Overweight ? Atasi Dengan Diet Makanan Sehat

 

Diet makanan sehat


Pernah baca kalimat “Diet Always Starting Tommorow?” yups kalimat itu juga dulunya selalu aku pakai. Hihihihi. 


Cita-citanya sih punya berat badan ideal dalam waktu satu bulan, eh tapi yang ada dalam satu bulan berat badannya malah nambah 2 kg. 


Strees lalu, menyalahkan keadaan. Trus berasumsi kalau metode dietnya tidak cocok. Xixixiixi anda tidak sendiri kog. Sini-sini-sini aku temani. Mulai dari diet ocd, debm, diet keto, dan diet food combining perasaan tidak ada yang berhasil. 


Padahal ya bukan salah dietnya. Yang salah karena sebagai pelaku diet aku tidak bisa benar-benar melakukan sesuai jutlak yang berlaku. Misalnya pas pagi hari harusnya hanya sarapan buah eh aku malah sarapan nasi uduk terus karena perut merasa begah jadi nambah buah. Terus tetiba mengklaim diet itu tidak cocok, ops.


Kenapa Harus Diet?


Kalian tahu tidak kalau Diet berasal dari kata Yunani yang berarti cara hidup. Tapi di Indonesia diet sendiri dapat diartikan sebagai pengaturan pola makan, jumlah porsi makan, ukuran makan dll. Intinya yang mengacu segala pola makan demi Kesehatan, ukuran badan dan berat badan dinamakan Diet.


Kalau ditanya kenapa harus diet, pasti sebagai cewek karena demi memiliki tubuh yang ideal bukan? Sebel aja kan kalau pas mau belanja baju, eh belum juga cobain baru pegang hanger bajunya trus mbak-mbak penjaga tokonya bilang kalau nggak ada ukuran besarnya, atau komentarnya yang rada nyelekit, duh kayaknya nggak muat deh mbak ukuran bajunya.


Hihihi asli gondok banget kan? curcol deh aku jadinya.


Atau misal pas waktu reunian dengan teman satu group dulu ada aja teman yang masih langsing meski anaknya sudah 3. Pasti iri kan? Soalnya yang langsing gitu biasanya ditambahin dengan wajahnya yang super glowing dan cantik. Sementara kita sudah badannya besar, jerawatan, item lagi. Duh komplit banget sih penderitaannya.


Misteri Penyebab Overweight


Eits, tapi sebelum rasa iri ini semakin berkembang. Coba deh cek diri pakai kaca yang besar. Ingat-ingat lagi apa nih yang membuat badan kita semakin membesar. Jangan-jangan selama ini memang kalori yang masuk ke dalam tubuh kita begitu berlebih. 


Aktifitas sehari-hari kita hanyalah berkutat di dapur, ruang makan dan kamar tidur. Alias makan, minum dan tidur. Kalau iya, buruan bikin jadwal yang terperinci dari jadwal makan, tidur dan juga olah raga agar semuanya menjadi seimbang.


Makan makanan yang terlalu manis, memasak dengan cara digoreng, makanan cepat saji,  makanan berlemak tinggi, minum minuman bersoda disinyalir menjadi penyebab tubuh kita menjadi overweight.


Penyakit Yang Diakibatkan Oleh Tubuh Overweight


1. Nggak percaya diri

Yang pertama sebelum berbagai penyakit kronis menyerang tentu saja tidak percaya diri menjadi momok utama para perempuan yang overweight. Pakai baju tidak bisa sembarangan karena rata-rata gamis yang cantik dan menarik hanya menyediakan ukuran free size, sementara diri sendiri memakai ukuran oversize.


Perut gendut hingga sering dikira sedang hamil 3-6 bulan juga menjadi rutinitas yang sangat menyebalkan ketika ketemu dengan teman maupun kenalan baru. 


2. Penyakit Jantung, Hipertensi, Diabetes melitus, Liver  Dan Stroke


Berbagai macam penyakit kronis yang hadir di tubuh kita terkadang masalah terbesarnya adalah karena penyakit diabetes melitus. Sementara penyakit diabetes sendiri disebabkan oleh gula darah yang sangat menumpuk di dalam tubuh. 


Kebayang kan kalau kadang kita makan mie ditambahin nasi putih lalu minumnya es teh manis, entah berapa kalori yang kita masukan ke dalam tubuh.


Andai saja mau berganti nasi putih lalu lauknya tempe tahu serta ditambah dengan berbagai sayuran segar dan  minumnya cukup dengan air putih hangat atau teh hangat tanpa gula tentu keadaan akan perlahan berubah kearah baik.


Saatnya Mencoba Diet Dengan Makanan Sehat


Kalau baju dirasa sudah mulai sesak, badan terasa berat, nafas terasa ngos-ngosan ketika menaiki tangga,muka mulai tumbuh jerawat dan tidak glowing lagi, maka bisa jadi menjadi indikasi agar kita segera untuk diet. Jaga keseimbangan Kesehatan tubuh kita dengan cara diet yang membuat berat badan kita menjadi normal dan sehat.


Tanamkan kesadaran dalam diri kita bahwa tujuan utama diet adalah untuk Kesehatan. Yups Kesehatan merupakan salah satu faktor utama agar kita berusaha keras untuk diet. Untuk menjadi Muslimah yang baik kita memang harus banyak beribadah. Beribadah berarti kita melibatkan fisik. Sholat, ibadah haji dan umroh semua itu juga butuh fisik tubuh yang sehat.


Yuk Mulai Diet


Setelah pemaparan diatas mari segera kita mulai untuk diet. Secepat mungkin mencoba diet yang cocok dengan tubuh kita tentu semakin baik. Karena tidak semua diet cocok dengan kita bukan? Ada baiknya sebelum mencoba diet yang ekstrem coba dulu diet yang alami yang bisa kita lakukan di rumah dengan bahan-bahan sehat yang mudah kita dapatkan.


Ada buah-buahan yang kaya serat, vitamin, dan gizi yang seimbang juga ada sayur-sayuran Serta biji-bijian yang sangat banyak manfaatnya bagi tubuh kita.


Pengen hasilnya lebih nendang? Coba main-main ke blognya kak Renov yang keren banget membahas cara menurunkan berat badan dengan Jalan kaki, hihihi pasti pada kepo kan?


 

9 comments

  1. Beneran dehh kak, aku gak mau diet2 karena pernah melakukan diet gak makan nasi hanya makan buah, ambruk kak dan dimarahi sama dokter deh . Yang penting serba cukup aja , olahraga, pola makan cukup , pikiran juga harus dijaga .

    ReplyDelete
  2. Hahaha... Segala diet aku lakukan, hal hasil kapal oleng kapten 🤣🤣 Dan berakhir BB naik dong. Akhirnya pasrah, jadi diet ala aku tetep makan tapi dgn mengurangi porsi makan, dan kurangi cemilan itu aja sih 😁

    ReplyDelete
  3. Memang semua itu harus seimbang ya mbak.

    Kalau jaman remaja, timbangan susah naik. Eh semakin berumur angkanya gampang banget ke kanan di banding ke kiri. Betul banget seharusnya untuk diet itu lebih berpikirnya untuk sehat. Kalau timbangan ke kiri mah bonus .

    ReplyDelete
  4. Pernah pas jaman SMA diet ga makan nasi biar ga semakin berat badannya ehhh kliyengan ampe pingsan pas upacara ..sejak itu kapok deh ..emang gak boleh ya mbak sembarangan diet nih hrs konsultasi ama ahlinya

    ReplyDelete
  5. Aku pernah lho diet sistem OCD lalu ibuku bilang, kenapa ga puasa aja sekalian kalau ujung2nya ga makan apa apa. Jadi serba salah juga ya. diet harus tepat sasaran agar tidak makin membuat badan drop

    ReplyDelete
  6. Dulu saya pernah diet gak makan nasi, sebagai gantinya saya makan singkong, ubi yang direbus tetap makan sayur plus buah dan berolahraga alhasil turun bangetttttt, nah mau diet seperti itu susah soalnya lagi demen makan haha

    ReplyDelete
  7. Kalau aku kebalikan ini mbak. Gak gemuk-gemuk. Parahnya aku tipe orang yang sensian. Nah kalo udah bad mood rasa lapar hilang, atau makan dua sendok udah kenyang. Jadinya bb ku down terus.

    ReplyDelete
  8. Pastinya diet penting dengan makan makanan sehat biar gak sakit dan juga imbangi dengan olahraga.

    ReplyDelete
  9. Banyak orang yang salah dalam diet ya kak. Cuma ngurangin karbo doank.. kadang makannya gak bergizi. Akibatnya tubuh kehilangan berat badan ekstrim tapi gak sehat. Makin lemes kekurangan banyak nutrisi penting bagi tubuh.

    ReplyDelete