Sukses Menjadi Food Blogger Indonesia

No comments

 

 


Hayooo siapa disini yang suka wisata kuliner.  Wisata kuliner atau jajan siapa sih yang tak suka? Namun sobat tahu nggak sih kalau hobi jajan tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk menghasilkan cuan. Salah satunya menjadi Food Blogger Indonesia. Yups seiring dengan perkembangan zaman kini banyak sekali profesi baru yang bisa menghaslkan uang di era digital seperti sekarang ini. Salah satunya adalah dengan menjadi reviewer makanan atau lebih dikenal sebagai seorang food blogger.

 

Di Indonesia, profesi kekinian yang mayoritas berasal dari hobi kulineran ini mampu berkembang sangat pesat. Bahkan sebagian besar kontennya sudah digarap secara profesional untuk lebih menarik perhatian  para audiens.

 

Tak melulu menjadi food Blogger, bahkan kanal social media Instagram, Tiktok dan juga Youtube kini membuka peluang lebar-lebar untuk para reviewers jajanan tersebut. Sebut saja  Balikpapan foody adalah beberapa yang lumayan hits sebagai reviewers di social media. Ssst tak hanya bisa kulineran gratis bahkan beberapa juga menghasilkan pundi-pundi uang lho. terus, kira-kira bagaimana sih cara menjadi food blogger Indonesia yang terkenal? Simak tips-tips khusus ini ya.

 

1. Punya Website dengan Domain Sendiri

Ingin menjadi Food Blogger, sudah pasti miliki website dengan domain sendiri untuk memperkuat personal branding. zaman sekarang sudah tidak zaman lagi menggunakan blog gratisan karena fitur-fitur yang tersedia tidak secanggih layaknya blog berbayar. Taruhlah invest setahun sekali bayar domain 160k, kalau websitenya sudah berjalan dan banyak klien yang mengenal nilai tersebut sangat kecil lho.

 

Meskipun diawal harus merogoh kocek untuk membayar biaya jasa pembuatan website, benefit atau keuntungan yang Anda dapatkan bakal semakin besar. Dimulai dari profit hasil pemasangan iklan PPC, sponsored article, hingga artikel placement yang jika dihitung-hitung sudah sangat cukup untuk menutup biaya operasional website.

 

 2. Buat Ide Konten Unik

Mengingat bisnis kuliner yang saat ini ada dimana-mana, maka usaha untuk bisa membuat konten unik tentu bukan suatu hal yang sulit dilakukan. Pemilihan ide konten sendiri tidak harus benar-benar mengulas tempat kulineran baru, yang penting Anda harus bisa menyajikan konten dalam sudut pandang maupun cerita berbeda dibandingkan food blogger lainnya.

 

Contohnya nih, jika food blogger yang lain hanya mereview tentang makanan, harga, serta tempat, Anda mungkin bisa menambahkan sesi interview dengan pemilik restoran atau chef.  Mengulik lebih dalam sejarah awal mula perkembangan bisnis yang sudah mereka jalankan juga menjadi nilai plus.

 

3. Miliki Pengetahuan di Bidang Kuliner

Apa jadinya jika serang food blogger tidak memiliki pengetahuan mendalam terkait dunia makanan yang akan direview? Bisa jadi informasi yang disebutkan justru malah menimbulkan kontroversi di kalangan audiens. Jika Anda ingin sukses sebagai seorang food blogger terkenal cobalah mencari tahu tentang apa yang akan Anda ulas sebelumnya.  Semisal anda ingin mengulas soto Lamongan, cobalah mencari tahu tentang soto lamongan bukan soto Banjar. Karena baik rasa, bahan dan bumbunya juga berbeda sangat jauh.

 

4. Berikan Ulasan Jujur namun jangan menghancurkan

Saya paham banget kalau poin kejujuran mungkin menjadi sesuatu hal yang dibesar-besarkan bagi para food blogger.  Sebagai food blogger memang kadang kita diharuskan bicara jujur apa adanya. Namun ingat jangan sampai kejujuran kita malah membalikkan piring rezeki usaha orang lain. Bicaralah jujur yang tidak menghancurkan. Sebisa mungkin rekomendasikan menu yang Anda makan kepada para pembaca saat menulis suatu ulasan.

 

 

 

 

 

No comments