Selamat Hari Blogger Nasional

No comments

 


Sobat travelcantik.com bagaimana perasaannya hari ini, senang, lega dan bahagia pastinya berhasil menulis challenge day ke 6. finnaly ternyata bisa ya menulis 1000 kata dengan tema yang sudah ditentukan? Tentu saja bisa dong. karena menulis blog itu memang begitu membahagiakan bukan? 
kalau nggak percaya kamu wajib cobain. menulis blog itu seperti candu.

Ketika Menjadi Penulis Terasa Begitu Abot, Kucoba Untuk Terus Rapopo

Sebenarnya aku ingin bercerita sekelumit kisah hidupku. Mau baca nggak? tapi janji nya nanti setelah membaca habis ceritaku jangan menghakimi, jangan komen yang bagaimana-bagaimana. soalnya aku kan hanya ingin menulis kisahku. bisa jadi kisahku tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan kisah sobat blogger semua.

Sejujurnya, dunia tulis menulis bukan hal yang baru buatku. Belasan tahun yang lalu aku sudah terbiassa ikut organisasi yang terlibat dalam dunia tulis menulis. Tahun demi tahun terlewati. Namun tidak ada kemajuan dari diriku. Disaat teman-teman yang lain sudah berkali-kali menerbitkan novel, menerima penghargaan novel terbaik, Aku masih duduk di pojokan sebagai team hore. 

kalaupun ada karyaku yang berhasil launching itu pasti hanyalah buku antologi. Kalau cerita antologi memang ada beberapa yang sudah berhasil terbit. Sedikit mengobati rasa kecewa meski tidak banyak.  Selain buku antologi ada beberapa kisah mini yang terbit di koran. Meski Aku tahu itu juga karena membawa nama organisasi kepenulisan. Kebetulan kolom kisah mini koran tersebut memang dikelola oleh organisasi yang Aku ikuti selama ini.

Namun , ada satu titik aku menemukan kelelahan. aku sepertinya harus mengangkat bendera putih. nyerah deh rasanya jadi penulis. Apalagi orang sepertiku yang tulisannya masih belum terlalu menarik minat baca.  Sehingga hampir beberapa tahun Aku tidak mendapatkan penghasilan dari jalan menjadi penulis.

Kecewa, Marah, sedih, malu tentu manusiawi bukan? karirku sebagai penulis sudah Aku tutup rapat-rapat dalam kotak pandora yang terkunci, lalu kotaknya aku simpan dalam brangkas besi. Aku tetap membiarkannya ada namun tidak pernah sekalipun ada keinginan untuk membukanya. sejenak aku merasa sedikit trauma.

Hingga aku benar-benar bisa move on.  Aku banting stir menjadi seorang pembaca setia saja. Setiap saat ada teman launching buku aku pasti yang pertama beli dan mereviewnya di sosmed maupun di blog.  Well mungkin memang nggak semua orang mampu menjadi penulis, Jadi pembaca yang baik tak menjadi soal bukan? gerutunya dalam hati

Ngeblog Adalah Jalan Ninjaku Menjadi Lari dari Kenyataan

Jauh sebelum aku menulis aku memang sudah menjadi seorang blogger. Tapi ya blogger Ala-ala gitu. tahu nggak kenapa aku suka ngeblog. karena aku suka nulis jadinya hehehe. Halah jadi mbulet banget ya kisahnya. Jadi aku suka ngeblog karena bertemu dengan teman-teman baru. 

Ngeblog itu seru. Menulis macam-macam sampai 3000 kata juga aman saja (Selama ini sih aman) nggak ada tuh cerita blogku dikepoin sama saudara apalagi tetangga yang julid. Nggak ada sama sekali tuh yang sampai screenshots postingan blogku untuk dijadikan bahan gosip. 

Hal ini tentu berbanding terbalik jika menulis status di facebook ataupun whatsapp ya. salah satu  kalipun bisa jadi panjang ceritanya.. seremkan? makanya yuk ngeblog saja daripada buka aib di sosmed.

Keuntungan menjadi Blogger

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih keuntungan menjadi seorang blogger? Sebenarnya, menjadi Blogger Malang di era digital seperti saat ini, memiliki banyak keuntungan. Jika dulu, profesi blogger ini sama sekali tidak dipandang kini hal itu tidak terjadi lagi. Justru, kini banyak orang yang menjadikan blogger sebagai profesi utama merekLalu, apa saja keuntungan menjadi blogger?

1. Mempunyai banyak teman Lintas Dunia

Ya, salah satu keuntungan menjadi seorang blogger adalah tulisan bisa dibaca banyak orang di seluruh dunia. tentu saja dengan begitu pelan-pelan akan memiliki banyak teman di luar negeri.  Apalagi jika tulisan kita bisa membawa dampak positif buat pembaca rasanya pasti menyenangkan sekali. Mungkin memang terlihat sepele, tetapi jangan salah, boleh jadi ada seseorang yang terbantu dengan informasi yang kita berikan melalui blog. Hal ini bisa menjadi amal jariyah bagi kita di kemudian hari.

2. Menghasilkan Cuan dari Google Adsense

Menulis di blog bukan berarti tidak bisa menghasilkan. Kita tetap bisa menghasilkan uang meski hanya sekadar menulis di blog. Salah satunya kita bisa mendapatkan penghasilan dari 
Google Adsense. 

Meskipun aku belum merasakan nikmatnya dollar dari Google Adsense, namun hal ini masih menjadi sumber penghasilan utama bagi banyak blogger. Untuk bisa menghasilkan dari Google Adsense kita harus mendaftarkan blog kita terlebih dahulu. Jika memenuhi syarat, maka blog bisa menayangkan iklan dan mulai menghasilkan uang.

Selain bisa menghasilkan, kita juga berpeluang untuk dikenal banyak orang. Semakin ramai sebuah blog di kunjungi, akan membuat kita juga semakin terkenal. Asyik, bukan? Bukan itu saja, semakin populer sebuah blog, maka akan membuka peluang rezeki. Semakin banyak orang yang ingin bekerja sama dengan blog kita.

3. Menambah Pengetahuan Skiil Menulis.

Tidak bisa dipungkiri, kalau menulis itu susah. Apalagi bagi yang belum terbiasa menulis pasti akan merasa kesulitan. Menulis di blog, bisa menjadi sarana yang efektif untuk melatih kemampuan menulis. Semakin sering berlatih, maka kemampuan menulis akan semakin berkembang. 

jujur dari Ngeblog ini aku merasa kemampuan menulisku setingkat lebih baik daripada sebelum ngeblog. Aku bisa menulis artikel 500-1000 kata dengan durasi waktu maksimal 1 jam masih bisa nih.

4. Bekerja Sama dengan Brand Besar

Ya, saat ini profesi blogger memang banyak dilirik oleh brand-brand besar. Bisanya, bentuk kerja sama yang ditawarkan oleh brand berupa content placement yakni artikel yang telah ditulis oleh brand dan blogger diminta untuk mempostingnya di blognya dengan menyisipkan tautan sesuai permintaan pihak brand.

Selain content placement, ada juga kerja sama dalam bentuk sponsored post yakni artikel ditulis sendiri oleh blogger. Untuk sponsored post biasanya honornya lebih tinggi karena blogger menulis sendiri. Sedangkan fee content placement biasanya lebih murah dari sponsored post.

Jadi, menulis di blog itu tidak akan sia-sia. Selain bisa memberikan manfaat kepada pembaca, kita juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah lho.

Bagaimana apakah kamu tertarik juga untuk menjadi blogger? yuks merapat jadi Blogger IKN yuks.

Harapan dan Mimpi Ke Depan Bersama KEB

Terima kasih banyak buat KEB yang selalu mengayomi emak-emak Blogger untuk terus bergerak maju. Rasanya takjub banget dengan kebersamaan di KEB yang begitu indah. begitu banyak ilmu yang dibagi baik lewat webinar maupun sharring di group. 

Harapanku ke depan aku ingin menjadi seorang Travel Blogger yang mumpuni. Bisa berbagi dengan teman-teman blogger semua tentang indahnya dunia lewat kata. Menjadi blogger yang bermanfaat buat para pembaca blog ini juga AAmiin







No comments