Wisata perkebunan Teh Jamus Ngawi

 


Wisata perkebunan teh Jamus jawabannya kalau kalian ingin berlibur ke tempat yang membuat fresh isi hati yang sedang gundah gulana. Tentu saja di masa pandemi begini pergi ke perkebunan teh Jamuspun masih sangat friendly karena luasnya perkebunan social distancingpun sangat mudah diterapkan.


Suasananya beneran enak banget, sejuk meskipun jam 12 siang saat sedang cetar panasnya namun masih terasa sangat sejuk, apalagi angin yang semilir membuat kita enggan pulang dari sana.


Justru biasanya dibawah jam delapan pagi ataupun menjelang jam lima sore udara sudah Kembali dingin menusuk tulang. Jadi buat kamu yang ingin meluangkan waktu pergi berwisata mengunjungi perkebunan teh Jamus wajib banget membawa jaket dengan bahan yang hangat.

 

Topografi Candi Borobudur 



Perkebunan teh Jamus ini memiliki topografi yang sangat unik, yaitu hampir sama persis dengan candi Borobudur. Salah satu dari keajaiban dunia. Sudah pasti hal ini membuat perkebunan teh jamus menjadi salah satu tempat wisata yang hits di Ngawi.


Terlebih sekarang sudah ada beberapa spot foto yang sangat instagramable. Membuat banyak wisatawan lokal maupun dari luar daerah banyak yang berkunjung ke tempat ini.


Dengan luas perkebunan 478 hektar, tentu saja sangat luas sekali. Kalau dulu boleh membawa sepeda motor ke Kawasan perkebunan atas namun sekarang tidak boleh.


Kalau ingin mengelilingi perkebunan tentu saja dengan berjalan kaki. Siapkan sepatu olahraga yang sangat bersahabat dengan kaki. Jangan sampai hanya karena ingin mengejar tampil cantik, anggun dan modis tapi jadi kelelahan karena pakai high heels


kolam Renang Kebun Teh Jamus


Kolam renang di perkebunan teh jamus ini benar-benar membuat nyali kita sedikit terpacu. Dinginnya cuaca disana membuat air di kolam renang laksana air es.  Gimana? Berani  menerima tantangan berenang di kolam air es? Kalau saya jujur nggak, palingan masuk ke dalam kolam buat main-main saja.

Tentu saja, meskipun tidak berenang tidak ada salahnya masuk ke dalam kolam renangnya karena berenang ataupun tidak berenang harga tiket masuknya tetap sama. Jadi pastikan membawa baju ganti, handuk serta jaket ya. Karena sehabis bermain air pasti menggigil.

 

Teh Putih / White Tea



Bicara soal teh pasti banyak orang yang sangat familiar dengan teh hitam maupun teh hijau. Tapi bagaimana dengan teh putih? Ada yang tahu? Di perkebunan teh Jamus ini ada berbagai macam daun teh yang dihasilkan dari pohon teh yang sebagian bahkan berusia lebih dari 100 tahun.


Tetapi, ada salah satu jenis daun teh produksi dari perkebunan teh Jamus yang harganya mencapai dua juta rupiah per kg. Bahkan ada yang mencapai lima juta rupiah per kg tergantung dengan kwalitas daun  tehnya sendiri.


Daun teh tersebut adalah daun teh putih atau white tea. Yang dikenal akan manfaat serta memiliki rasa dan aroma yang unik. Teh putih ini berasal dari tanaman Camellia Sinesis. Yang diambil dari daun teh yang masih muda dengan metode proses yang berbeda.


Teh putih mengandung antioksidan yang lebih tinggi daripada teh hijau. Dengan kandungan antioksidan yang cukup banyak ini membuat teh jenis ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.


Manfaat utama dari teh putih ini adalah mencegah obesitas, melindungi kulit dari sinar ultraviolet, mengurangi risiko gangguan jantung, memerangi kuman dan mencegah infeksi, melindungi gigi dari bakteri, dll.


Teh putih ini harga perkilonya memang mahal. Tapi banyak penjual yang menjual dengan ukuran bungkus kecil.  Sachet kemasan kecil dengan berat kurang lebih 5 gram biasanya dihargai Rp 20.000


Cara penyajian teh putih ini pun berbeda dengan teh lainnya. Ambil 20 sampai 30 butir teh putih dan masukkan ke dalam gelas. Tuangkan air panas 80 derajat Celsius sebanyak 200 ml. Diamkan selama sekitar 5 menit. Pisahkan ampasnya. Hirup uap seduhan sepuasnya dan kemudian minum teh putih dalam keadaan hangat.


Teh putih ini dapat diseduh ulang tiga sampai empat kali. Untuk seduhan terakhir memerlukan waktu rendam lebih lama yaitu 10 menit. Oh ya, minum teh putih ini biasa tanpa menambahkan gula di dalamnya. Cukup teh dan air panas saja.

 

Pusat Oleh Oleh 


Berkunjung ke suatu daerah sudah pasti kita pulang harus membawa oleh-oleh. Begitu juga dengan ketika berkunjung ke kawasan wisata Kebun Teh Jamus sudah pasti kita harus membawa oleh-oleh pulang buat saudara kita yang menanti kita di rumah bukan?


Tapi don’t worry, sebagai pengunjung kita tidak perlu bersusah payah mencari oleh-oleh. Beberapa toko oleh-oleh maupun stand banyak berjejer kawasan bawah di dekat kita memarkirkan kendaraan bermotor ataupun di sepanjang stand wisata kuliner. 


Mereka kebanyakan menjual beraneka ragam hasil teh dari perkebunan Jamus. Ada teh putih, teh hijau, teh hitam, benalu teh, madu murni, dan aneka produk lain yang terbuat dari daun teh. Ada juga bermacam oleh-oleh camilan kering hasil olahan warga di sekitar perkebunan teh Jamus.


Wisata Kuliner Perkebunan Teh Jamus


Udara dingin, capek berenang, berjalan berkeliling sepanjang track perkebunan teh Jamus ataupun bermain wahana flying fox tentu membuat perut kita menjadi lapar sekali bukan? Tenang ada beberapa stand kuliner yang siap menghangatkan kita dengan berbagai olahan khas.


Ada bakso, mie ayam, indomie goreng ataupun indomie telur rebus, aneka gorengan, mendoan ataupun seduhan teh yang sangat khas. Percayalah, suasana dingin, perut keroncongan membuat semua kuliner yang ada di perkebunan Teh Jamus menjadi luar biasa nikmatnya.


Biasanya wisata kuliner di perkebunan teh Jamus ini lebih lengkap kalau kita datang di hari sabtu dan minggu. Sementara dihari senin-jum’at ada yang buka tapi tidak semuanya.


Harga Tiket Masuk Wisata Perkebunan Teh Jamus


Harga tiket masuk : Rp 8.000

Parkir : Rp 2.000 – Rp 5.000

Alamat : Desa Girikerto, kecamatan Sine, Ngawi – Jatim. Kalau masuk dari jalan raya Sine, pertigaan ada tanda masuk ke perkebunan teh Jamus langsung masuk lurus, jangan belok-belok.  Rutenya paling gampang dicari karena lurus.

Jam Buka :  08.00 am – 17.00 (buka setiap hari)

Mau pulang sampai malam juga nggak apa-apa sih, tapi memangnya nggak serem gitu di perkebunan tea wkwkwk. Karena biasa lampu hanya menyala di jalanan raya saja.  Oh ya, perkebunan Teh Jamus ini aman ya, karena berdekatan banget dengan perumahan warga sekitar.

Tapi memang tidak ada penginapan/ hotel di sekitar perkebunan teh nya, adanya penginapan tapi di desa Ngrambe. Cukup lumayan jauh jaraknya dari perkebunan teh.


Penutup 


Sekian informasi tentang wisata perkebunan Teh Jamus, semoga bisa menjadi inspirasi wisata murah meriah bersama keluarga namun menyenangkan ya. 


Bila kalian ingin menikmati Wisata ke Dieng, bisa banget nih intip artikel yang ditulis kak Deris di Blognya yang cantik.


Okey, see you in my next artikel.. bye

 

10 comments

  1. wehhh jalan-jalannya jauh ya ke kebun teh Jamus Ngawi, tapi memang sih wisata kebun teh bikin sejuk mata ya, aku biasanya sih kalau mau ke kebun teh ke Bandung aja enak.

    ReplyDelete
  2. Huhuhu.. Jadi mupeng aku ke kebun tehnya, keliatan asri banget. Dari ceritanya aja udah bisa ngebayangin sprti apa rasanya. Apalagi langsung ke tkp ya. Btw thanks informasinya mbak cantik 😉

    ReplyDelete
  3. Kebun tehnya bikin mata seger. Kayanya enak nih ya refreshing ke sana. Mana murah lagi tiket masuknya. Kudu langsung diagendakan ini mah. Biar nda suntuk hehe

    ReplyDelete
  4. Pernah sekali lewat Ngawi dan lihat kebun teh tapi lupa deh apa namanya.. pasti cuaca di Ngawi masih adem banget ya mbak buktinya teh bisa tumbuh segar gitu,,..duh jadi mupeng pengen piknik ke Ngawi

    ReplyDelete
  5. Belum pernah ke Ngawi tetapi dengar sih tempatnya sejuk, duh jadi pengen ke sana khususnya perkebunan tehnya, keren ya view dan meskipun jam 12 tetap dingin, auto pengen kesana

    ReplyDelete
  6. Aduh, blogku dibilang cantik. Aku tersanjung 😅 tapi, cantikan tulisan ini, bikin aku pengen ke perkebunan teh dan merasakan minum teh putihnya. Pasti sejuk dan menenangkan ya.

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen ke sini juga ajak keluarga, pasti seru banget nih mbak. Tempatnya asik, tapi kl malem2 tetap merasa serem sih mbak, kl rame2 kayaknya gak berasa seremnya 😁

    ReplyDelete
  8. Baru denger aku mbak, ada yg namanya teh putih. Biasanya kan teh hijau ya mbak utk kesehatan. Coba ah aku searching ada ga yg jual online. Btw pemandangannya cantik banget mbak dan pasti bikin fresh kalai habis berlibur ke sana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak... Aku jadi penasaran gimana caranya daun teh yang hijau itu jadi putih? Apa sebutannya aja yang pitih, aslinya kaya teh biasa? Jadi searching juga deh aku.

      Delete
  9. Hi Mbak Aisyah,

    kalau si teh putih ini berarti yang dijual dalam ukuran sachet berupa butiran ya? Wah unik banget ya. nanti meluruh gitu mbak kalau diseduh air panas?

    5 gram itu kira kira berapa butir totalnya?

    ReplyDelete