Rencanakan liburan di Traveloka, Traveling Cara Aku Jelajahi Macau dan Hong Kong

101 comments

 

Traveling Cara Aku

Traveling cara aku itu sebenarnya sungguh simple. Semua serba 'sat-set-sat-set' tanpa perlu berfikir panjang. Pesen tiket pesawat, pesen hotel lalu berangkat. Menurutku, Hidup sudah cukup ribet jadi ketika ada kesempatan liburan yuk gunakan kesempatan untuk menyenangkan hati.


Apalagi ada Traveloka yang memudahkan segala akomodasi liburan. Jadi sering-sering kepoin aplikasinya, pas ada diskon cuss samber saja. Yang penting ada uang tabungan, cuaca tidak sedang ekstream dan tentu saja ada jatah liburan dari kantor. 


Tapi kalau memang sudah ngebet banget pengen liburan dan tabungan sedang tipis-tipisnya, tenang saja karena ada Traveloka Paylater atau Traveloka Paylater Card yang bisa menjadi senjata pamungkas buat liburan cara aku


Liburan Paling Mengesankan Cara Aku Jelajahi Macau Bareng Traveloka


 

traveling cara aku


Nekad, itu yang ada di dalam benakku kala melihat lagi foto-foto hasil liburanku ke Macau beberapa tahun yang lalu. Bagaimana tidak, berbekal dengan melihat beberapa post blog, video di Youtube dan tentu saja rekomendasi tempat wisata dari Traveloka aku berhasil menginjakkan kakiku di negara bekas jajahan Portugis yang luar biasa indah itu. 


Sumpah aku sempat takjub, nggak sia-sia ternyata memberanikan diri liburan sendiri kesini. Negara bekas jajahan Portugis, tapi kog malah sangat indah begini. Semua terasa sangat maju dan modern. Apalagi dimana-mana banyak bangunan bergaya Eropa bercampur dengan China. Menjadi perpaduan yang klasik.


Kalian tahu nggak alasan kenapa aku memilih Macau sebagai tempat wisata luar negeri pertama yang aku kunjungi? Kalau aku menjawab karena keindahannya itu salah besar, karena aku belum tahu bagaimana Macau sebenarnya kecuali dari film Dewa Judi. Jadi aku memilih Macau karena sedang ada diskon tiket pesawat terbang yang lumayan saat itu. Pilihannya ada 3 dengan harga yang relatif sama. Yaitu Malaysia, Singapura dan Macau. Jelas aku memilih Macau, yang agak jauhan dikit. 


Jadi ya gitu deh, Traveloka ini kadang kalau memberi diskon suka-suka dia banget. Kan aku jadi seneng, pengen salto sampai jungkir balik setelah berhasil mendapatkan tiket pesawat terbangnya dengan diskon yang lebih murah 40% dari harga normal.


Hanya saja setelah kesadaranku kembali mencapai 100%, aku jadi berfikir ulang. Masalahnya, Mau liburan sama siapa aku? Serius mau sendirian ke Macau? kalau diculik orang bagaimana? Wkwkkw pikiranku saat itu asli jadi kacau. Lalu aku mulai bertanya-tanya di group backpacker berbagai sosmed dan komunitas. Siapa tahu ada yang jadwal keberangkatan sama bisa jadi teman selama di Macau. Sayangnya  sampai detik-detik terakhir keberangkatan aku belum juga mendapatkan teman seperjalanan. Ya sudahlah, mungkin ini saatnya mandiri  liburan dengan caraku sendiri. #LifeYourWay

 

Hotel Traveloka di Royal Macau



hotel royal macau


Untuk memastikan keadaanku aman sentosa di Macau, yang mana tak ada teman apalagi saudara. Aku booking tiket pesawat, hotel dan Xperience lainnya lewat aplikasi Traveloka. Jadi meskipun tanpa perencanaan yang matang dan dibilang ibuku sembrono aku tetap aman pulang kembali sampai rumah tanpa kurang apa-apa. 


Untuk hotel aku memilih hotel Royal Macau yang letaknya sangat strategis. Hanya dengan berjalan kaki kira-kira 10 menitan sudah sampai di tempat wisata The Ruins of St. Paul yang sangat terkenal itu. Harganyapun terbilang masih terjangkau. Apalagi dengan segala fasilitasnya yang terbaik, dan pelayanannya yang ramah aku rasanya harus memberinya bintang 5 di aplikasi Traveloka.


Kalaupun malas keluar hotel, staycation di Hotel ini juga bukan hal yang membosankan. karena ada berbagai fasilitas seperti Gym, kolam renang, kolam air panas, ruang steam dan sauna. Pilihan menu makannya juga lumayan bisa diterima oleh lidahku yang Jawa ini. 


Surga Destinasi Wisata di Macau.


TRAVELing Cara aku

Macau itu negaranya kecil, namun kemajuannya luar biasa modern sekali. Aku sumpah takjub, berasa seperti orang desa sampai disana. Untungnya di perjalanan kemarin aku bertemu dengan beberapa rombongan backpacker dari Indonesia yang ramah dan baik-baik. Mereka menawarkan untuk barengan keliling Macau, mengunjungi beberapa tempat wisata yang lumayan terkenal bagi kalangan para backpacker.


1. The Venetian Macau




Meskipun The Venetian Macau ini adalah tempat casino. Namun ketika berada di Macau tak ada salahnya berkunjung kesana. Kebetulan sebelumnya aku sudah memesan tiket Venetian Macao Gondola Ride sebesar  Rp 235.000. Jadi aku dapat  merasakan keromantisan naik gondola seperti di Venesia, Italia itu lho.


Dan pada saat Gondolers (pria yang mendayung) tahu aku berasal dari Indonesia maka aku dinyanyikan beberapa lagu Indonesia tetapi dengan nada suara yang agak tinggi seperti musik klasik itu, asli seru banget sih. Beneran menjadi pengalaman terindah rasanya dalam hidupku saat itu. Apalagi bangunan The Venetian Macau ini mengadaptasi bangunan Eropa yang super mewah. Setiap sudutnya rasanya begitu indah. Sejenak aku lupa kalau aku masih berada di bumi. Kirain sudah pindah ke nirwana hehehe.

  

2. The Ruins of St. Paul





Sudah kepalang tanggung berada di Macau rasanya rugi apabila tak mendatangi Landmark Macau yang satu ini, bangunan ini seperti pintu gerbang. Yang awalnya, merupakan bangunan Gereja Mater Dei yang hancur karena kebakaran pada 1835. Megahnya bangunan ini membuat banyak para wisatawan tertarik mengunjunginya. Setiap harinya selalu dipenuhi dengan para turis yang ingin berfoto dengan arsitektur keren ini.


Jadi aku dan teman-teman backpacker janjian untuk pergi kesana keesokan paginya setelah sarapan di hotel. Apalagi letaknya tak seberapa jauh dari hotel hanya berjarak sekitar 10 menit dengan langkah kakiku yang lumayan lamban. Namun sayang, meski masih jam 7 pagi The Ruins of St. Paul ini rupanya sudah lumayan rame. Padahal niatnya ingin membuat video pendek sendirian gitu.


3. Senado Square





Aku menyebutnya alun-alunnya Macau. Yang tepat berada di jantung kota Macau. Menghabiskan sore berada di Senado Square ternyata adalah pilihan yang tepat. karena pas perutku sedang lapar-laparnya aku menemukan mbak-mbak dari Indonesia yang sedang memakan beberapa cemilan dan minuman khas Indonesia. Tanpa basa-basi aku bertanya pada mbak itu dimana membelinya? Ternyata ada satu warung makan "Rasa Sayang" yang berada di Senado Square yang menjual aneka kuliner khas Indonesia. 


Aku takjub dengan Senado Square karena banyaknya bangunan-bangunan tua dengan arsitektur kolonial Portugis yang begitu indah. Sepertinya bangunannya sengaja dipertahankan begitu karena keindahannya. 


Di Senado Square juga banyak kuliner yang dijajakan sepanjang jalan disini. Aku sempat menikmati Egg Tart Portugis yang super lembut, manisnya pas dan sampai detik ini belum menemukan rasa yang sama dengan yang pernah aku makan di Senado Square. Aku berharap semoga suatu saat nanti bisa mendapatkan kesempatan berwisata ke Macau dan merasakan Egg Tart lagi.


4. Macau Mosque And Cemetery 




Selain mengunjungi beberapa tempat wisata di Macau, aku juga mengunjungi satu-satunya masjid yang ada di Macau ini. Kebetulan salah satu teman backpackerku adalah mahasiswa dari Kairo. Jadi tujuan utamanya adalah memang berkunjung ke masjid Macau ini.


Sekilas bangunannya masjid ini memang terlihat agak tua. Berbanding terbalik dengan segala kemewahan beberapa tempat wisata yang aku kunjungi tadi. Namun, ada satu rasa ketenangan yang tak bisa diucapkan dengan kata-kata. Semua kelelahan batin, ketakutan dan keresahan seolah menguap disini. 


Setelah aku mengambil air wudhu dan sholat berjamaah aku benar-benar merasakan pengalaman yang baru. Lalu setelah itu aku ikut berbincang sejenak dengan imam masjidnya ini beneran terasa adem banget. Jadi selain berwisata di Macau, aku seperti menemukan satu wisata religi yang kemungkinan nggak akan aku dapatkan di tempat lain. Aku benar-benar bersyukur telah merasakan pengalaman yang begitu berkesan dan luar biasa indah.


Rencanakan Liburan di Traveloka




Pengalaman liburanku ke Macau kemarin membuatku sangat terkesan akan negeri China. Selain Budaya, kemajuan teknologi, fasilitas umum, dan juga tempat wisatanya yang luar biasa membuatku berdecak kagum ingin mengeksplornya lebih jauh lagi.


Banyak sekali hal tak terduga yang membuatku kaya akan pengalaman baru. Tentu saja semua pengalaman itu dapat aku gunakan kelak jika berlibur lagi ke luar negeri. Apalagi aku yang memiliki rencana berlibur ke Hong Kong bersama sahabatku di pertengahan bulan maret nanti.


Berbeda dengan Macau, di Hong kong aku menemukan banyak sekali kemudahan dengan mengandalkan aplikasi Traveloka. Agar liburanku tidak berantakan aku membuat itinerary lebih terperinci agar waktu 4 hari yang aku agendakan menjadi efektif.




  1. Pesan Tiket pesawat PP Jakarta - Hong Kong di Traveloka. Aku memesan tiket penerbangan Singapore Airlines. Dengan total harga tiket pesawat pulang-pergi Rp3.879.000.
  2. Pesan Hotel terdekat dengan tempat wisata yang dituju, aku memesan beberapa hotel yang berbeda agar mendapatkan pengalaman baru. Memesannya tentu menggunakan Traveloka.
  3. Pesan Hong Kong Airport Express Train one way dengan harga Rp 120.000 dan MTR Tourist Day Pass Rp 129.000 
  4. Pesan 4G eSIM for Southeast Asia, Hongkong & Macao by GoHub lewat Traveloka.
  5. Pesan  beberapa tiket wisata lewat Traveloka Xperience.       

  • Disneyland. Tiket Disneyland 1 hari dan 2 kali makan Rp 1.677.347
  • Ngong Ping Cable Car. Untuk Crystal Cabin one way Rp 397.073 


Setelah berbagai urusan tiket pesawat, hotel, jaringan internet, transportasi serta tiket wisata sudah aku booking lewat Traveloka, maka hampir 80% persiapan untuk rencana liburan ke Hong Kong bareng Traveloka selesai. Ah semudah itu kan membuat rencana liburan kalau mendengarkan suara hati dan menjalani hidup sesuai dengan cara kita sendiri? #LifeYourWay


Tempat Wisata Impian dan Alasannya.




Hong Kong memang masuk dalam salah satu wishlist negara impianku sejak beberapa tahun yang lalu. Selain karena aku memang sangat tertarik dengan budaya serta tempat wisata Hong Kong yang keren itu. Sejujurnya, aku punya alasan rahasia yang bahkan orang terdekatku nggak tahu, yaitu (eh, janji ini rahasia kita saja ya😉) :   


1. Mewujudkan Mimpi Menjadi Princess Satu Malam di Disneyland 


Sejak kecil aku selalu dibacakan dongeng tentang Princess oleh Ibuku. Dongeng yang mengenalkanku akan kisah Putri Tidur ‘Sleeping Beauty’ ataupun kisah Putri Salju dan Tujuh Kurcaci. Sampai kini, kisah-kisah itu terasa nyata dan menempati satu ruang tersendiri di lubuk hatiku. Aku masih berharap suatu saat bisa mewujudkan impianku untuk menjadi seorang Princess meskipun hanya satu malam.


Liburan yang sesuai suara hatiku adalah berlibur ke Hong kong. Mewujudkan salah satu mimpiku untuk menjadi seorang Princess dengan menginap di hotel Disneyland yang berada Sunny Bay, Lantau. Aku nggak perduli meskipun beberapa orang bilang buat apa sih punya mimpi kog menginap di hotel semahal itu? Bagiku itu adalah impian, sah-sah saja dong kalau aku akan berusaha mewujudkan mimpiku itu.


2. Surganya Travel Blogger & Food Blogger


Sebagai seorang Travel Blogger, Hong Kong adalah surganya destinasi wisata yang harus dikunjungi. Begitu banyak tempat wisata baik yang theme park seperti Disneyland, dan Ocean Park. begitu juga dengan wisata yang benar-benar alami seperti pegunungan, pantai, perkebunan, maupun museum dengan fasilitas yang serba modern.


Begitu juga sebagai food blogger aku sangat penasaran sekali bisa menjelajahi wisata Hong Kong yang selama ini hanya bisa aku lihat di layar gadget. Aku berharap suatu saat bisa benar-benar kesana menikmati sedapnya berbagai kuliner khas Hong Kong yang menggoda selera serta bisa menuliskannya kembali di blog tak lupa membuat video pendek untuk konten di social media. Aah impian banget ini. Sekedar  informasi di Hong Kong sekarang banyak sekali tersebar restaurant muslim lho, jadi jangan takut  tidak menemukan makanan halal ya.


3. Negara Aman dan Mudah 


Aku banyak mendengar cerita dari beberapa teman traveler kalau Hong Kong merupakan negara yang keamannya terjamin. Hampir di setiap sudut banyak tersebar cctv. Begitu juga dengan banyaknya koko Polisi yang selalu patroli. Jadi hampir dipastikan tingkat kejahatannya berkurang banyak.


Kemudahan Transportasinya juga menjadi nilai plus buatku menjadi memilih Hong Kong sebagai destinasi wisata impian. di Hong Kong itu tak ada istilah yang jauh. Sejauh-jauhnya tidak lebih dari 3 jam untuk menjangkau tempat wisata yang bisa didatangi.  Begitu banyak moda transportasi yang sangat mudah dicari. mulai dari MTR, LRT, Tram,Bis besar, minibus, Taxi dan kapal ferry. 


Belajar Bahasa Lokal

Kita hidup sekali di dunia ini. Jadi kalau memiliki impian yuk berusaha diwujudkan. Seperti impianku untuk liburan ke Hong Kong pasti akan sangat bahagia apabila ada kesempatan kesana. Untuk mewujudkan mimpiku itu aku sering mengulik setiap detail wisatanya. Hal-hal apa saja yang dapat aku lakukan disana serta tak lupa aku juga belajar sedikit-sedikit percakapan simple bahasa Chinese Cantonese dan bahasa Inggris. Hal ini aku lakukan agar tak terlalu gagap bila kelak ada kesempatan liburan kesana. karena tak semua  orang Hong Kong bisa berbahasa Inggris. Contohnya percakapan seperti dibawah ini dan masih banyak lagi.

  • Harganya ini berapa? : Liti keito jin'a? 
  • Aku mau beli itu : Ngo yiu mae koti
  • Namamu siapa? : Lei Kiu memenga?
  • Berapa Umurmu : Lei keito Soi,a?
  • Tunggu Sebentar : Tang Yat Can
  • Aku mau pergi ke (Menunjukan alamat) bagaimana perginya? Ngo yiu Hoe ... tim hoe a?
  • Apakah kamu orang Indonesia?: Lei hamai yannei yan? 
  • Masih harus berapa lama lagi ? : Cung you keto Loi a?
  • Dimana terminal bis nya? : Pasi cam hai pinna?


Belajar Kebiasaan Metode pembayaran warga Lokal

Memiliki octopus card adalah suatu keharusan ketika berlibur di Hong Kong, terlebih jika liburannya mandiri secara backpacker. Seperti kebiasaan orang Hong Kong yang menggunakan Octopus card (Patadong) untuk membayar berbagai transaksi ketika naik kendaraan umum. Harga Octopus card ini senilai HKD 150 (Deposit HKD 50, dan saldo kartu 100). Kita bisa top up ulang di berbagai minimart seven eleven, Circle K ataupun di costumer service MTR. Octopus card memiliki berbagai manfaat diantaranya :

1. Pembayaran naik MTR (Mass Transit Railways/Tedit)
2. Pembayaran naik KCR (Kowloon Canton Railways/Foje)
3. Pembayaran Bus Umum. Baik bus tingkat (Pasi) ataupun minibus (Siupa)
4. Pembayaran Kapal Ferry (Sun)
5. Pembayaran Tram (Ding-ding/Teng-Teng) Keliling Hong Kong dengan Tram ini seru lho. Jauh dekat kita hanya membayar HKD 3)
6. pembayaran di aneka supermarket, restaurant, vending machine dan photo box.


Itinerary Liburan Cara Aku di Hong Kong Bareng Traveloka 



Menurutku, musim semi (antara bulan maret - bulan mei) adalah waktu yang sangat tepat untuk berlibur ke Hong Kong. Dimana cuaca sudah tidak terlalu dingin. Biasanya suhu udara berkisar antara 18-23 derajat Celsius. Sehingga sangat nyaman untuk bepergian, tak perlu berkeringat seperti ketika musim panas. Jadi badan tidak terasa cepat lelah. 


Oh ya di musim semi begini biasanya bunga-bunga akan bermekaran di taman-taman kota sehingga terlihat sangat instagramable. Seperti di Victoria Park pada tanggal 10-19 maret 2023 akan diadakan Hong Kong Flower Show yang begitu indah dan mempesona.


Hari 1, Staycation di Hotel Disneyland. 




Tiba di Hong Kong International (HKIA) Chek Lap Kok jam 13:55. Kalau proses lancar kurang dari 1 jam kita sudah bisa keluar bandara. Sebaiknya dilanjut makan siang dulu di bandara, mengingat sebentar lagi petualangan akan segera dimulai. Ada berbagai fast food yang bisa dijadikan pilihan pengganjal perut seperti KFC ataupun Mcdonalds.  


Setelah kenyang lalu kita melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kereta Airport Expres one way ke Tsing Yi. Lalu pindah MTR ke arah Tung Chung dan turun ke Sunny Bay. Lalu pergi ke Disneyland Resort. Percayalah segala kepenatan perjalanan panjang ini akan menguap sesampainya di hotel karena akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada. Bangunan bak istana megah bergaya Victoria siap menyambut kedatangan kita. 


Check in hotel, Staycation dan mari wujudkan impian menjadi princess satu malam di hotel Disneyland. Untuk mewujudkan impian ini aku memesan paket dekorasi kamar bertema sehingga aku mendapatkan kamar yang sesuai dengan tema pilihanku banget berikut pernak-pernik dan platter makanan penutup. Untuk paket dekorasi kamar bertema aku menambahkan HK$ 1.099. Sementara untuk kamar hotelnya aku memesan di Traveloka sebesar Rp 2.967.000. Dah lah uang bisa dicari tapi impian harus di nomer satukan.


Hari ke 2, Hong Kong Disneyland



Setelah sampai di Hong Kong, maka berwisata ke Disneyland adalah yang utama untukku. Aku sengaja pergi kesana di hari kedua karena mengelilingi Disneyland ini memang membutuhkan tenaga yang extra karena luas wilayahnya mencapai 27,5 hektare. Beragam wahana permainan bisa dijumpai di tempat ini. Mulai dari Toy Story Land, Adventureland, Main Street, U.S.A., Frozen Land  serta Marvel Area. 


Yang paling membuatku sangat exited adalah di Bibbidi Bobbidi Boutique, karena di boutique ini ada kostume princess Disney favorite  seperti Elsa (Frozen), Belle, Cinderella, Aurora, Snow White hingga Ariel. Selain itu kita juga bisa bermain Magic mirror untuk mendengarkan dongeng kisah putri kerajaan.


Menutup petualangan malam hari dengan menyaksikan Fireworks Show yang biasa dimulai pukul 9 malam diiringi dengan lagu A whole New World, Beauty  and The Beast dll. aku sungguh penasaran menyaksikan langsung permainan fireworks yang indah nan romantis dengan background Disney Castle itu.  


Pilihan yang sangat tepat adalah berbelanja Merchandise Disney di Disneyland ini karena sudah pasti kita mendapatkan produk-produk yang ori dengan thema Disneyland. Sesekali memberi reward pada diri sendiri itu membahagiakan lho. Disini tersedia ratusan jenis souvenir yang bagus-bagus banget. Dijamin bakal membuat kalap ingin memborong semuanya    


Ittinerary hari ke 3, Lantau Island


1. Ngong Ping 360




Masih di Lantau Island, di hari ke tiga ini aku akan ke Ngong Ping 360. Ngong Ping 360 sendiri sebenarnya merupakan kereta Gondola untuk transportasi menuju Ngong Ping di Pulau Lantau dengan tujuan pergi ke Po Lin Monastery dan Patung Tian Tan Buddha (Patung Budha Besar). 


Perjalanan dengan menggunakan gondola Ngong Ping 360 ini kurang lebih selama 25 menit. Selama perjalanan kita bisa menyaksikan pemandangan Pulau Lantau dari ketinggian. Aku memilih menggunakan kabin kristal yang harganya agak sedikit mahal ketimbang kabin standart. Dengan kabin kristal lantainya terbuat dari kaca. Dengan begitu, bisa merasakan sensasi yang jauh lebih indah dengan melihat langsung pemandangan di bawah kaki.


Di sekitaran Ngong Ping ini juga ada berbagai tempat makan vegetarian yang bisa dijadikan pilihan kuliner makan siang sebelum melanjutkan perjalanan ke spot wisata selanjutnya. Namun jika tidak ingin makan berat pilihan Li-Nong Tea House ini juga bisa menjadi alternatif pilihan yang menyenangkan. 


2. Patung Tian Tan Buddha



Tian Tan Buddha atau yang biasa dikenal dengan Patung Buddha Besar. Merupakan patung Buddha raksasa yang terbuat dari perunggu. disebut raksasa karena tingginya mencapai 34 meter dan bobotnya mencapai 250 ton. 

Patung ini berada di area perbukitan di Ngong Ping, Pulau Lantau. Untuk melihat patung Buddha raksasa ini dari dekat aku harus menaiki 268 anak tangga dulu. Sesampainya di puncak bukit, juga ada enam patung perunggu lain yang berukuran lebih kecil yang disebut The Offering of Six Devas. Berkunjung ke Tian Tan Buddha ini gratis. Namun, jika ingin memasuki ruangan yang ada di bawah patung akan dikenakan tiket masuk seharga HK$60. 


3. Po Lin Monastery



Po Lin Monastery merupakan sebuah kompleks kuil yang dibangun pada tahun 1906. Yang mana merupakan salah satu kuil Buddha tertua yang ada di Hong Kong. Di sini, ada tiga patung Buddha yang menjadi ciri khas Po Lin Monastery. Tiga patung tersebut merepresentasikan kehidupan Buddha di masa lalu, masa kini, dan masa depan. Pada Polin Monastery ini sekarang ada bangunan baru yang disebut The Grand Hall of Ten Thousand Buddha (10 ribu patung Buddha) yang berdiri di atas tanah seluas 6.000 meter persegi. 


Yang aku suka dari Po Lin Monastery ini adalah pintu gerbangnya yang berdiri dengan megah. Aku berharap bisa berfoto disini dengan menggenakan Hanfu (pakaian Putri kerajaan China) aih kenapa aku jadi kebanyakan impian gini sih wkwkkw.


Sepulang dari Ngong Ping aku memilih menggunakan Bus dari Lantau Island ke Tung Chung MTR station. Dengan biaya HK$ 18,7. Bukan mau sok irit, tapi perjalanannya luar biasa indah dengan pemandangan pepohonan yang menghijau di kanan kirinya serta jalan yang berkelok-kelok. Menurutku perjalanan ini wajib banget dirasakan. Perjalanan wisata hari ke tiga aku tutup dengan mengunjungi Park Island. Dari MTR station Tung Chung, aku melanjutkan perjalanan ke Tsing Yi dan menaiki Shuttle Bus yang khusus ke Park Island.


4. Park Island (Mawan)




Park Island sebenarnya merupakan salah satu perumahan di Hong Kong. Namun oleh pengembangnya dibuat beberapa tempat wisata untuk umum yang sayang banget dilewatkan apabila sudah berada di Hong Kong. Suasananya yang indah dan menenangkan benar-benar menjadi tempat wisata impian  untuk meluangkan satu sore disini.


Noah Ark merupakan bahtera replika Nabi Nuh yang sangat megah. terdapat 67 pasang hewan yang dulu diceritakan ikut berlayar pada kapal ini. Selain itu juga ada film 4 Dimensi yang menceritakan kehidupan nabi Nuh, Nabi Isa serta Nabi Musa. Selain fasilitas di dalam gedung juga ada fasilitas di luar gedung seperti Ark garden, Ark Life, Education Expo, Treasure House, Noah Advanture Land, Solar Tower dan Nature garden. Tiket masuk ke dalam Noah Ark ini sebesar HK$198


Setelah lelah keliling Noah Ark yang ada lima lantai itu. Saatnya bermain air di Pantai Mawan Tung Wan Beach. Letaknya hanya bersebelahan dengan Noah Ark. Bermain di pantai ini sungguh menyenangkan. Selain bersih, aman tentu saja gratis. Dari pantai ini pemandangan Tsing Ma Bridge terlihat dengan jelas sekali dan tentu saja sangat indah. Bermain Ke pantai Menutup wisata hari ketiga. 


Ittinerary hari ke 4, Causeway Bay,  Wanchai




1. Causeway Bay

Hari terakhir di Hong Kong. Namun bukan berarti aku nggak bisa kemana-mana lagi. kebetulan aku semalam menginap di Causeway Bay. Tempat yang bisa dibilang sangat strategis yang bisa dijangkau kemanapun.

Pagi hari rencananya akan melihat pameran Hong Kong Flower Show yang berada di lapangan Victoria. Sudah pas-pasin waktunya tentu aku nggak pengen melewatkannaya bukan? Tiket masuk Hong Kong flower Show ini HK$14. terbilang murah dengan pengalaman indah yang bisa aku dapatkan disana. 




2. Wanchai

Sarapan pagi aku memilih makan aneka dimsum Halal yang ada di masjid And Osman Ramju Shaddick Islamic Centre Canteen, Wanchai. Tepatnya ada di lantai 5. Dari lapangan Victory sebenarnya bisa berjalan kaki, namun untuk menghemat waktu serta menikmati sensasi naik Tram keliling kota, aku memilih naik Tram dan turun di Wanchai. 

Dimsum disini ini sangat menggoda. Lagipula memakannya tanpa ada rasa was-was halal atau tidaknya. Harganya juga terbilang terjangkau. Berkisar antara  HK$ 13-20 saja.  Setelah kenyang sarapan pagi aku menyempatkan diri Sholat dhuha di masjid And Osman Ramju Shaddick Islamic Centre ini. 




Perjalanan wisata di Wanchai  ini aku lanjutkan dengan mengunjungi Golden Bauhinia Square. Yang  merupakan kebanggaan bagi warga Hong Kong. Golden Bauhinia Square adalah patung simbol penyerahan Kembali Hong kong pada pemerintahan China pada tahun 1997. Patung The Forever Bauhinia ini terletak di area Expo Promenade. Area Golden Bauhinia Square ini lumayan rame karena memang menjadi tujuan wisatawan asing jika berkunjung ke Hong Kong. Terlebih lokasinya memang mudah ditempuh dengan menggunakan MTR turun di Wanchai station exit A5. 


Penutup




Demikian rencana liburanku bareng Traveloka. Kamu kapan memiliki rencana berlibur juga sama sepertiku? Jangan lupa Rencanakan Liburan di Traveloka ya. Satu aplikasi yang bisa mewujudkan semua impian liburanmu kemana saja. 


Liburan yang sesuai kata hati #LifeYourWay  Ya bareng Traveloka. Liburan itu sama seperti dengan bahagia. Kita sendiri yang menentukan, Bukan yang lain. Saatnya berani keputusan wujudkan mimpi Traveling sesuai suara hati Bareng Traveloka.




101 comments

  1. Keren, kadang kalo nggak nekat tuh nggak bakal kesampean! Liat itinerarynya jadi pengen ke hongkong deh, apalagi itu hotel disneyland nya lucuuu bgt banyak karakter disneynyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju... Sementara tiket pesawat kalau pas diskon nggak nunggu Kita berani nekad atau tidak wkwkw

      Delete
  2. Mbak, kalau ada diskon pesawat ke Macau dari Traveloka lagi, japri aku dong... Aku langsung mupeng pingin ke Macau dengan modal diskon di traveloka.
    Duh! Gak kebayang deh gimana serunya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaap Dokter... Yang diskon minggu-minggu ini via Traveloka ke SG, Malaysia Dan Thailand dari Bpn hanya 600-800 an saja. Hari rabu dan jum'at...

      Delete
  3. Senangnya kalau bisa kembali menjejak Kalimarau dan HK lagi ... Saya ke sana dulu kerja sebagai TKW. Kalau bisa ke sana sebagai traveler menyenangkan banget. Apalagi ini dengan adanya Traveloka jadi makin mudah ya urusannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget kak, Traveloka memudahkan banget urusan traveling kita

      Delete
  4. Seru banget pastinya. Apalagi lihat cerita yang di Makau. Indahnya kaya di Eropa ya. Sukses terus untuk mbak Asyah Dian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seru banget kak, ini nulis sambil membayangkan liburan lagi hehehe

      Delete
  5. Ga pernah kepikiran pingin ke Macau, tapi baca tulisan mbk Dian kok ya jadi nambah wishlist ya ini, hahaa..
    Apalagi yang ada disney-disney nya, langsung kebayang anak-anak deh.
    Semoga semua impian kita terwujud ya, mbk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk mbak direncanakan liburannya bareng Traveloka, seru banget kog

      Delete
  6. Indah banget yaa Macau ini. Sepertinya kota ini memang dibangun untuk destinasi wisata yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi sepertinya memang iya ya kak, heran juga saya baguuus banget soalnya

      Delete
  7. Aku yo nek dihadapkan pada 3 pilihan tiket yang diskon antara Malaysia, Singapura dan Macau yo pasti pilih Macau lah. Biar nggak dibilang mainmu kurang jauh... Asli sih. Tempat-tempatnya keren. Aku suka The Venetian Macau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss kakak saya juga suka banget vennetian Macau

      Delete
  8. Wih asyik banget menyusuri The Venetian Macau diiringi nyanyian lagu berbahasa Indonesia dari pendayungnya.

    Semoga rencana liburannya ke Hongkong pun bisa terlaksanan dengan baik dan banyak kesenangan yang bisa di dapat di sana. Kok murah ya, tiket pp Jakarta-Hongkong nggak sampai 4 juta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, beneran mbak, luv banget sama Traveloka aku tuh. Harga segitu dengan pesawat SQ pula .. biasa sekali jalan Aja segitu ...

      Delete
  9. gara-gara sering nonton drama China, saya jadi pingin ke Macau dan hongkong
    Ka sering tuh tokohnya jalan-jalan ke sini
    dan spot - spotnya keren2, hehehe maklum untuk keperluan film
    sekarang makin mudah dan terjangkau dengan traveloka ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, saya juga sukaaa banget drama China, makanya pengen banget berwisata ke Hong Kong

      Delete
  10. Dalam beberapa tahun saat masih aktif pameran di Hong Kong dan Macau, saya selalu menggunakan Traveloka untuk pesan tiket dan hotel. Pilihannya banyak banget. Termasuk saat harus lama tinggal di sana, ada referensi apartemen yang hemat dan mudah digapai oleh MTR. Kerja jadi efisien dan efektif jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren banget kak Annie bisa ikutan pameran sampai ke Hong Kong dan Macau, seru banget pasti perjalanannya dengan Traveloka ya

      Delete
  11. Banyak yang asik nih di Macau. Semangat travelingnya kak, tetap jaga kesehatan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes kak banyak banget, seru banget travelingnya

      Delete
  12. Hongkong kota maju surganya belanja.aih bisa bawa barang belanjaan . Traveloka bisa membantu mengwujudkan impian ke hongkong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surga belanja bener kak, tanpa tax ya dengar-dengar jadi harganya lumayan miring, open jastip sambil wisata pas itu kak

      Delete
  13. Jadi terwujud ya kak kalau direncanain bareng travelloka. Apalagi destinasi wisata di Macau gilaaa keren banget deh. Semoga next aku juga kesana,doain ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes kak, dengan Traveloka semua jadi mudah diwujudkan, Aamiin

      Delete
  14. Sambil nungguin travelingnya terwujud dari sekarang mulai belajar bahasa hongkong ya mba. Keren banget. Kalo jadi ke macau jangan lupa ajak-ajak ya mba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak, karena sering sliweran nih bahasa Hong Kong di Tiktok dan youtube. siaap kak

      Delete
  15. Wah aku baru tahu kalau Hongkong tuh negara yang aman buat traveler. Kalau Macau malah baru ini lihat informasi wisatanya karena emang di sana identik sama judi. Tapi ternyata Macau juga banyak menyimpan destinasi wisata impian ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aman banget kak, Yups, tapi wisatanya asli bukan kaleng-kaleng hehehe

      Delete
  16. wah nekat banget mbak liburan sendiri ke Macau. tapi pastinya jadi liburan yang berkesan yaa. aku juga pernah baca tentang macau ini. agak kaget waktu tahu kalau di Macau itu pakai bahasa Portugis dan bahasa Cina. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya mbak, berkesan sekali... nah iya, rata-rata pakai bahasa itu disana

      Delete
  17. wah seneng banget semua kebutuhan travel bisa difasilitasi sama Traveloka. Tinggal kita cari dananya nih Ka Aisya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali kak, dengan Traveloka semua kebutuhan lengkap difasilitasi. mari semangat cari cuan buat liburan kak

      Delete
  18. Ya ampuun, mbaaak. Saya jadi mupeng pengen ke Hongkong gitu. Btw kalau ke Hongkong perlu pakai visa gak ya. Duh jadi pengen nabung juga untuk jalan-jalan apalagi pandemi sudah berlalu kan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk-yuk-yuk barengan, nanti pakai Traveloka saja biar aman mbak. Nggak mbak, Macau - Hong kong nggak pakai visa. ke China yang pakai, tapi terjangkau saja sih dibawah 300k kalau nggak salah (lupa pastinya hehehe)

      Delete
  19. Rada nyesel sih waktu aku ke China dan HK tidak menyempatkan diri ke MACAU padahal di sini surga wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali ya mbak, Padahal tinggal naik kapal ferry 200k kalau nggak salah sampai Macau

      Delete
  20. Gila, menarik banget tulisannya, Kak. Aku jadi tau banyak tempat nih terutama Hong Kong. Jujur aja, Hong Kong sama sekali nggak terlintar di pikiranku buat destinasi liburan, tapi setelah baca ulasan ini kok jadi ingin :D. Traveloka is the best sih buat mewujudkan mimpi-mimpi liburan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya menarik banget kak wisata Hong Kong, setuju kak, Traveloka memang is The Best buat wujudin impian liburan kita

      Delete
  21. waaawww serunya ke macau, jadi inget drama boys before flowers mbak, wkwkwkwkwk semoga kesampaian ya mba aisyah - rinii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali mbak Rini, drama Boys before flowers syutingnya di Vennetian kan, Aamiin ya Allah

      Delete
  22. Seru banget bisa liburan yaa, seneng banget pasti.
    Tertarik di macau ada gondola ride, pasti bagus bgt pemandanganya, masih banyak lagi tempat yg seru ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes kak, seru bangeeet... bener kak banyak tempat yang bisa diexplore kalau lebih lama liburan disana sebenarnya

      Delete
  23. Belum pernah ke Macau tapi setelah baca ini kok jadi menarik destinasinya. Bakalan nambah deh negara yang akan saya kunjungi nih. Semoga real di 2023.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, aslinya menarik banget Macau nih.. saya nulis sambil ngebayangin liburan lagi kesana hehehe

      Delete
  24. Yeaay~
    Meskipun keluar negeri, kalau ketemu kuliner Indonesia jadi happy ya..
    Terus ketemu sesama orang Indonesia di negeri orang juga bikin semangat dan semoga travelling bersama Traveloka selalu meninggalkan kesan menyenangkan dengan kemudahan yang ditawarkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali kak Lendy, happy banget... berasa menemukan dewa penyelamat hihihi. setuju kak Traveling Bareng Traveloka memang selalu meninggalkan kesan yang menyenangkan dengan kemudahannya

      Delete
    2. Aku kira dulu tuh Macau ada di Beijing juga..
      Ternyata membutuhkan perjalanan darat sekitar 2 jam ya..menggunakan trasportasi udara.

      Seru banget bucket listnya nih..apalagi bareng Traveloka.

      Delete
  25. MasyaAllah mba jadi kangen Hongkong diriku, pernah tinggal 6 tahun di sana nggak pernah berkeliling, soalnya kerja. Semoga ada rejeki bisa ke sana lagi. Sukses ya Mba Dian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren banget kak, Aamiin yuk rencanakan liburan bareng Traveloka biar liburannya jadi mudah kak. Aamiin, sukses juga buat kak Nyi

      Delete
  26. Kalau keberanian aku sih siap. Tapi masalahnya di bahasa 😅. Inggris gak bisa apa lagi bahasa lain. Indonesia tok! Pernah ke Kuala lumpur rame-rame juga. Paling-paling kalau liburan sendiri, beraninya ya ke Malaysia aja. Karena bahasanya masih mirip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kaya di Macau kemarin tanda-tanda arahnya jelas sih kak, ada map juga di tourism information. apalagi sekarang ada google map lebih mudah lagi. tapi memang malaysia/singapore lebih friendly karena bahasanya melayu ya

      Delete
  27. Wah Traveloka ini sahabat setia para traveler ya, buat saya apa yang dibutuhkan untuk mendukung proses traveling kita lancar hampir ada semuanya di traveloka

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali kak, sudah bertahun-tahun sahabatan sama Traveloka buat traveling

      Delete
  28. oiya kalau denger hongkong bisa sekalian jualan ke temen-temen TKI di sana. karena beberapa UKM juga ekspor makanan indonesia ke sana loh Mbak Dian hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya kah kak? berbagai ide bisnis jadi keluar dari kepala nih hehehe

      Delete
  29. Saya lupa kartu Octopus ada kadaluarsa nya apa tidak. Ini kartu Octopus saya masih saya simpan di dompet. Padahal udah mau 17 tahun sejak finish kontrak dari Hong Kong
    Semoga liburan ke HK terlaksana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah lama juga ya kak, mungkin nanti kalau pas berwisata ke Hong Kong bisa ditanyakan di cs nya kak

      Delete
  30. Wah, seru juga liburan ke Macau dan Hongkong
    Liburan bareng Traveloka memang nggak pernah salah ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali kak, Traveloka selalu memberi kemudahan nih

      Delete
  31. Wow perjalanannya detail sekali. Apalagi traveling ke luar negeri. Hebat deh bisa prepare gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi berkat Traveloka nih kak, semua bisa diprepare dengan mudah

      Delete
  32. Salut deh sama Mbak. Traveling sendiri ke Macau. Seru. Saya tahunya Macau itu ya baru dari film-film aja. Dan Venetian Macau ini memang makin terkenal sih, karena banyak beredar di mana-mana foto orang-orang yang wisata ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups betul sekali kak, saya berani kesana juga setelah mendengar kisah travelingnya teman-teman saya yang sudah kesana duluan

      Delete
  33. Jadi kebayang ada disana aku kak. Dan sekarang punya bayangan kota Hong Kong yang sebelumnya aku ga pernah kepikiran wahana dan wisata nya . Traveloka emang travel friendly banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups Traveloka emang travel friendly banget buat kita

      Delete
  34. Masyaa Allah, ternyata ada jg ya destinasi wisata islamic.y, jd pngen ke sana jg deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kak, di Hong kong malah ada 4 atau 5 masjid besarnya. kalau cukup waktu pengen mendatangi semuanya nanti

      Delete
  35. Kalau hobi nonton film Hong Kong, Macao ini sering sekali jadi lokasi syuting film. Dan saya denger-denger, banyak lho orang Indonesia yang stay di sana baik untuk liburan, ambil short course, maupun tinggal di sana dalam beberapa bulan karena urusan kerjaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kak, banyak ternyata warga Indonesia yang tinggal disana, jadi senang jadinya. mau cari makanan indonesia ternyata nggak sulit

      Delete
  36. Keren mba berani liburan ke LN sendiri...Macau harus jadi wish list holiday deh bagus banget destinasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya sok terpaksa eh sudah merasakan pengen balik lagi wkkwkw

      Delete
  37. Macau ini menarik ya. Sebelumnya ga pernah kepikiran ke sana, pas liat destinasi wisatanya wahhhh menarik banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya menarik sekali kak, mana banyak yang gratis, kalau bayarpun nggak mahal dan kerem banget

      Delete
  38. Luar biasa banget mbak dirimu berani traveling sendirian sampai ke Macau. Klo aku udah jiper deh hehehee... Alhamdulillah dapet teman jalan para backpacker yang baik yaaa...

    Semoga rencana perjalanan ke Hong Kong berjalan lancar yaaa.. Seru deh bisa menjejakkan kaki di belahan bumi yang lain dan mendapatkan banyak pengalaman baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw awalnya jiper tapi gimana dong tiket sudah dibeli mbak wkwkwk, iya berasa bertemu hero rasanya hehehe

      Delete
  39. Keluar negeri ketemu kuliner indo. Destinasi wisata ke Macau, berasa lagi jadi geum jandi nggak tuh

    ReplyDelete
  40. Macau.....itu kerwn bingit. ..aku duku nginep di hotel venetion yg lengkap isinya. Ada pertunjukan sirkus, gondola, mall, judi dll. Kamarnya jg luas dg kamar mandi yg luarbiasa bagus. Menara yg dulu katanya tertinggi, kita makan disana & jgn tiinggalkan tas dikursi, krn kursi akan berpibdah sendiri...hahaha. Lanjut ke hongkong naik speedboad yg ada pramugarinya menuju hongkong.. kanjut ke China deh jd oengen ngulang, krn sdh 15 th lalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kebayang kerennya hotel di Vennetian mbak, rate berapakah disana. iya di Vennetian sendiri seharian juga nggak bakalan bosan ya... wiih sekali traveling 3 negara terlampaui... keren mbak...

      Delete
  41. Wah ada Islamic city atau tournya juga ya. Menarik, nih. Semoga bisa kesampaian ya mba impiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada dong mbak. karena disana banyak warga lokal yang muslim juga

      Delete
  42. Ternyata Macau ini jadi surganya Travel dan Food Blogger ya Mbak, saking banyaknya destinasi dan juga jenis makanannya ya.
    btw jadi bayangin so sweetnya naik gondola lalu dinyanyiin gitu ya, ihiiiy :)

    ReplyDelete
  43. Hongkong itu kayak Tiongkok tapi modern banget, ternyata proporsi ga bisa Bahasa Inggris lumayan ya. Aku pun juga begitu mba menjiwai terutama belanja ke pasar tumpah. Pas ke Chiang Mai Thailand aku nawar selalu pakai bahasa lokal, makan mudah ngapalinnya. Sering dikasih soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya apalagi kalau belanjanya di pasar lokal gitu ya mbak, banyak penjual yang sudah berumur gitu kurang bisa bahasa inggris, mau nggak mau pakai bahasa lokal. tapi biasanya buah-buahan lebih fresh dan murah daripada minimart

      Delete
  44. aku pengen deh nyobain dimsum ala makau kayak gimana, pastinya lebih enak ya. makau indah juga ya,aku tahunya kota judi aja, hehe. semoga impian liburan bareng travelokanya tercapai ya

    ReplyDelete
  45. di Macau kemarin banyak cobain egg tart mbak, sama cumi-cumi panggang yang khas banget serta enak tiada duanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bener banget. Egg tart di Macau engga ada duanya. Dimakan di bawah St Paul Ruins itu epic lah. Sayangnya karena fresh, engga bisa dibawa pulang ke Indonesia...hehe... Baru tahu loh ada Islamic Centre di Macau.
      Ke Hong Kong nyebrang naik ferry dari Macau juga seru loh...
      Travelingnya seru banget. Jadi kanget ke Macau lagi...

      Delete
  46. Dengan traveloka liburan menjadi aman dan nyaman. Pastikan setiap liburan selalu merencanakannya dengan traveloka semuanya menjadi beres.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget koh, dengan Traveloka Liburan jadi aman dan nyaman

      Delete
  47. Mantap kak traveling nya. Jadi pengen ke Hongkong. Btw, pake guide atau tour leader nggak kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke Hong Kong mandiri saja kak, kan di Traveloka semua sudah ada tuh mau kemana aja bisa kog dipesan tiketnya langsung

      Delete
  48. Kerennn kak..berani jalan jalan sendiri..kalo aku mah keder kali yaa hahaha....iyaa kak klo di hongkong wajib itu ke dimsum halal di masjid recommended 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajiiib banget kak, aku cuma mupeng lihat foto teman-teman yang makan dimsum disana.

      Delete
  49. Aku auto ngebayangin gimana mbak Dian jadi princess 1 malam itu. Pasti cantik, pakai baju ala2 barbie, khas tuan putri di negeri dongeng.

    Dongeng masa kecil itu memang membekas ya mbak. Apalagi yg dongengin ibu tercinta

    ReplyDelete
  50. Macau ini daerah administratif yang dapat keistimewaan dari Cina juga bukan ya? Kayak Hong Kong dan Taiwan? Aku kesan pertama dengan Macau langsung ingat judinya mba. Hahaha. Mungkin karena dulu kebanyakan nonton film Andy Lau dan Jacky Chung yang jadi master judi. Jadul bangettttt.

    Super duper kereeeeeen, Traveloka bisa service kita dengan opsi pilihan hotel-hotel di Macau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya Iya ya kak, betul sekali nih beruntung banget ada Traveloka yang bisa service Kita bermacam hotel plus experience nya juga

      Delete
  51. Duh kangen liburan jadinya ... Tapi kudu nabung dulu lebih banyak, biar makin asyik liburannya. Kalau langsung buka Traveloka sekarang takut kalap.

    ReplyDelete