan yang benar setelah khilaf salah jalan.

Akhir-akhir ini aku jujur merasa sedih banget pas memperhatikan  fenomena "malas menulis blog" hal ini bahkan telah menjadi hal yang cukup umum di kalangan blogger. 

Berbagai alasan mendasari tren ini yang lumayan menyesakan dada. Bahkan di berbagai circleku mengatakan, aku sudah gantung pena nggak lagi-lagi ngeblog deh mau fokus sama sosmed saja, mengingat cuan di sosmed memang sekeren itu. 


yuks mari  kita akan mengeksplorasi beberapa faktor yang mungkin memengaruhi semangat menulis blog serta mencari solusi untuk mengatasinya.

1.  Waktu yang semakin singkat.

Meningkatnya tekanan hidup dan pekerjaan membuat banyak orang merasa waktu yang tersedia untuk menulis blog semakin terbatas. Dengan tuntutan pekerjaan dan kehidupan pribadi, banyak blogger merasa kesulitan untuk menyisihkan waktu yang cukup untuk menulis dengan kualitas yang baik.

Solusi: Atur jadwal yang lebih teratur untuk menulis, alokasikan waktu khusus untuk blogging, dan pertimbangkan untuk mengurangi komitmen yang berlebihan.

2. Ketidakpastian Hasil

Blogger seringkali merasa frustrasi ketika hasil dari upaya menulis blog tidak sesuai harapan. Kekhawatiran tentang sedikitnya pembaca atau kurangnya penghasilan dari blog dapat mengurangi motivasi yang awalnya begitu membara menjadi perlahan-lahan menciut.

Namun Ingatlah bahwa kesuksesan dalam menulis blog memerlukan waktu. Cobalah untuk mengevaluasi dan meningkatkan konten kamu, serta terus berinovasi untuk menarik lebih banyak pembaca.

3. Ketidakpastian Aturan Algoritma Sosial Media

Perubahan algoritma di platform sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dapat memengaruhi seberapa banyak pembaca yang dapat mencapai blog. Hal ini tak jarang dapat membuat perasaan kita sebagai blogger juga kerap merasa kehilangan motivasi.

Diversifikasi sumber lalu lintas dengan mempromosikan blog Anda melalui berbagai platform dan membangun langganan email.

4. Kelelahan ide Kreatif

Menulis konten yang menarik dan evergreen memang memerlukan kreativitas yang konsisten. Ketika rasa kelelahan ini muncul, banyak kita yang terkadang merasa terhambat. berjam-jam di depan laptop namun nggak berhasil menuliskan bait-bait kata.

kalau itu terjadi pada diriku sudah pasti aku nggak akan nurut dengan mencari inspirasi dari berbagai sumber, seperti membaca buku, mengeksplorasi tren terbaru, atau berkolaborasi dengan sesama blogger.

5. Perasaan Kesepian Sendiri

Menjadi seorang blogger sering bekerja sendirian, Percayalah kalau rasa kesepian itu dapat memengaruhi motivasi mereka. Tanpa dukungan, circle dan interaksi dengan sesama blogger,hal  ini dapat menjadi tantangan besar.

Yuks daripada sendirian mending pada bergabung dengan komunitas blogger, berpartisipasi dalam forum online, dan berinteraksi dengan sesama blogger untuk mendapatkan dukungan sosial.

Menulis blog mungkin bisa jadi lebih sulit saat ini, tetapi dengan kesadaran akan faktor-faktor yang memengaruhi motivasi dan upaya untuk mengatasinya, Anda bisa kembali menemukan semangat dan produktivitas dalam menulis blog. Ingatlah bahwa konsistensi dan komitmen adalah kunci untuk meraih kesuksesan dalam dunia blogging.

Sebagai seorang pemula, sering diidentifikasikan dengan berbagai ketidaktahuan, aneka macam kesalahan, yang berkaitan dengan ketidak tahuan dalam melakukan sesuatu hal tersebut.

Blogger, walaupun terlihat sepele, namun ada beberapa hal yang sebaiknya dan tidak sebaiknya  lakukan.

Tips Blogging 

Pada tips blogging dan kesalahan yang harus dihindari pemula yang akan dibahas pertama kali adalah tentang tips ketika membuat blog, yaitu :

1. Membuat Konten yang Sesuai Bidang Anda

Sebaiknya tulis dan buat ilustrasi konten yang memang disukai, dan Anda memang mampu membuat atau menggunakannya, seperti tentang otomotif, memasak, dan yang lainnya.

Ketika Anda menyukai konten yang dibuat, atau menyukai bahasan yang dibahas, tentunya Anda akan lebih mudah membahas dan mengulas pokok bahasan tersebut secara lancar.

2. Jadilah Diri Sendiri

Dalam hal menjelaskan konten atau menuangkan ide pokok bahasan ke dalam blog, sebaiknya jadilah diri sendiri. Maksudnya Anda dapat menjelaskan tentang isi konten sesuai dengan gaya bahasa sendiri.

Dengan tulisan yang baik, mudah dimengerti, pastinya akan mudah dimengerti oleh para pembaca.

3. Interaktif terhadap Pembaca

Untuk lebih menarik perhatian para pembaca, sebaiknya Anda tidak statis, lakukan interaktif, seperti rajin bertanya jawab.

Bahkan tidak ada salahnya jika Anda menanyakan apakah ada saran atau masukan dari para pembaca. Selain baik untuk berkomunikasi, juga mampu meningkatkan kualitas blog kamu di masa depan.

4. Sesuaikan Konten dengan Para Pembaca

Anda juga sebaiknya menyesuaikan konten yang dibagikan dengan karakteristik para pembaca.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memperkirakan dengan konten yang dibuat, pembaca seperti apa yang akan membaca ulasan Anda. Maka Anda akan mudah menyesuaikan desain konten dengan karakteristik pembaca itu sendiri.

Kesalahan yang Sebaiknya Dihindari 

Ketika membuat blog, ada juga beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh apra pemula, antara lain :

1. Tidak Konsisten 

Kesalahan yang paling umum terjadi bagi para blogger adalah tidak konsisten. Kebanyakan hanya awalnya saja yang terus menerus up date isi blog.

Lambat laun, update isi atau postingan blog mulai berkurang jaraknya. Ini yang membuat para pembaca jadi mulai malas, mengunjungi blog Anda.

2. Tidak Memperhatikan SEO

Kesalahan berikutnya adalah tidak memperhatikan tentang SEO, atau Search Engine Optimization. Mengingat SEO ini adalah kunci atau strategi, untuk mempermudah para pembaca menemukan blog yang dibuat.

3. Tidak Fokus pada Pembahasan 

Banyak juga yang tidak fokus atau tidak konsisten pada pembahasan awal. Jika awalnya blog Anda tentang masakan, atau make up, sebaiknya yang dibahas adalah tentang masakan atau tentang make up saja, dan tidak membahas tentang hal lainnya.

4. Tidak Ada Komitmen tentang Proses 

Banyak blogger yang kurang paham tentang proses membuat blog jadi lebih terkenal. Kebanyakan hanya tahu cara membuatnya saja. Ini yang membuat blog yang dibuat jalan di tempat.

Pastinya blog yang dibuat tidak banyak dikenal orang. Apalagi jika tampilannya monoton. Membuat orang cepat bosan.

5. Fokus pada Kualitas

Banyak para blogger yang terus menerus melakukan up date, hal ini dilakukan untuk mengejar, jumlah isi postingan.

Namun yang tidak diperhatikan adalah isi bahasan itu sendiri. Mengingat pembaca adalah orang, sebaiknya perhatikan perasaan para pembaca yang ingin menemukan dan membaca ulasan yang dibutuhkan.

Menjadi pemula adalah hal wajar, dan wajar pula jika para pemula belajar tentang aneka tips blogging dan kesalahan yang harus dihindari pemula, untuk menghasilkan blog yang lebih berkualitas.

Tapi jika Anda kesulitan dalam menjalankan saran hal tersebut, tidak ada salahnya jika berkonsultasi dengan jasa yang memang berkaitan dengan hal tersebut.









2 comments

  1. Sangat menantang memang blog ini, apalagi di tengah gempuran cuan dari sosmed dan YouTube, banyak bloggers yg aku kenal duku sudah beralih jadi konten kreator di IG atau jadi YouTubers.

    Ga salah memang, namanya juga cari cuan. 😁

    Rasanya cuma orang yg bener2 suka menulis, yg susah berpaling dari blog ya mba. Aku sendiri cinta mati malah dengan blog. Sampai skr, ga ada niat utk pindah ke platform lain. Menulis buatku udah kayak obat, sejak masih SD. Dulu di buku harian, skr di blog. Kalopun terkadang aku lama ga update, bukan Krn ga suka nulis, tapi lebih karena waktu, kerjaan dan mood yang menghilang ntah kemana 🤣🤣.

    Syukurnya, sejak resign, jadi agak semangat sih utk rutin update. Krn udh ga ada alasan waktu ga cukup 😅.

    Cuma tinggal konsistennya aja, supaya bisa update at least seminggu sekali. Update tiap hari, aku juga ga mau, Krn nanti malah ga bisa interaksi Ama pembaca. Seminggu sekali udh ideal.

    ReplyDelete
  2. kadang kalau aku udah lama nggak update, jadi merasa bersalah sama diri sendiri hahaha
    Kadang niat sama action nggak sejalan, niatnya ada, tapi malesnya juga ada

    ReplyDelete