Strategi Digital Campaign IDN Creative Pasca Pandemi

No comments

 



Pandemi, siapa sih yang mau? tapi mau tak mau memang harus kita hadapi bukan? Dan ini sudah  terjadi dua tahun lalu. Bagaimanapun hal itu telah hampir mengubah semua gaya hidup masyarakat kita. Saya sendiri termasuk yang menerima imbas dari adanya perubahan gaya hidup ini. Saya yang dulunya bisa dikatakan  jarang bersentuhan dengan dunia digital, sekarang mau tidak mau saya harus belajar atau lebih tepatnya dipaksa untuk memahami segala aktivitas di ranah dunia digital ini.


Meski perlahan, tertatih bilang orang namun kini bisa. Salah satu contoh di toko offline saya, yang berada di Plaza Bunsay. Semenjak  2 tahun lalu berusaha mengembangkan pemasaran secara digital. Namun jika tidak mau berubah sudah pasti akan tergerus zaman. Orang-orang sudah mulai malas belanja offline. Mereka lebih menginginkan belanja online tanpa perlu repot-repot keluar rumah. 


Hal itu pula yang sebenarnya dilakukan oleh IDN Creative sebagai bagian dari unit bisnis IDN Media.  Yang mana berbentuk agensi digital yang juga menjadikan digital marketing sebagai bentuk kampanye. Untuk saat ini  digital marketing memang merupakan bentuk pemasaran yang cukup efektif. Hal ini dikarenakan digital marketing memang semakin diperhitungkan oleh perusahaan-perusahaan dan efektivitasnya cenderung lebih meningkat dari tahun ke tahun. 


Kampanye digital yang kini semakin intens beredar di masyarakat tentu saja akan memengaruhi pola pikir masyarakat sebagai konsumen.  Sehingga nantinya mau tak mau  akan berpengaruhi terhadap keputusan konsumen dalam membeli barang atau menggunakan jasa tertentu. 


Pandemi 2 tahun lalu tidak selamanya ada di dunia ini.  Teknologi kesehatan yang semakin maju sudah pasti akan semakin mempercepat pandemi berakhir. Sama seperti halnya saat ini dimana tahun 2022 pandemi sudah bisa dibilang dinyatakan berakhir sehingga masyarakat pun dapat kembali beraktivitas di luar ruangan tanpa harus memakai masker, mengukur suhu tubuh dll.


Tetapi, permasalahan yang kini  kembali muncul adalah manakala pandemi sudah berakhir namun campaign digital masih harus tetap dilaksanakan pasca pandemi. Bagaimanakah caranya agar campaign digital tersebut sukses dapat diterima di masyarakat serta pesan yang tersampaikan dapat berhasil memuaskan dari sisi brand produk atau jasa maupun konsumen.


Pada kesempatan ini IDN Creative akan memberikan pandangan ataupun insight mengenai perubahan pola konsumsi konten di masyarakat Indonesia beserta strategi jitu yang ada agar bisa menyukseskan kampanye digital baik dari segi brand dan juga konsumen. Berikut ini strategi yang dapat dijalankan oleh IDN Creative:





1. Membuat Campaign Unik Untuk Menarik Minat Masyarakat Kita.


Pandemi yang terjadi 2 tahun yang lalu tentu saja membawa perubahan yang signifikan terutama dalam hal daya beli masyarakat. Yups, tepat sekali sudah pasti secara tidak langsung, pandemi memang menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat kita karena menurunnya kondisi perekonomian. 


Hal inilah yang kini menjadi tantangan bagi marketers untuk dapat menjalankan campaign yang unik dan tentu dapat menarik hati masyarakat. Sudah pasti hasil akhirnya adalah agar masyarakat membeli atau menggunakan produk atau jasa yang saat ini sedang dipasarkan.


Selama masa pandemi semua masyarakat dihimbau untuk dapat terus berada di dalam rumah. Hal ini bertujuan untuk menghindari diri dari paparan virus apabila terlalu sering berada di luar rumah. Tentu saja ini sebenarnya yang menyebabkan penggunaan smartphone mulai meningkat selama pandemi. Anastasia Desire sebagai Copy Editor IDN Creative mengungkapkan bahwa IDN Creative sebagai marketers pun harus dapat beradaptasi dengan hal ini.


Menurut Anastasia Desire, semakin unik sebuah campaign dibuat, maka akan semakin banyak masyarakat yang penasaran, membeli bahkan secara sukarela melakukan share atas konten campaign tersebut di media sosial yang mereka miliki. Konten yang mengandung topik jokes (lelucon) dan entertainment (hiburan) merupakan dua topik yang sebaiknya digunakan dalam membuat digital campaign.


2. Fleksibilitas Dalam Bekerja 


IDN Creative merupakan suatu agensi digital dimana merupakan salah satu unit bisnis dari IDN Media. IDN Creative sendiri mulai menawarkan one-stop solution dalam memenuhi kebutuhan para brand dan pemasang iklan (advertiser). IDN Creative lebih fokus pada brand storytelling dan data driven strategy bagi para advertiser agar mendapatkan hasil campaign yang lebih optimal. Tentu saja untuk hasil yang lebih optimal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya penjualan sebuah brand.


Maria Novena Rarahita, selaku pimpinan IDN Creative, tentu mengharapkan agar di setiap campaign yang dijalankan oleh IDN Creative selalu tepat sasaran sehingga semua kebutuhan para client dapat terpenuhi. Bahkan menurut Naomi Silitonga, Campaign Manager IDN Creative, beberapa soft skill berikut dibutuhkan agar campaign berjalan lancar, yaitu:


  • Dapat Menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan berbagai pihak
  • Menjaga semua komitmen yang ada terhadap timeline sebuah project yang sudah disepakati dengan client
  • Memiliki fleksibilitas dalam pekerjaan tetapi tetap sesuai aturan SOP yang ada.


Dalam menjalankan digital campaign pun, IDN Creative tetap harus menyesuaikan dengan trend yang terjadi saat ini. Tentu saja agar sebuah campaign bisa berjalan efektif dan hasilnya up to date dengan dengan kondisi saat ini. Dalam mengoptimalkan pemasaran secara digital, IDN Creative harus menyesuaikan dari segi kreatif, tone dan gaya bahasa yang digunakan di platform IDN Media.


3. Koordinasi  Tepat dan Cepat 


Sudah pasti kita semua tentu tidak  menginginkan terus berlama-lama hidup dalam bayang-bayang pandemi bukan?  Rasanya Saya sudah bersyukur pandemi sudah mulai berlalu, dan berhasil melaluinya.  Meskipun kita masih tetap harus waspada serta menjaga protokol kesehatan. 


Saat ini setelah pandemi ini berakhir, sudah mulai  banyak diselenggarakan event offline dimana-mana yang menyebabkan brand saling berlomba untuk membuat event bahkan menjadi sponsor dari event offline tersebut. 


Salah satu yang berdampak positif adalah media placement dimana pemasangan event coverage article yang sering dilakukan oleh beberapa brand. Cynthia Dewi Kirana selaku Copy Editor IDN Creative juga mengakui ada banyak perbedaan manakala mengurus event online dan offline. 


Cyhthia mengungkapkan mengurus event offline ternyata membawa tantangan tersendiri, dimana dirinya dan tim harus terus berpacu dengan waktu. Hal ini tentu saja dikarenakan jika penayangan artikel terlalu lama mendapat proses feedback dan approval, maka tentu saja berita tentang event offline tresebut sudah lewat momentumnya. Oleh sebab itu koordinasi yang cepat akan mensukseskan jalannya sebuah campaign. 


4. Posisikan Diri Sebagai Konsumen Ketika Mengeksekusi Campaign


Agar tetap dapat menyesuaikan campaign yang relevan pasca pandemi ini, tentu ada beberapa tips yang dijelaskan oleh Lamtiar Sihombing, Campaign Manager IDN Creative bagaimana menjalankan campaign yang relevan dengan kondisi terkini, antara lain:


Marketers harus bisa memposisikan diri sebagai konsumen


Dalam hal ini marketers memang harus mengetahui apa saja sih yang konsumen inginkan agar brand mereka dikenal oleh masyarakat luas. Hasil akhir dari campaignnya tentu saja brand sangat  meninginkan atau  mendapatkan penjualan maksimal dari produk atau jasa yang dijual. memposisikan diri marketers sebagai konsumen agar bisa menampilkan campaign yang maksimal dan efektif di masyarakat.


Mengenali perubahan perilaku target konsumen terhadap pergantian situasi pasar 


Saat ini pandemi yang mulai berangsur-angsur berjalan pada titik akhir.  Sudah pasti akan mulai terjadi perubahan dalam bentuk campaign. Yang tadinya digital campaign dapat dioptimalisasi, maka ketika pandemi sudah berakhir, maka harus dibarengi dengan offline marketing. IDN Creative sebagai marketers tentu berupaya sebaik mungkin untuk dapat mengkolaborasikan antara digital campaign dan offline marketing agar hasilnya dapat menjangkau lebih banyak audiens lagi. 


Penutup


Demikian ulasan saya  mengenai strategi yang dijalankan oleh IDN Creative dalam menjalankan digital campaign pada masa pasca pandemi. Sudah pasti pada setiap program campaign yang dijalankan memiliki target agar dapat menjangkau audiens masyarakat yang lebih luas lagi.




No comments