Wisata Monumen Kapal Selam Surabaya

 


Monumen Kapal Selam atau yang biasa disingkat dengan Monkasel.  Berlokasi di tepi Kali Mas, di pusat kota Surabaya. Letaknya tepat berada di sebelah Plaza Surabaya yaitu berada di Jalan Pemuda No 39, Surabaya, Jawa Timur.

 

Sebagai pecinta wisata museum, tentu saja saya dan suami tidak melewatkan wisata yang satu ini ketika berkunjung ke kota Surabaya. Terlebih saat itu kami memang sedang menginap di hotel Lifestyle yang mana letaknya sangat dekat sekali dengan monumen kapal Selam.

 

Setelah Check In di hotel, kami segera keluar kamar untuk mencari makan siang di Plaza Surabaya. Setelah kenyang makan, keliling sebentar plaza lalu dilanjutkan berwisata di monumen kapal selam yang memang sudah menjadi tujuan awal kami disana.

 

Sejarah Monumen Kapal Selam 



 

Monumen kapal selam ini diresmikan pada tanggal 17 Juni 1998 oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Arief Kushariadi. Monumen Kapal Selam (Monkasel) merupakan sebuah Monumen Kapal Selam terbesar di kawasan Asia. Bedanya dengan monument atau museum yang lain adalah monument ini asli menggunakan kapal selam yaitu KRI Pasopati 410 dari Satuan Kapal Selam Armada RI Kawasan Timur (Satselarmatim).

 

Kapal selam ini merupakan satu diantara armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet pada tahun 1952 dengan type Whiskey Class. Kapal ini sempat turut bertindak dalam Pertempuran Laut Aru mengenai Irian Barat dengan Belanda.

Pemindahan kapal ini ke Surabaya ternyata bukan perkara mudah. KRI Pasopati harus dipotong menjadi 16 bagian dan selanjutnya dibawa ke area Monkasel kemudian dirakit kembali menjadi sebuah monumen.

 

Di dalam kapal selam ini terbagi menjadi 7 ruangan diantaranya: Ruangan torpedo haluan yang di kompliti dengan 4 peluncur torpedo, Ruangan periskop yang berfunsi jadi Pusat Info tempur, Ruangan Tinggal Perwira, Ruangan ABK (Anak Buah Kapal), Ruangan torpedo buritan, Ruangan listrik dan Ruangan diesel.

 


Syarat kunjungan ke Monkasel:  

1. Sudah vaksin minimal dosis 1.

2. Sebelum masuk ke area, wajib scan QR Code di aplikasi PeduliLindungi.

3. Menggunakan masker.

4. Anak usia 12 tahun ke bawah boleh berkunjung jika pendamping sudah vaksin.

Jam Buka Monumen Kapal Selam Surabaya

Objek wisata Monumen kapal Selam dibuka untuk umum setiap harinya. Biasanya pada hari senin-jumat : buka mulai jam 08.00 sampai jam 20.00 WIB. Dengan jam operasional yang panjang, kita sebagai pengunjung dapat menikmati objek wisata ini dari pagi hingga malam.

Di Monumen Kapal Selam juga terdapat berbagai fasilitas, antara lain, kita bisa menonton film di Video Rama yang menyajikan sejarah kapal selam di Indonesia, dan ditayangkan setiap satu jam sekali ataupun menikmati sajian musik di panggung terbuka pada hari sabtu dan minggu.

 

Sedangkan di pinggir Kali Mas yang juga masih di dalam area monumen kita bisa berolahraga di jogging track yang disediakan selain itu terdapat pula kios makanan yang menyediakan berbagai macam masakan. Ada pula taman bermain buat anak-anak menikmati sore hari yang membahagiakan bersama keluarga.

Kesan selama berkunjung ke Monumen Kapal Selam.


Untuk masuk ke dalam Monumen Kapal Selam. Kita harus membayar tiket sebesar Rp 15.000 per orang. Sangat terjangkau oleh masyarakat menurutku karena di monumen kapal selam ini sangat banyak sekali pengetahuan yang didapat baik anak-anak maupun kita sebagai orang dewasa.

Sebelum masuk ke dalam monument kapal selam, kami  disambut oleh mbak-mbak pemandu wisata ramah yang menggunakan seragam pelayar putih biru. Tetapi jangan salah, seragam ini biasa hanya digunakan pada hari Selasa, Rabu dan Sabtu.

yang harus dilakukan sebelum berkunjung ke dalam Monumen Kapal Selam adalah mengisi perut dengan tingkat kekenyangan yang sedang. Lalu minum, bawa botol kecil air mineral masih oke, asal tidak es yang takutnya akan tumpah dan membuat keadaan menjadi basah. Karena, walaupun hanya mengelilingi kapal selam, bagi yang tak terbiasa berjalan kaki akan terasa lumayan lelah.

Apakah nanti kalau berkunjung ke kota Surabaya akan berkunjung lagi ke monumen kapal selam? Sudah pasti jawaban saya iya. Mungkin akan ditambahi dengan wisata menarik yang direkomendasikan salah satu kakak lifestyle blogger cantik ini.

 

 

No comments

Comunities

Blogger Perempuan