Kuliner Surabaya yang Wajib Dicoba

No comments



Kota Surabaya merupakan Kota yang  sangat terkenal sebagai salah satu kota besar di Indonesia yang paling maju dan berkembang dalam berbagai sektor. 

Tak salah kalau banyak warga dari berbagai daerah berbondong-bondong Untuk tinggal disana. Sayapun yang hanya beberapa hari liburan bersama beberapa teman Blogger Surabaya sudah merasa jatuh cinta pada Kota Pahlawan ini. 

Apalagi Keunggulan Kota ini sangat didukung dengan berbagai fasilitas yang memadai mulai dari tempat wisata terawat hingga wisata kulinernya yang lengkap, bahkan wisata Mall nya pun cukup membuat saya yang dari Balikpapan berdecak kagum. Please deh, 2 Hari sangat kurang buat mengexplore Kota ini, next seminggu sepertinya kalau kesana 


Tidak heran bila banyak travel agent yang menawarkan paket wisata Surabaya sebagai paket liburan untuk para wisatawan. Anda bisa mengunjungi banyak tempat menarik sambil puas menikmati makanan khas Surabaya yang sangat terkenal dengan kelezatannya.


Saya itu pecinta kuliner. Jadi sebelum datang ke Kota ini Saya sudah mencoba explore tempat rekomendasi makanan khas Surabaya yang terkenal enak dan wajib dicoba saat berkunjung. 


Daftar Makanan Khas Surabaya yang Terkenal Enak


Pecel Semanggi

Makanan khas Surabaya yang pertama Kali ingin Saya coba adalah pecel semangi. Gara-garanya beberapa tahun yang lalu feed Instagram Saya penuh dengan foto-foto pecel Semanggi.

Jadi waktu itu sempet ada teman yang kebetulan sedang promil di Surabaya. Ngidamnya itu simple saja, hari-hari makan cuma mau pecel Semanggi? Habis itu asli jadi pengen banget sama yang namanya pecel Semanggi.

Jadi ternyata yang membuat pecel Semanggi ini jadi enak banget Karena  Pecel Semanggi yang menggunakan daun semanggi sebagai pengganti sayurnya. Penggunaan daun semanggi ini membuat rasa pecel menjadi unik dan berbeda dari pecel biasanya.

Tak hanya itu, bumbu yang digunakan Untuk pecel semanggi juga dibuat khusus dari kacang, gula merah, petis, dan ubi rambat sehingga lebih lembut dan kental pas di lidah. Percaya deh nggak bakal nyesel nyobain pecel Semanggi gini.

Penyajian pecel semanggi ini biasanya menggunakan pincuk (mangkok yang terbuat dari daun jati atau daun pisang) yang dikunci dengan menggunakan tusuk Gigi ataupun lidi yang dipotong kecil-kecil.  

Pecel Semanggi disajikan dengan isian aneka daun semanggi, tauge, dan daun pepaya serta tambahan kerupuk karak sebagai sendok.

Pecel Semanggi ini bisa Anda temukan di sejumlah tempat di Surabaya salah satunya di Surabaya Plaza Hotel. Harga Pecel Semanggi ini juga sangat terjangkau mulai dari 10k hingga 15k tergantung tempat dan porsinya.

Rawon Surabaya

Rawon memang menjadi salah satu hidangan favorite di keluarga Saya.  hidangan paling terkenal yang berasal dari Jawa Timur khususnya daerah Surabaya. Namun di Ngawi sudah menjadi makanan khas di hari Raya ataupun ketika ada pesta dll.

Ciri khas utama dari masakan ini adalah kuahnya yang berwarna hitam pekat dari bumbu kluwek yang digunakan. Namun yang membuat saya agak takjub, ada tambahan Potongan labu Siam yang menambah enak rasanya. Agak light tapi menambah beda rasa yang Makin enak.

Makanan sejenis sup ini menggunakan daging sapi sebagai bahan dasar hidangan dan terkadang disajikan bersama telur.

Bumbu rawon sendiri terdiri dari kluwek, bawang, cabai, ketumbar, kemiri, kunir, serai, laos, dan garam yang dihaluskan lalu ditumis harum. Cara membuat Rawon ini juga sangat mudah setelah bumbu halus ditumis tambahkan kaldu sapi dan dagingnya lalu masak hingga matang. Sebagai pelengkap tambahkan tauge pendek, daun bawang, Potongan daging sapi, kerupuk udang, telur asin, jeruk nipis, serta sambal saat menyajikan rawon.

Nasi Madura

Nasi Madura sebenarnya merupakan kuliner khas Bangkalan Madura. Namun ketika sudah berada di kota Surabaya. Nasi Madura dapat dengan mudah didapatkan. Jadi ceritanya Saya malam-malam kelaparan. Maklum setelah kecapekan keliling kota Surabaya, sesampainya di kamar hotel Saya malah ketiduran. Dan terbangun di Tengah malam.

Alhasil saya cek-cek menu makan di salah satu ojek Online. Saya menjadi tertarik melihat aneka menunya yang menggugah selera. Terlebih harganya terjangkau banget oleh kantong backpacker seperti Saya.

Malam itu Saya memesan lauk daging, babat serta paru. Tak lupa menambah tongkol Bumbu merah. 

Asli rasanya Perfecto banget. Sambel bawangnya itu beneran pedas gila tapi nikmat banget. Jadi menghabiskan nasi deh

5. Es Krim Zangrandi

Setelah puas keliling kota Surabaya, Saya hampir kelupaan kalau disini ada salah satu kedai  yang menjual dessert yang Paling terkenal yaitu dari Es Krim Zangrandi. 

Kedai es krim Zangrandi ini merupakan toko es krim legendaris di Kota Surabaya yang sudah ada sejak tahun 1933. Jadi kalau sudah sampai ke Surabaya rasanya nggak afdal kalau nggak mpir kesana.

Resep Es Krim Zangrandi masih sama sejak dulu dengan cita rasa es krim Italianya yang khas dan enak. Rasa manis dan dingin es krim yang segar mampu melawan hawa gerah dan cuaca panas yang Anda rasakan di Surabaya.

Harga dari es krim Zangrandi sendiri bisa dibilang lumayan apabila dibandingkan es Krim dari resto fast food. Namun dengan harga sekitar Rp45.000,00 hingga Rp100.000,00 cukup worth it karena sepadan dengan kenikmatan yang didapatkan di setiap suapannya

Alamat outlet es Krim Zangrandi sendiri cukup strategist. Yakni tepat berseberangan dengan gedung perpustakaan Kota. Atau beralamat di Jl. Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271




No comments