Manfaat Internet di Bidang Pariwisata dan Tourism

No comments



Beberapa tahun yang lalu. Setiap berkunjung ke tempat wisata kebun Teh Jamus ini benar-benar membuat saya mati gaya. Bener sih tujuannya kesini untuk healing. Sehingga terbebas dari Koneksi Internet.

Tetapi, sebagai content creator tidak adanya internet membuat beberapa pekerjaan menjadi berantakan. Kami yang niat awalnya kesana sekalian membuat konten dengan live di sosial mediapun menjadi tidak bisa dilakukan. Karena tidak ada sinyal.

Beberapa provider sudah dicoba tapi hasilnya tetap sama. Maklum banget sih, daerah pegunungan memang susah sinyal.

Tapi itu dulu. Sekarang sejak ada IndiHome Tak ada lagi istilah mati gaya. Begitu masuk kawasan wisatanya langsung dikasih wifi berikut paswordnya. Asli menyenangkan banget sih. Berwisata Iya, bikin konten pun juga Iya.


Manfaat internet di bidang pariwisata dan tourism saat ini bisa dibilang memang sangat besar. Sebagai negara yang memiliki banyak sekali objek wisata, Indonesia memang menjadi daya pikat tersendiri bagi turis lokal maupun internasional. 


Dari mulai objek wisata pantai, pegunungan, wisata religi, maupun berbagai bangunan bersejarah ada di negara ini. Hadirnya internet semakin mengenalkan betapa indahnya pesona Indonesia di mata dunia.


Tidak dapat dipungkiri memang, adanya internet sekarang ini menjadi penemuan besar dan berpengaruh untuk peradaban manusia. 

Bahkan, berbagai pembangunan dilakukan dengan melibatkan adanya internet, termasuk di bidang pariwisata.


Peran Internet Di Bidang Pariwisata




Internet punya peranan besar dalam memajukan industri wisata dan turisme di Indonesia. Kemudian, apa saja peranan tersebut? Berikut diantaranya:


1.Mengenalkan Berbagai Wisata Ke Seluruh Dunia

Media internet memang sangat bermanfaat dalam mengenalkan potensi wisata ke berbagai daerah baik itu skala nasional maupun internasional. 

Berbagai pihak yang berkepentingan misalnya pengelola wisata, pemerintah, perusahaan travel, pengusaha restoran dan lain-lain bisa memanfaatkan media internet untuk mempromosikan berbagai potensi wisata di daerahnya tersebut.


2.Memberikan Ruang Iklan Yang Terjangkau

Manfaat internet selanjutnya yaitu bisa menyediakan ruang iklan terjangkau. Pemerintah daerah maupun pengusaha di bidang pariwisata, bisa dengan mudah menjangkau para turis di seluruh dunia hanya menggunakan website promosi saja. Ini tentu akan semakin menghemat biaya promosi tersebut.


3.Memudahkan Dalam Pemesanan (Booking) Hotel

Para turis lokal maupun mancanegara akan semakin mudah untuk mencari rute dan memesan/booking kamar hotel di sekitar lokasi pariwisata. Jadi, pada saat akan mengunjunginya Kita bisa memperoleh akomodasi yang tepat sesuai dengan keinginan.


4.Memudahkan Pencarian Lokasi Wisata

Aplikasi peta yang ada sekarang ini, semakin memudahkan para turis menemukan lokasi wisata yang diinginkan. Tentu saja, semua itu bekerja karena adanya internet. Semakin cepat kecepatan internet dan luas jangkauannya, maka untuk sampai ke lokasi wisata akan lebih praktis juga.


5.Memudahkan Komunikasi dan Berbagi

Hadirnya internet, khususnya di area wisata dan tourism, nanti akan sangat penting dalam mempermudah komunikasi para pengunjung. 

Selanjutnya, mereka akan langsung membagikan momen-momen di tempat wisata baik itu video, foto maupun siaran langsung. Ini akan semakin meningkatkan pamor objek wisatanya.


Pentingnya Provider Internet Terbaik Dalam Promosi Pariwisata


Untuk mendukung promosi pariwisata lewat internet, tentu provider yang digunakan harus terbaik. 

Alasannya, konten promosi digital bisa berupa gambar ataupun video yang tentu untuk loading halamannya harus cepat. Salah satu yang terbaik sekarang ini adalah indihome.

Provider yang berasal dari Telkom Indonesia ini, telah menggunakan jaringan fiber optik dan tersebar luas ke penjuru negeri. Kecepatan internetnya sangat mumpuni dalam promosi pariwisata secara digital. Bahkan, hingga mencapai 300mbps.

Tidak hanya itu, IndiHome juga tahan terhadap cuaca. Walaupun kondisi sedang hujan, kualitas internetnya tidak terganggu dan anda tetap bisa mengakses internet secara optimal. 

Paket berlangganan yang ditawarkan juga sangat terjangkau, dimulai dari 275.000-an saja per bulannya.

Di samping itu, IndiHome juga telah memiliki ratusan ribu spo di penjuru negeri sebagai akses wifi.id seamless

Tidak hanya cepat, kualitas koneksi indihome juga stabil. Meskipun banyak orang yang mengakses internet di rumah, Anda tetap dapat menikmati kecepatan internet terbaik.

Berbagai manfaat internetnya Indonesia di bidang pariwisata, akan semakin terasa apabila didukung oleh provider internet terbaik. Sebagai salah satu yang paling direkomendasikan, IndiHome telah berkontribusi besar dalam memajukan tourism tanah air.

No comments