Bermain Game Untuk Menghilangkan Stress Dan Edukasi Anak

16 comments



Bermain game kerap kali dipandang sebagai sesuatu hal yang negatif oleh sebagian orang. Alasannya, banyak yang menganggap tidak bermanfaat dan juga terdapat berbagai mitos seputar game. Contohnya dengan bermain game bisa merusak otak, mengurangi kecerdasan, dan sebagainya.

 

Memang benar, ada sisi negatif dari bermain game yang dapat merubah orang jika dilakukan secara berlebihan. Misalnya, timbul sifat apatis, dan secara sosial tertutup. Namun, jika bermain game secukupnya dan proporsional, maka bisa memberikan manfaat positif.

 

Bagi anak-anak, di masa pandemic seperti saat sekarang ini aktivitas keluar rumah mungkin banyak yang dibatasi. Terkadang, dengan bermain game di Plays.org menjadi salah satu solusi yang bisa menghabiskan waktu sekaligus memberikan edukasi. Tentu jika bermain game yang sesuai dengan umur mereka.

 

Manfaat Bermain Game Untuk Anak




Ada beberapa manfaat positif dari bermain game, bagi anak-anak khususnya, dan orang dewasa pada umumnya. Berikut ini sejumlah manfaat positif tersebut:

 

      Bisa Mengasah Otak

 

Dengan bermain game, bisa mengasah otak anda. Saat memainkannya, memerlukan logika dan strategi dalam menyelesaikan misi atau level. Skill yang ditingkatkan pada setiap permainan juga bisa membuat anda terbiasa mengambil keputusan ketika harus mengambil pilihan sulit di kehidupan nyata.

 

      Mengembangkan Otak Kanan

 

Otak kanan akan mengatur bagaimana inovasi kreativitas, gambaran dan lain-lain. Kemampuan otak kanan semakin dapat ditingkatkan saat bermain game. Kemampuan dalam menyusun strategi serta penggambaran akan semakin terlatih.

 

Bayangkan, jika diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Anak dapat melahirkan ide-ide yang brilian dan berbeda karena mereka yang tidak bermain game, cenderung berpikir teoritis dan monoton.

 

      Bisa Menghilangkan Stress

 

Tujuan utama dari bermain game tentunya untuk mengurangi stres setelah menjalani aktivitas sehari-hari yang melelahkan. Anak akan lebih merasa senang dan otak bisa mendapatkan rangsangan baru sehingga bisa kembali menjadi segar.

 

      Mampu Melatih Kerjasama Tim

 

Jenis permainan multiplayer akan mengharuskan kerjasama tim. Kerjasama tersebut tidak hanya dilatih ketika sekolah, namun juga dapat dirangsang ketika bermain game. Permainan akan semakin seru jika dinikmati bersama teman maupun keluarga.

 

      Melatih Kemampuan Bahasa

 

Setiap permainan akan mempunyai jalan cerita berbeda-beda. Pada setiap game yang dimainkan, akan ada banyak dialog, pernyataan serta keterangan yang memakai bahasa Inggris.

 

Permainan dapat menjadi alternatif untuk melatih kemampuan bahasa Inggris. Alasannya, anda harus mencari tahu setiap keterangan serta cerita yang terungkap di dalam game. Dengan demikian, kemampuan linguistik anak akan semakin meningkat.

 

      Melatih Kesabaran

 

Hal inilah yang menjadi penting dalam permainan. Kesulitan serta level yang semakin meningkat akan semakin mengasah kesabaran. Jika anak sudah lelah, akan lebih baik berhenti bermain dahulu. Karena jika terus memaksakan bermain,  kesabaran habis dan tidak menarik lagi.

 

      Bisa Menghasilkan Uang

 

Dengan bermain game, juga dapat menghasilkan uang, misalnya dengan mengikuti kompetisi maupun jadi streamer. Bahkan, banyak sekali streamer anak yang bermain game dan disiarkan di berbagai media sosial seperti Facebook atau Instagram. Berbagai kompetisi juga kerap kali menawarkan hadiah besar.

 

      Memperbaiki Mental

 

Dengan semakin banyaknya permainan yang anda lakukan, tanpa disadari juga akan membuat mental lebih baik lagi. Anak seperti ikut terapi mental yang membuat semakin kuat. Anak akan menjadi pribadi yang mampu menyelesaikan masalah dengan santai. Hal tersebut terlatih dari game yang dimainkan.

 

Rekomendasi Game Edukatif Dan Bagus Untuk Anak di Plays.org


 

Jika anda mencari tempat game edukatif untuk anak, situs yang direkomendasikan adalah Plays.org. ada ribuan permainan bagus di dalamnya dan para orang tua bisa memilih mana yang cocok dan bermanfaat untuk anak mereka.

 

Berbagai genre permainan edukasi tersedia mulai dari alfabet, geometric, matematika, instrumen musik, literasi keuangan, dan sebagainya. Berikut ini beberapa contoh permainan edukatif di Plays.org yang cocok dimainkan bagi anak-anak usia prasekolah hingga awal sekolah.

 

      Alphabet Bubble Letter Match



Jika ingin belajar bahasa Inggris sambil bermain, game ini salah satu yang direkomendasikan. Game ini cukup mudah dimainkan. Targetnya yaitu menyamakan huruf yang terdapat di gelembung dengan yang ada di kotak harta karun.

 

Tidak hanya harus menyamakan hurufnya saja, anak juga harus bisa mengira supaya bisa meletuskan gelembung tepat di atas kotak. Tujuannya agar huruf bisa masuk ke dalam kotak. Jadi, koordinasi mata dan tangan juga dilatih dalam permainan ini.

 

      ABC Slider Puzzle


Permainan ini cocok untuk mengenalkan alfabet kepada anak. Terdapat dua macam huruf yang bisa dipilih, antara lain huruf kapital atau huruf kecil. Cara bermainnya cukup menantang.

 

Targetnya yaitu mengurutkan abjad dari huruf A sampai huruf Z. Cara memindahkan hurufnya yaitu dengan menggeserkan huruf ke bidang kotak kosong. Tidak ada batasan pergerakan sehingga anak bisa bebas menggeser kotak supaya bisa menempati posisi tepat.

 

      Balon Pop Subtraction

 


Topik pelajaran yang pasti ada di sekolah yaitu mengenai berhitung, baik itu menambah atau mengurangi. Di situs Plays.org permainan game matematika yang telah bagus adalah balloon pop subtraction.

 

Contohnya, untuk soal pengurangan. Akan ada lebah dan beberapa balon dan contoh soalnya 10 - 2. Maka, ada 10 balon dan harus memutuskan 2 balon untuk memperoleh jawabannya. Setelah diletuskan, maka jawabannya dapat diketahui dengan cara klik gambar check. Ada beberapa tingkatan yang bisa dimainkan dari mulai yang termudah sampai yang lebih sulit.

 

      Clear It Addition

 


Dalam permainan ini bagus untuk anak belajar mengenai penjumlahan. Cara permainannya yaitu dengan mencari deretan angka yang jumlahnya sesuai target.

 

Permainan ini selain bagus untuk belajar penjumlahan, juga melatih ketelitian anak. Mereka harus menelusuri deretan angka yang tersedia supaya bisa dijumlahkan sesuai dengan target. Dalam hal ini ada baiknya juga anak dibantu dengan benda konkret apalagi jika baru belajar. Dengan hanya membayangkan nya, mungkin anak akan kesulitan.

 

      Blast Off Numerical Order

 


Tujuan permainan ini adalah anak diharuskan mengurutkan angka. Mereka dapat memilih selisih angka yang akan diurutkan tersebut, misalnya 12345 dan 10. Jadi, bagus untuk anak yang baru mengenal urutan-urutan angka supaya tepat.

 

      Cute Shapes

 


Permainan lainnya bagus untuk memperkenalkan bentuk geometri yaitu Cute Shapes. Di sini, orang tua bisa mengenalkan berbagai bentuk geometri misalnya bintang, segitiga, lingkaran dan sebagainya. Selain memperkenalkan bentuk, ukuran dan warna juga diajarkan di dalamnya.

 

      Instrument For Kids

 


Sesuai dengan namanya, permainan ini sangat cocok untuk memperkenalkan berbagai alat musik. Namun memang, melalui simulasi di layar handphone. Ada beberapa pilihan alat musik yang dapat dimainkan mulai dari piano, xilofon, drum, serta lyra. Orang tua dapat menjelaskan Bagaimana cara memainkannya mulai dari piano yang ditekan, drum yang dipukul dengan stik drum, dan seterusnya.

 

Berbagai game edukasi di Plays.org di atas bisa dimainkan anak untuk menghilangkan stres serta memberikan edukasi kepada anak sambil bermain. Jadi, kemampuan mereka untuk menghitung, membaca, maupun mengenal warna serta geometri tetap terasah dengan baik. Hal inilah yang menjadi keunggulan dari berbagai game di Plays.org.

 


 

16 comments

  1. Meski judulnya bermain games, tapi ada banyak yang bisa dipelajari dari bermain yaah.. Terlebih saat usia anak-anak yang masih butuh banyak pengelolaan kecerdasan emosi.

    ReplyDelete
  2. Semua games nya bisa mengajar anak kreatif dan berpikir matematis ya. Ini bagus memang by untuk perkembangan daya pikir dan tumbuh kembang anak. Terimakasih informasi games nya...

    ReplyDelete
  3. Games di Plays.org ini banyak sekali dan kita bisa memilih mana game yg cocok dan baik untuk mengasah otak anak juga ya.. Saking banyaknya jadi bingung nih dengan game yg mau dimainkan..hihii,

    ReplyDelete
  4. Wah asyik juga nih mba gamenyaa buat anak2 juga yaa bisa sambil belajar jadinya mereka

    ReplyDelete
  5. Aku sama anak-anak juga main di plays.org ini. Ternyata emang banyak banget mainan yang bisa bantu mengasah otan dan meningkatkan kreativtas yah. Seru banget sambil tunggu berbuka,

    ReplyDelete
  6. Main game emang seru ya mbak
    Anak anak terhibur
    Saya juga memberikan anak anak waktu untuk main game saat istirahat dari waktu belajarnya

    ReplyDelete
  7. Anakku umur 8 dan 12 tahun, Mbak. Untuk umur segitu apa bisa juga di plays.org?

    ReplyDelete
  8. gamesnya edukatif ya, banyak hal yang bisa dipelajari melalui games ini

    ReplyDelete
  9. Aku juga sering main di plays org. Selain gamesnya banyak, tiap hari juga bakalan update games baru nggak bosen

    ReplyDelete
  10. Jangankan anak-anak, game inipun bisa buat usia seperti kita buat isi waktu luang 😂😂😂

    ReplyDelete
  11. Rekomendasi gamesnya aman nih. Terima kasih kak, bisa coba buat anakku nih

    ReplyDelete
  12. Games memang menyenangkan dan kalau kita bisa memilihkan buat anak-anak games yang tepat, banyak sekali manfaatnya.

    ReplyDelete
  13. Setuju mbak maen game itu juga ada sisi positifnya yaitu bisa melatih kesabaran dan pintar strategi apalagi main di plays org..hanya saja emang harus pintar bagi porsi waktu untuk main gamenya apalgi buat anak2

    ReplyDelete
  14. Games memang memberikan manfaat jika dimainkan sesuai dengan kebutuhan dan umur anak, ya, mba. Setuju. Apalagi klo kita kasih batasan waktu. Its sah2 aj main game. Thanks mba.

    ReplyDelete
  15. boleh dicoba nih berbagai game edukasi di Plays.org di supaya anak saya bisa menghilangkan stresnya, karena kadang padatnya jadwal belajar dan kegiatan lain dia butuh hal yg menyenangkan untuk rileks tapi tetap ada unsur edukasinya

    ReplyDelete
  16. Main game di plays.org asik juga ya. Banyak banget pula pilihan gamenya. Anak-anak pun suka. Bisa banget jadi pilihan ketika mengisi waktu luang anak...

    ReplyDelete