6 Kuliner Laris di Jawa Timur

6-kuliner-laris-jawa-timur



6 Kuliner Laris di Jawa Timur - siapa yang pernah mencoba kuliner laris yang ada di Jawa Timur? Kenapa saya sebut kuliner laris karena hampir semua orang yang datang ke Jawa Timur ingin sekali mencoba penganan tersebut.


Jawa Timur yang terkenal dengan banyak rekomendasi kuliner sebut saja lontong balap, rujak cingur, nasi pecel dan berbagai makanan lainnya memiliki ciri khas diantaranya bumbu petis, pecel dan kikil yang menjadi pelengkap hidangan. Selain itu ciri khas penyetan juga menjadi kuliner di Jawa Timur yang banyak dicari oleh orang-orang.


Mungkin kuliner khas Jawa Timur banyak diadaptasi di kota-kota lain namun tentu saja kadang masyarakat ingin mencicipi di kota asalnya sehingga walau kita bisa saja menemui kuliner Jawa Timur di luar provinsi tersebut namun akan berbeda auranya, hehehe.


Temanku pernah bercerita jika dia pulang ke Jawa Timur untuk liburan selalu menyempatkan diri untuk bisa makan di Sate Klopo Ondomohen karena menurutnya sate klopo terenak ya ada di Surabaya. Meskipun di kota-kota lain banyak orang menjual sate klopo namun cita rasanya tak dapat disamakan dengan pionirnya.


Kuliner laris yang akan saya ulas berikut bisa dikatakan terletak di bangunan yang sederhana dan jauh dari kesan mewah namun justru menarik minat banyak orang untuk datang membeli. Sebagian ada yang lebih suka makan di tempat namun ada pula yang lebih memilih untuk dibawa pulang. Jika ada yang makan di tempat biasanya karena ingin menikmati suasana yang mendukung seperti di salah satu taman yang ada di Kota Pahlawan yaitu Surabaya.


Bagi kalian yang ingin travelling ke Jawa Timur, berikut kuliner laris di Jawa Timur yang hampir diburu sebagian masyarakat jika sedang berlibur kesana:


  1. Bebek Sinjay Madura

Bebek Sinjay berlokasi di Bangkalan, Pulau Madura. Sebenarnya Bangkalan merupakan pusat dari lahirnya kuliner Bebek Sinjay namun seiring berkembangnya waktu dimana hampir sebagian besar warga Surabaya sangat menyukai kuliner ini akhirnya di beberapa sudut kota Surabaya banyak bertebaran depot Bebek Sinjay.


Bebek Sinjay ini sebenarnya penampakannya sama seperti nasi bebek lainnya yang mungkin banyak dijual di sudut kota. Namun beberapa orang menganggap bebek Sinjay rasanya gurih yang diakibatkan proses masak membuat bumbu makin meresap. Serundeng yang ditaburi di atas bebek makin menambah nikmat selera makan.


Ketika awal-awal Bebek Sinjay buka, para pembeli harus rela berdesakan untuk antri demi bisa makan kuliner fenomenal itu. Namun jika sekarang kalian ingin membelinya maka tidak perlu kuatir harus antri karena di Surabaya sudah ada beberapa cabang yang buka seperti di daerah Dharmahusada, Kertajaya, dan Rungkut Madya.


Alamat Bebek Sinjay Bangkalan:

Jl. Raya Ketengan No. 45 Kabupaten Bangkalan Madura

  1. Rawon Kalkulator

Kok bisa sih dinamakan Rawon Kalkulator? Karena Bapak si penjual rawon selalu menghitung total hidangan yang dipesan dengan menggunakan kalkulator. Tidak tanggung-tanggung, cara menghitung si Bapak dengan kalkulator sangatlah cepat.

Rawon sendiri merupakan hidangan yang berisi potongan daging sapi dengan kuah hitam pekat yang dilengkapi dengan kecambah dan bawang goreng. Kalau kalian senang kerupuk bisa menambahkannya agar lebih terasa sensasi kriuk-kriuknya, hehehe.

Karena Rawon Kalkulator berada di Taman Bungkul maka seringkali dijadikan rujukan bagi keluarga yang ingin berkuliner sambil membawa anak-anak bermain di taman. Taman yang berada di pinggir jalan Raya Darmo ini sangat ramai dikunjungi oleh warga Surabaya khususnya di hari Minggu saat Car Free Day.


Sayang Sekali di saat pandemi Taman Bungkul harus ditutup sementara sampai waktu yang tak bisa ditentukan. Namun Rawon kalkulator dan deretan pedagang kuliner lainnya tetap bisa berjualan di Sentra PKL tersebut.

Alamat Rawon Kalkulator

Taman Bungkul

Jl. Raya Darmo Surabaya

(Salah satu stand Pedagang Kaki Lima)

  1. Kepiting Cak Gundul

Sedikit ke luar kota Surabaya tepatnya di kota Pandaan ada kuliner berbahan seafood yaitu kepiting yang tak kalah ngehits dengan hidangan Jawa Timur lainnya. Namanya Kepiting Cak Gundul.


Sekarang kalian tidak perlu jauh-jauh jika ingin menyantap Kepiting Cak Gundul karena di daerah Kupang, Surabaya pun juga ada cabangnya. Kepiting Cak Gundul yang diyakini telah ada sejak tahun 1992 ini menjadi incaran kuliner warga luar Jawa Timur yang mengetahui salah satu kuliner tersohor ini.


Untuk kalian yang memang ada tujuan bepergian ke arah Malang, tidak ada salahnya mencoba kuliner yang satu ini khususnya untuk penggemar seafood pasti akan puas sekali makan kepiting.

Alamat Kepiting Cak Gundul

Jl. Raya Surabaya-Malang Km.48

Pandaan, Pasuruan Jawa Timur

  1. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Sate Klopo merupakan kuliner yang terbuat dari daging ayam atau sapi yang dilumuri serundeng atau kelapa kemudian ditusuk ke batang lidi dan dibakar diatas bara api. Setelah matang maka sate akan dicampur ke dalam bumbu sate.


Sebenarnya Ondomohen ini adalah nama wilayah atau jalan tempat sate itu dijual. Namun seiring Indonesia merdeka maka Ondomohen diganti dengan jalan Walikota Mustajab. Lokasi yang strategis dengan kantor Kotamadya Surabaya dan pusat kota membuat sate tersebut didatangi banyak pembeli.

Alamat Sate Klopo Ondomohen

Jl. Walikota Mustajab No. 36, Surabaya

  1. Sego Krawu Mbuk Su

Yuk, kali ini kita jalan-jalan ke kota Santri yaitu Gresik dimana terkenal dengan sego krawunya. Sego yang dalam bahasa Indonesia berarti nasi sehingga kalau diartikan maka artinya sego krawu adalah nasi krawu.


Nasi krawu sendiri merupakan nasi putih yang dibungkus daun pisang dengan lauk suwiran daging sapi. Seiring berkembangnya kuliner dan berusaha menjual dengan harga ekonomis, maka beberapa penjual nasi krawu mengganti daging sapi dengan ayam.


Sama halnya dengan Bebek Sinjay yang membuka cabang di Surabaya, maka Sego Krawu Mbuk Su juga membuka cabang di beberapa wilayah yang tersebar di Surabaya sehingga bagi wisatawan domestik yang kebetulan sedang travelling ke Jawa Timur namun belum sempat ke Gresik maka bisa mencicipi nasi krawu di Surabaya saja.

Alamat Sego Krawu Mbuk Su

Jl. Raden Santri No. 19

Gresik

  1. Sego Sambel Mak Yeye

Surabaya yang terkenal dengan penyetannya menghadirkan inovasi kuliner lagi yang sampai saat ini masih terkenal ramai di salah satu sudut kota Pahlawan ini.


Keunikan dari Sego Sambel Mak Yeye ini buka hanya malam hari saja sampai dini hari. Dan lahan parkirnya selalu ramai oleh mobil-mobil milik para pengunjung yang ingin menikmati sensasi pedasnya penyetan Mak Yeye.


Alamat Sego Sambel Mak Yeye

Jl. Jagir Wonokromo Wetan No. 10

Surabaya

Memang sebagian besar kuliner laris ini berada di Kota Surabaya dikarenakan Ibukota Jawa Timur ini mudah dijangkau oleh sebagian masyarakat yang sedang berplesiran di Jawa Timur. Walau sebenarnya wisata kuliner di beberapa kota di Jawa Timur pun tak kalah menariknya.

 

Kesimpulan

Demikian ulasan mengenai beberapa kuliner laris yang berada di Jawa Timur. Memang sebagian besar yang saya tulis adalah kuliner ngehits yang berada di kota Surabaya. Jika kalian punya tambahan referensi kuliner di kota lain masih di Provinsi Jawa Timur, yuk sharing di kolom komentar. Siapa tahu saja rekomendasi kalian bisa menambah daftar kuliner di Jawa Timur.

Bagi kalian yang ingin membaca blog gado-gado bisa mampir ke blog teman blogger saya dimana dia kebetulan warga Suroboyo lho rek!

10 comments

  1. Kuliner Jawa Timur baru rawon, bebek sinjay sama nasi goreng merah mbak yang pernah kucicipi betewe Sego Krawu menarik juga ya kaykanya enak tuh harus coba deh kalau ke Jawa Timur lagi

    ReplyDelete
  2. Aku pernah cicipin bebek sinjay, jauhnya euyyy , udah gitu antri tapi kok B aja ya rasanya, dan coba rawon setan namanya, bukan kalkulator wkwkwk, enak dagingnya wow mantap.Yang lain belum pernah coba.

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget sama penyetan di surabaya. SAmbalnya maknyus gitu. kayaknya ga bosen sama penyetannya mau makan 3x sehari ayo aja, hihihi

    ReplyDelete
  4. Wah, semua daftar yang di atas baru Sate Klopo yang sudah kucicipi. Penasaran banget sama bebek Sinjay. Sebagai pecinta bebek madura, pengen banget aku nyicipin langsung bebek Sinjay ini.

    ReplyDelete
  5. Wah saya belum pernah nyoba makanan ini waktu ke Jatim lho, jadi penasaran mau mencoba juga... Mungkin karena kuliner Jatim sangat banyak ya, jadi bingung sendiri mau makan apa hihi

    ReplyDelete
  6. Semuanya makanan kesukaan nih kak.
    Aku suka bebek. Pengen ngerasain bebek sinjay nih..
    Rawon pun suka Karena si kakak sering masakin. Hampir semua di Surabaya ya. Di list ah biar nanti satu persatu dikunjungi pas main ke Jatim

    ReplyDelete
  7. Semua kulinernya enak2 semua nih pastinya. Tapi btw, saya pernah makan rawon, yg ini namanya unik ya rawon kalkulator, jadi pengen nyobain deh semua kulinernya ini

    ReplyDelete
  8. Nama kulinernya unik2. Jadi pengen nyobain. Kalau rawon aku pernah nyoba, enak banget rasanya n seger.

    ReplyDelete
  9. Nama kulinernya unik-unik 😍 Tapi menggugah selera. Lah aku masa-masa ngidam ini, jadi kepengen ke Surabaya, nyicipin kulinernya yang menggiurkan. Piye jal? 😅

    ReplyDelete
  10. Saya baca ini di pagi hari, perut langsung nyanyi nyanyi sambil bayangin terutama saya pengen banget nyobain Sate Klopo. Penasaran gimana pakai serundeng, pastinya mantaps.

    Saya sendiri hanya beberapa kali saja mengunjungi Jawa Timur. Semoga suatu saat bisa mengunjungi tempat kuliner ini. Bookmarks ahhhh

    ReplyDelete