Persiapan Apa Saja yang Dilakukan Blogger Saat Traveling

No comments

 




Menjadi seorang blogger seperti kak Blog Sunglow Mama tentu tak akan bisa jauh-jauh dari kamera, handphone dan juga laptop. Baik itu hanya keluar rumah, ngemall, nge-café apalagi Traveling yang membutuhkan waktu berhari-hari.


Sumpah, pengalaman travelingku ke Jawa timur tahun lalu menjadi nggak karu-karuan karena aku kelupaan bawa laptop. Sebenarnya nggak kelupaan yang bagaimana. Tapi aku berfikir toh semua bisa aku ketik dengan menggunakan hape. Jadi aku meninggalkan laptop yang sudah menjadi separuh nyawaku itu di rumah.


Tentu sebagai seorang blogger aku akan sangat mati gaya kalau nggak menulis dong.  Sementara di kepalaku sudah menari-nari kenangan indah yang harus banget aku tulis saat itu juga atau aku bakal lupa. Jadi untuk menyiasatinya aku merekam beberapa voice note. Ok sementara satu misi terselamatkan. Namun apa jadinya saat beberapa email tawaran kerja sama datang bertubi-tubi di saat yang tidak tepat. Hahaha I love my job, but tak da laptop.

 

Belajar dari pengalaman diatas, aku ketika akan traveling tentu akan menyiapkan semua detailnya agar job bisa tetap berjalan di tengah-tengah liburan. Jadi nggak ada cerita tuh abis liburan kantong kempes hehehe

 

1.Bawa Handphone dengan kapasitas besar

Sebenarnya tak perlu besar-besar juga. Tapi kalau nggak besar minimal isinya dikosongkan agar dapat maksimal ketika akan menggunakannya untuk take Foto Traveling ataupun video nanti.


2. Bawa beberapa provider internet yang berbeda

Liburan sih liburan inginnya bebas dari dunia luar. Mematikan data internet sejenak memang terasa menyenangkan. Namun itu tidak berlaku untuk blogger yang tergabung dalam beberapa komunitas, job/ endorserment dari berbagai agency.

Jadi satu waktu saya berlibur ke salah satu pegunungan di Jawa Tengah. Namun sayangnya disana internet provider merah dan kuning tidak tersedia. Asli nyesek deh. Saya beneran tidak mengira di area jawa masih bisa susah sinyal. Sementara saya sangat membutuhkan internet karena harus mengirimkan beberapa laporan sebelum jam Cinderela berganti. Jadi jam 8 malam saya mau tak mau ke kota yang jaraknya hampir satu jam dari hotel yang kami sewa hanya untuk mencari provider biru karena itu satu-satunya yang bisa dipakai disana. Benar-benar menjadi pengalaman berharga deh.

 

3. Susun Ittinerary yang tepat.

Rencana perjalanan harus dibuat sebelumnya agar tidak lelah untuk ribut memutuskan ke tempat wisata A,B ataupun C. Ke mana akan jalan-jalan, bersama siapa akan jalan. Semua itu harus disusun dengan rapi agar ada persiapan. membuat sebuah itinerary sebuah perjalanan dengan detail. Berapa biaya yang harus keluarkan untuk trip memang harus jelas. Meskipun kadang nggak sesuai dengan rencana.

 

4.  Gali informasi mengenai tempat tersebut

Liburan atau kerja sih? protes saudara satu waktu traveling bareng aku. Karena jujur sambil menikmati perjalanan wisata, saya sibuk dokumentasi sana-sini, berinteraksi dengan penduduk lokal demi mencari Informasi yang akurat untuk aku dapatkan nanti sebagai  bahan tulisan untuk dituangkan ke dalam blog.

 

5. Live Tweet

Biasanya aku untuk mendapatkan feel sebagai bahan tulisan akan melakukan live tweet, karena kalau ditahan-tahan akan kehilangan fell nya untuk menulis ulang.

 

6. Bikin Video dan foto produk.

Menjadi seorang blogger mau tak mau memang harus bergelut dengan aneka produk. Baik membuat video atau fotonya.mumpung lagi liburan banyak destinasi cakeb, bobok di hotel dengan view cantik tak ada salahnya sekalian bikin video produk bukan?.  Biar klien senang, trus dapat endorse lagi dong hehehe

 

6. Laptop

Dibawa berat, nggak dibawa penting. Itulah laptop. Sebagai blogger kehadiran laptop tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari meskipun sedang liburan. Yes karena  laptop pun dibutuhkan di tengah-tengah perjalanan.  Apalagi kalau traveling dalam rangka mengikuti suatu event ataupun menghadiri undangan trip tertentu. Laptop memang wajib banget dibawa

 

 

 

No comments