Mengenal Dessert dan Jenis-jenisnya, Dimakan Setelah Sajian Utama!


Ilustrasi dessert (theguardian.com)

 

Dalam dunia kuliner, pastinya kita sering mendengar istilah dessert.  Dessert merupakan makanan yang disajikan di akhir setelah menu sajian utama atau main course. Jenis makanan ini seringkali disebut juga sebagai makanan pencuci mulut.

Menu dessert yang disajikan di fine dining restaurant biasanya dibuat oleh chef pastry professional yang memang berfokus pada dunia bakery atau dessert di dunia kuliner.

Dessert biasanya berupa hidangan yang fresh, manis atau sedikit asam, dan biasanya memiliki warna yang mencolok agar dapat terlihat menarik. Sebenarnya, apa dessert? dan apa saja jenis-jenis dari dessert? Simak ulasan yang sudah kami rangkum dari sumber artikel Indozone.


Apa Itu Dessert?


Ilustrasi dessert (foodnetwork.com)


Setiap restoran yang ada di dunia biasanya menyajikan satu set menu hidangan mereka terbagi dalam 3 jenis, yang pertama appetizer, kemudian main course, dan terakhir adalah dessert.

Dessert atau makanan penutup adalah menu hidangan yang disajikan di paling akhir dalam satu set susunan menu yang berfungsi sebagai makanan pencuci mulut yang mana untuk menghilangkan kesan dari rasa hidangan terdahulu.

Kata dessert muncul pada abad ke 17 yang berasal dari bahasa Perancis, “desservir”, yang artinya membersihkan meja. Karena pada saat itu, serbet dan sarung meja harus diganti sebelum hidangan terakhir disajikan, yang mana hidangannya berupa buah-buahan.

Awalnya, hidangan dessert hanya berupa buah-buahan segar yang langsung disajikan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan ilmu kuliner, semakin banyak variasi menu dessert seperti pie, cake, ice cream, dan lain-lain.


Jenis-Jenis Dessert

1.Hot Dessert

Ilustrasi pancake (inspiredtaste.com)


Hot dessert adalah salah satu jenis dessert yang disajikan dalam kondisi panas atau hangat. Biasanya, dessert ini memiliki rentang suhu mencapai 40 sampai 50 derajat celsius.

Beberapa menu hot dessert yang biasa dibuat adalah pie, pancake, crepes, churro atau makanan manis yang terbuat dari telur serta bahan-bahan lain yang dipanggang. Adapun hidangan penutup hangat yang berkuah adalah kolak.

 

2. Cold Dessert

Ilustrasi cold dessert (wikihow.com)

 

Cold dessert adalah makanan pencuci mulut yang dihidangkan dalam kondisi suhu dingin atau kisaran suhu 10 sampai 15 derajat celcius. Karna hidangan ini disantap dalam keadaan dingin, hidangan ini cocok untuk menyegarkan mulut setelah memakan makanan yang panas atau pedas.

Contoh dari hidangan cold dessert adalah custard, jelly, pudding, aneka buah-buahan atau salad buah, dan masih banyak lagi.

 

3. Frozen Dessert

Ilustrasi frozen dessert (woolworths.com)

Frozen dessert adalah salah satu jenis menu dessert yang disajikan dalam keadaan beku. Karena dessert ini disajikan dalam kondisi beku atau dingin, hidangan ini sangat cocok untuk menyegarkan mulut.

Contoh dari hidangan frozen dessert adalah es krim, sorbet, atau smoothie yang biasa dibuat menggunakan beragam macam variasi buah-buahan.

Itulah penjelasan mengenai dessert dan beberapa jenis dessert yang dapat kamu pilih sebagai hidangan penutup setelah memakan hidangan utama.

No comments

Comunities

Blogger Perempuan