4 Keuntungan Menjadi Travel Blogger.

 


Kalau pada artikel sebelumnya saya mengulas bagaimana caranya menjadi seorang travel blogger, kali ini saya akan memberi sedikit bocoran apa saja enaknya menjadi seorang travel blogger itu?


Keuntungan apa sih yang dapat kita dapatkan kalau kita benar-benar terjun menjadi seorang travel blogger? Jangan-jangan sudah capek-capek kesana-sini mencari konten, setelah menuliskannya malah hanya dapat zonk.

 

Nggak gitu juga Gaaiiis, semua itu perlu proses kan? Nggak bisa juga instan nulis di blog trus ujug-ujug ngarep dapat penghasilan besar dari blog. Nggak gitu juga ya konsepnya. Mau memasukan blog di markerplace backlink saja butuh sekian ratus artikel yang terindex, perlu DA, Pa dan DR yang paling sedikit diatas 25.


Terus yang baru memulai ngeblog satu bulan, DA, PA dan DR  masih dibawah standard, mendongak terlalu tinggi melihat blogger lain yang lebih sukses, ya pasti sakit. (duh maaf jadi curcol kan?) berasa dejavu sih dulu sempat begini soalnya.


Sebulan pertama langsung ngejob, eh setelah itu hampir setengah tahun mati suri.  Lalu melihat beberapa blogger yang sudah femes kog nggak berhenti-henti dapat job dari beberapa champaign. Blog saya kapan femesnya? wkwkkw


Usut punya usut, peer blog yang harus dibenahi masih buanyaak banget. Beruntung sih waktu itu bertemu coach yang tepat. Yang beneran ngajarin harus begini dan begitu. Sehingga saya yang sempat kehilangan arah ngeblog ini kembali ke jalan yang benar. Bisa dapat uang jajan juga. Hihihi.


Oke back to topic, apa sih sebenarnya keuntungan menjadi seorang travel blogger yang begitu menggoda itu? Sini-sini aku bisikan


1.Makin Cinta dengan Indonesia


Indonesia memang menyimpan sejuta surga destinasi wisata. Sebagai seorang Travel Blogger sudah selayaknya kita wajib tahu banget hidden gems ataupun tempat-tempat wisata yang lagi hits. Yuks explore wisata daerah terdekatmu, seperti Wisata Madura yang sedang hits saat ini. Jangan sampai kalah dengan turis negara lain yang duluan berkunjung ya.


Yakinlah, jiwa nasionalisme kamu akan makin tumbuh seiring dengan kamu mengexsplore wisata di Indonesia.  Rasa cinta dan rasa bangga ini memang harus diasah. Dengan pergi mengexplore tempat-tempat wisata begini kamu akan semakin menyadari kalau Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan dan tidak kalah dengan dengan negara lain.


Eh tapi ini bener lho. Dulu soal kemajuan saya sempat memuji-muji negara tetangga. Kebetulan beberapa teman dekat dan saudara married dengan wna. Jadi hampir setiap hari timeline saya dipenuhi dengan foto-foto negara lain. Ah indahnya. Tapi semua itu luntur waktu saya berkunjung ke Jakarta, wow ternyata soal kemajuan, teknologi, transportasi juga sudah sangat maju. Mall nya pun tak kalah keren.


Makin kesini saya makin tahu kalau negara Indonesia sudah demikian majunya. Saya saja yang selama ini hanya diam di dalam rumah dan tidak menyadari kemajuannya.

 

2. Menyalurkan hobi menulis


Dengan menjadi seorang travel blogger sudah otomatis menyalurkan hobi menulis. Yes, betul sekali. Pertama kali saya ngeblog memang niat awalnya menyalurkan hobi menulis. Percayalah seorang cewek itu pada dasarnya suka banget cuap-cuap. Ngegosip nggak jelas, ghibah dengan tetangga yang pasti berakibat buruk banget.


Nah dengan menjadi seorang travel blogger hal itu tentu bisa dihindari. Daripada melakukan segala sesuatu yang unfaedah alangkah lebih baik mengubahnya menjadi tulisan yang bisa jadi rekam jejak. Misalnya nih mau ghibah tentang hotel yang pelayanannya bagus. Daripada ghibah yang hanya di dengar 1-3 orang alangkah baiknya ditulis dan bisa dijadikan referensi orang lain.


Kalau berghibah 1 jam hanya berputar-putar disitu tapi lewat tulisan di blog 1 jam sudah bisa merampungkan 1 tulisan yang bermanfaat. Gimana? Menyalurkan hobi menulis itu luar biasa banget efeknya bukan?

 

3. Mendapatkan penghasilan


Yeay finally nyampai juga pembahasan tentang cuan. I love it. Jadi sudah menjadi suatu rahasia umum kalau menjadi seorang travel blogger itu akan mendapatkan penghasilan dari blognya. Makin lengkap informasi yang ditulis, makin banyak page view tiap bulannya sudah pasti makin banyak kesempatan mendapatkan cuan yang kita dapatkan.


Contohnya kita bakal mendapatkan pemasukan lewat adsense, lewat content placement, lewat content writer juga beberapa review yang kita tulis. Eh ini beneran lho, coba diseriusi blognya. Kalau menemukan celah yang salah cepat diperbaiki. Dibikin premium templatenya agar terlihat profesional. Percaya deh, kalau blognya setiap hari diisi dengan konten baru, diperkenalkan kepada public, nggak sampai 1 tahun Insyallah sudah ada tawaran kerja sama yang menghasilkan cuan.

 

4. Menjadi selebgram dan selebtiktok


Menjadi seleb siapa sih yang menolak. Walaupun wajah kita pas-pas an namun kita juga bisa lho memiliki ribuan follower di tiktok dan Instagram dengan modal sampingan kita menjadi travel blogger.


Tentu saja, dengan mengeksplore tempat wisata tentu kita berkesempatan mendapatkan foto-foto yang bagus serta video pendek yang dapat kita jadikan modal postingan konten buat berbagai social media. Percaya deh dengan rutin upload di social media kita bakal banyak mendapatkan follower yang setia mengikuti kita.

 




1 comment

  1. Jadi travel blogger emang menyenangkan yaa.. Ya sih intinya jadi blogger yang sesuai passion aja.. Kalo emang suka jalan2 cocok memilih travel blogger

    ReplyDelete

Comunities

Blogger Perempuan