Support Systemku Ketika Memilih Menjadi Blogger

No comments


Siapa sih support system yang paling utama ketika aku ingin menjadi seorang Blogger? tentu saja jawabannya adalah diriku sendiri. karena jujur saja nih sebesar apapun support sistem baik itu keluarga, sabahat, pasangan hidup tentu tidak akan membuat kita menjadi blogger yang konsisten menulis kalau tidak diri kita sendiri.

Well seperti yang kita semua tahu bahwa Blogging kini telah menjadi salah satu platform yang sangat populer di era digital saat ini. Banyak  sekali orang yang telah memanfaatkan blogging sebagai sarana untuk berbagi informasi, pengalaman, dan review yang menarik. 

Namun pada tahu nggak kalau di balik kesuksesan seorang blogger terdapat jaringan pendukung yang penting. Dalam artikel ini, aku akan membahas mengenai pentingnya support system bagi seorang blogger selain diri kita sendiri.

Keluarga dan Teman 

Menurut curhat si Ambu Keluarga  adalah support system pertama bagi seorang blogger. Mereka memberikan dukungan emosional yang sangat kuat. Tak hanya itu keluarga juga memberikan motivasi, dan memberikan umpan balik yang jujur terhadap konten yang dibagikan oleh blogger.

Dukungan dari mereka ini tidak hanya berdampak positif terhadap kepercayaan diri bagi seorang blogger, tetapi juga dapat menjadi inspirasi yang menyenangkan untuk selalu menghasilkan konten yang lebih baik dari hari ke hari. Banyak sekali hal yang dapat dituangkan dalam cerita blog ketika menyangkut keluarga ataupun teman ini.


Komunitas Blogger

Komunitas blogger adalah tempat di mana seorang blogger dapat bertukar pengalaman, memberikan support yang totalitas untuk memperoleh saran, dan mendapatkan inspirasi dari sesama rekan blogger. 

komunitas blogger juga memberikan kesempatan untuk membangun jaringan, berkolaborasi, dan mendapatkan informasi terbaru mengenai tren uptodate dalam dunia blogging. Dalam komunitas ini, seorang blogger dapat merasakan bahwa mereka tidak sendirian dalam perjalanan mereka.

Jujur nih aku merasa karir ngeblogku bisa begitu meroket ketika aku bergabung di komunitas Blogger. Banyak hal yang dapat aku jadikan motivasi ketika mulai mengenal orang di komunitas tersebut. Begitulah, meski banyak orang yang bilang untuk menjadi blogger diperlukan ketenangan dalam kesehariannya namun tetap perlu berjejaring juga.


Pembaca Setia

Apalah yang dapat dibanggakan dari sebuah blog tanpa pembaca yang setia.  Pilar penting dalam karir seorang blogger adalah pembaca setia yang mau membaca dari waktu ke waktu Mereka memberikan umpan balik, komentar, dan berbagi konten blogger dengan orang lain. Keterlibatan mereka tidak hanya memberikan dorongan moral, tetapi juga memastikan bahwa konten yang dibagikan oleh blogger memiliki dampak dan nilai bagi audiens.


Mentor atau Puh Sepuh Suhu Ngeblog 

Seorang mentor dapat memberikan pandangan berharga dan saran yang berharga bagi seorang blogger. Mereka dapat membimbing blogger mengenai strategi konten, pemasaran, dan cara memperluas jangkauan audiens. Dorongan dari mereka juga dapat membantu seorang blogger untuk terus tumbuh dan berkembang dalam industri blogging yang terus berubah.

Tanpa Mentor entah apa jadinya aku ini? menulis judul sesuai kaidah SEO saja mungkin aku belum mampu. Meskipun di awal belajar rasanya berdarah-darah banget, namun kini mulai dapat memetik hasilnya. Terima kasih banyak Coach, tanpa ajaran darimu mungkin aku hanya butiran debu.  

Tim Pendukung Teknis
Bagi blogger yang mengelola platform mereka sendiri, memiliki tim pendukung teknis yang handal sangat penting. Mereka dapat membantu menyelesaikan masalah teknis, memastikan keamanan dan kinerja situs web, serta memastikan bahwa platform blogging berjalan dengan lancar. Dukungan teknis ini membebaskan seorang blogger dari beban teknis sehingga mereka dapat fokus pada konten dan interaksi dengan pembaca.

Endorsment
Bekerja sama dengan merek atau perusahaan dapat memberikan dukungan finansial dan kesempatan promosi bagi seorang blogger. Kolaborasi ini dapat meningkatkan visibilitas blogger, memperluas jangkauan audiens, dan memperkuat kredibilitas di industri. Dukungan dari merek atau perusahaan juga dapat membuka pintu bagi peluang yang lebih besar dalam karir blogging.

Pihak Pemerintah atau Lembaga Terkait:

Dukungan dari pihak pemerintah atau lembaga terkait dalam bentuk program, pelatihan, atau subsidi dapat memberikan dorongan bagi pertumbuhan dan perkembangan seorang blogger. Mereka dapat menyediakan sumber daya, pelatihan, atau infrastruktur yang diperlukan untuk membantu blogger mengembangkan keterampilan mereka dan mengoptimalkan potensi mereka di dunia digital.

Dalam dunia blogging yang kompetitif dan terus berkembang, memiliki support system yang solid sangatlah penting. Dukungan dari berbagai pihak membantu seorang blogger untuk tetap termotivasi, berinovasi, dan terus berkembang dalam industri yang dinamis ini. Dengan adanya support system yang kuat, seorang blogger dapat menghadapi tantangan dengan lebih percaya diri dan berhasil meraih kesuksesan dalam perjalanan blogging mereka.

Apa yang dapat dilakukan ketika mood kamu ngeblog menurun drastis, simak tipsnya ya.

1. Mengingat para support system
yang selama ini sudah mengorbankan waktu dan fikiran mereka untuk mensupportmu sampai di titik ini.

2. Menonton drama korea maupun drama china 
Agar dapat merefresh kembali diri. syukur-syukur kalau sekalian jadi bahan tulisan. Tahu nggak page view post review drama gini tinggi banget lho peminatnya.

3. Tinggalkan sejenak. 
Bagiku tidak mengapa meninggalkan sejenak rutinitas yang sama, terlebih hal tersebut sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Mengulang kegiatan yang sama terkadang menimbulkan kebosanan. Tapi perlu diingat, meninggalkan sejenak bukan untuk selama-lamanya ya, sebab kalau kamu mencintai apapun termasuk pekerjaan, nggak akan sanggup meninggalkannya begitu saja. 

4 Mengganti suasana
Mengganti suasana kerja juga bisa menjadi hal positif yang dapat kamu lakukan, intinya sih harus lebih kreatif. Mungkin saja bisa renovasi ruang kerja jadi lebih santai dan lebih hijau dengan menghadirkan beberapa tanaman yang menyejukan mata, bisa juga mengetik di cafe atau sambil liburan bahkan tempat lainnya demi mengganti suasana agar lebih beragam dan lebih fresh.  

3. Tengok Prestasi Orang Lain
Pernah sebel nggak dengan melihat rekan blogger yang berprestasi Setidaknya dengan melihat prestasi orang lain, entah prestasinya menang lomba blog atau menulis lainnya, pasti hati kecil kita kembali bersemangat untuk ngeblog. apalagi kalau hadiah dari lomba itu merupakan hal yang kamu inginkan selama ini, seperti tiket pesawat pp dari Surabaya ke Hongkon

4. Mencoba Mencari Ide
Kalau punya banyak ide untuk tulisan, mungkin nggak akan malas lagi buat ngeblog. Biasanya ide itu datang kapan pun dan melalui hal apapun, jadi jangan pernah bilang nggak punya ide atau curhat kalau kehabisan ide.

Ide itu bisa datang lewat lagu, saat nonton, melalui makanan, bahkan dari mengobrol juga bisa mendatangkan ide. Jadi ide itu bertebaran, hanya bagaimana kitanya saja mau menangkapnya atau membiarkannya pergi begitu saja.

5. Membuat Plan
Nah biar ngeblog lebih semangat lagi, bisa juga membuat planning atau jadwal selama satu bulan. Misalnya saja nih coba membuat tema sesuai tanggal penting di bulan tersebut, sisanya baru deh diisi dengan tema lainnya. 

Misalnya saja kalau bulan Juli ada Lebaran Idul Adha, bisa saja membuat tulisan seputar Idul Adha dan sisanya baru tema lainnya. Begitu juga dengan moment-moment setiap bulannya bisa dimasukan dalam list.

6. Tujuan Ngeblog
Coba pikirkan lagi sebenarnya tujuan ngeblog itu apa sih? Cari uang, karena hobi atau sekedar buat curhat? Apapun tujuan ngeblog pastinya harus paham risiko dan harus bertanggung jawab.




No comments