Travelling Anti Repot Bersama Anak

 


Travelling Bersama Anak, memang menjadi Hal yang menyenangkan. Namun Untuk menghindari kerepotan simak yuk Tips Anti Repot Traveling dengan anak yang kita Wajib Tahu!

1. Bawa makanan dan mainan favorit si Kecil

Pada dasarnya membawa makanan dan mainan favorit si Kecil akan membuat anak-anak lebih tenang perasaannya. Apalagi di tempat yang baru tentu saja membuat anak-anak susah untuk tidur serta gelisah.

Dengan adanya makanan dan mainan favorit si Kecil selama perjalanan, Kita bisa mengalihkan perhatiannya lewat makanan atau mainan favoritnya, dengan begitu, kemungkinan si Kecil rewel atau menangis karena lelah dapat diminimalisir.

2. Bawa obat-obatan anak.
Menurut Dokter Anak, hal kedua yang harus dibawa pada saat traveling bersama anak-anak adalah beberapa peralatan kesehatan serta obat-obatan,  yakni, 
- Termometer
- Paracetamol atau obat penurun panas 
- Hansaplast atau plester apalabila terluka.
- Betadine Stick  
- Obat anti mabok Antimo
- Obat anti diare
- Minyak kayu putih
- Lotion anti nyamuk
- Handsanitizer
 

3.Bijak memilih Moda Transportasi perjalanan

Sebelum Memilih Moda Transportasi perjalanan, cek dulu umur berapa bayi boleh naik pesawat?   Membawa anak-anak perjalanan traveling memang harus benar-benar memperhatikan kenyamanan serta keselamatannya. Contohnya naik pesawat terbang mungkin akan mempersingkat waktu perjalanan sehingga anak-anak tidak terlalu lelah daripada menggunakan Moda Transportasi darat lainnya.


4. Ekstra popok dan baju ganti saat bepergian

Traveling bersama anak-anak memang harus selalu bawa beberapa set baju ganti serta beberapa pack popok di dalam diaper bag. 

Hal Ini sangat penting untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu baju si Kecil basah, kotor terkena tumpahan makanan, tumpahan minuman,  ataupun akibat si Kecil muntah. Setiap saat ada saja hal-hal yang harus diantisipasi oleh Kita selalu orang tua


5. Bawa perlengkapan yang portable

Saat ini, memang sudah mulai banyak sekali tersedia perlengkapan anak yang ramah untuk dibawa traveling. Adapun beberapa benda portable serta travel-friendly yang wajib dibawa di antaranya:

- Stroller. 

Pilih stroller yang nyaman dengan ukuran kabin dan mudah dilipat Namun kokoh. Jangan sampai Memilih stroller yang mudah rusak dengan roda yang kecil. 

- Sterilizer. 

Menggunakan sterilizer portable memang sangat Penting Untuk dapat membantu  menjaga kebersihan mainan, peralatan makan, hingga botol susu si Kecil sebelum digunakan. 

- Car seat. Benda ini wajib Ibu gunakan jika bepergian dengan mobil, ya. Demi kenyamanan Ibu saat duduk selama perjalanan juga, lho.

- Cooler bag. 

Masih menyusui si Kecil? Buat daftar perlengkapan menyusui Ibu selengkap mungkin untuk ditempatkan di dalam tas ASI.

Changing pad/alas ganti popok. Pilih changing pad yang bisa dilipat menjadi ukuran kecil. Benda ini sangat penting khususnya saat proses penggantian popok si Kecil di toilet umum.

- Termos. Untuk menyeduh susu ataupun makanan si Kecil dengan air panas apabila dibutuhkan.


7. Siapkan hiburan visual untuk si Kecil

Ibu bisa membawa buku favoritnya, mempersiapkan playlist lagu atau video selama perjalanan, hingga memberikannya permainan interaktif melalui gadget. Lakukan ini untuk menjaga mood si Kecil agar tidak mudah bosan dan menjadi rewel selama liburan, ya.


8. Bawa barang seperlunya

Memang sih, mengantisipasi dengan membawa perlengkapan selengkap mungkin adalah hal yang baik. Tapi pastikan, barang-barang yang Ibu bawa liburan adalah barang yang benar-benar diperlukan, ya! Hal ini juga bisa membuat pengemasan barang ke koper menjadi lebih efektif.

Tips lainnya, pisahkan pakaian si Kecil dengan pakaian anggota keluarga lainnya. Selain menjaga agar lebih higienis, ini juga akan memudahkan Ibu mencari perlengkapan si Kecil yang lainnya seperti selimut, jaket, ataupun handuk.


9.Gunakan diaper bag dengan banyak sekat

Khawatir perlengkapan si Kecil tertinggal di penginapan saat sedang berkunjung ke tempat wisata? Inilah alasannya mengapa Ibu harus menggunakan diaper bag dengan ukuran yang cukup besar.

Saat ini sudah banyak tersedia diaper bag dengan kompartemen besar yang juga memiliki desain yang stylish. Nah, saat memilih diaper bag, pilih yang memiliki banyak sekat untuk menyimpan semua perlengkapan si Kecil seperti tisu, baju ganti, alas popok, botol susu, mainan hingga popok cadangan.


10. Peralatan makan portable

Bawa set perlengkapan makan yang portable dan mudah dibawa kemana saja. Tentu saja, lengkap dengan tempat penyimpanannya yang travel-friendly. Jangan lupa, bawa juga bib atau celemek agar si Kecil bisa makan dimana saja dengan nyaman dan tetap bersih, ya.


11. Tetap prioritaskan kebersihan

Kebersihan adalah faktor utama kesehatan si Kecil selama dan setelah liburan nanti. Berikut beberapa tips agar liburan dengan si Kecil tetap bersih dan higienis:

Simpan makanan dengan bersih dan steril. Ibu bisa menggunakan zip lock ataupun wadah makanan. Pastikan penyimpanannya kedap dan simpan di tempat kering, ya.

Jaga kebersihan tempat duduk dan toilet. Ibu bisa menggunakan toilet cleaner untuk membersihkannya, atau jika ingin lebih mudah, Ibu bisa menyemprotkan cairan disinfektan sebelum menggunakannya.

Tisu basah dan kering adalah hal yang wajib. Ini sangat penting, khususnya untuk membersihkan permukaan benda menjadi lebih praktis. Pilih tisu yang aman untuk kulit si Kecil.

Bawa hand sanitizer ke mana saja. Pastikan tangan Ibu selalu bersih, khususnya saat akan berinteraksi secara langsung dengan si Kecil.


Usahakan waktu tidur tetap teratur selama bepergian

Bermain saat berlibur dapat membuat jam tidur malam Si Kecil menjadi mundur. Belum lagi, kemungkinan ia menjadi lebih jarang tidur siang karena berada di perjalanan atau asyik bermain dengan anak-anak seusianya. Akibatnya, jam tidur akan berkurang dan Si Kecil menjadi lebih rentan sakit. 

Bila tidak bisa tidur siang, usahakan Si Kecil untuk tidur lebih awal di malam hari. Pada dasarnya, anak-anak, terutama yang masih balita membutuhkan waktu tidur sekitar 10-12 jam per hari.


No comments

Comunities

Blogger Perempuan