Taman 3 Generasi Balikpapan

14 comments

Taman 3 Generasi - Balikpapan- Foto pribadi

"Bakda Sholat Ashar main ke Taman 3 Generasi yuks?" Ajak suami sambil tersenyum. 


Meski senyumnya bikin melted hati tapi ajakannya itu tidak serta merta bikin saya antusias.


"Hah ngapain main ke taman tiga generasi? Panas, males ah"  Akhir-akhir ini jujur saya malees banget diajak jalan keluar karena nggak tahan dengan cuaca panasnya.


Balikpapan itu ya gini. Cuacanya suka panas banget. Kalau sudah gitu bikin males keluar rumah maunya di dalam kamar saja, buka ac trus ngedrakor. Please jangan ditiru ya, liburan unfaedah banget itu mah.


Lagian taman 3 Generasi lumayan jauh sih kalau dari rumah kami yang terletak di kebun sayur. Kurang lebih 30 menitan, duh kan males banget.


Tapi penolakan saya tak serta merta membuatnya mengurungkan niat. Sebagai istri yang setia, baik hati dan menuruti apa perkataan suami demi mendapatkan pahala dari Allah jadilah akhirnya ikut.


And here we are, Taman 3 Generasi Balikpapan.




Wow, saya takjub dan berdecak kagum saat langkah kaki saya memasuki taman 3 generasi. Eh kog indah sih, perasaan pas lewat beberapa kali biasa-biasa aja.


Curiga selama ini  saya selalu gagal fokus dengan kuliner yang berjajar di sepanjang taman ini Tanpa melirik isi taman di dalamnya.




"Apa kubilang, suka kan?" Tanya suami sambil memamerkan senyumnya.


"Eh iya, ya. Tahu gitu dari dulu main kesini. Cantik lho tamannya buat foto-foto" 


Saya yang memang doyan banget difoto tetiba seperti menemukan spot yang sayang buat dilewatkan. Bahkan sempat take beberapa video buat tiktok, mayanlah bisa buat nambah konten sosmed.




Hamparan aneka bunga-bunga cantik yang berwarna-warni serta tanaman hijau membuat segar mata.


Sepanjang mata memandang banyak sekali pepohonan rindang yang membuat terik sinar matahari tak lagi terasa


Letak Taman Tiga Generasi




Taman tiga generasi ini terletak di Jalan Ruhui Rahayu I Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Bisa dibilang sebenarnya letaknya sangat strategis karena letaknya juga beneran tepat di pinggir jalan.


Berbagai fasilitas public yang ada di taman tiga Generasi:


Bangku taman yang banyak




Seringkali yang membuat kita malas bermain ke taman kota adalah tidak memadainya bangku taman dengan jumlah pengunjungnya.


Tapi ini tidak berlaku di taman tiga generasi. Aneka bentuk bangku berbeda tersusun rapi disini. 




Hampir setiap ada pohon di bawahnya ada bangku yang cukup menampung 2-3 orang. Cukup lah ya untuk kita bercengkrama dengan keluarga di taman tiga generasi


Keteduhan dan suasana asri dari taman 3 generasi ini sangat menarik para pengunjung kota Balikpapan untuk sekedar melepas penat, bercengkrama, menikmati kuliner ataupun bersantai sejenak dari rutinitas hiruk pikuknya kota yang padat.


Taman 3 generasi ini mulai dibangun pada tahun 2013. Dan merupakan taman kota favorite yang dinikmati oleh masyarakat kota Balikpapan.


Tak jarang di hari-hari tertentu ada beberapa kelompok pengajian / taklim menggelar acaranya disini. Duduk santai lesehan sambil bawa tikar sendiri. Wisatanya dapat, ilmu agamanya pun bisa dibawa pulang.


Pustaka Baca, area Literasi bagi pengunjung yang sangat nyaman.




Selain ada tatanan bunga-bunga yang cantik, hal lain yang menarik dari Taman Tiga Generasi adalah falisitas yang sangat mengedukasi bagi para pengunjung yang datang.


Ya, fasilitas tersebut adalah Pustaka Baca. Pustaka Baca ini belum lama diresmikan Pemkot Balikpapan. Tapi antusias warga Balikpapan sangat bagus sekali untuk dunia literasi. 


Terbukti pustaka Baca taman 3 Generasi ini sangat rame sekali. Oh ya bangunan pustaka Baca ini dari Kontainer yang diwarnai dengan gambar dan cat yang sangat menarik minat masyarakat disana.


Adanya Pustaka Baca ini merupakan persembahan dari PT Sarana Multi Infrastruktur yang turut menggandeng kerja sama dengan Yayasan Inspirasi Anak Bangsa.



Jadi tunggu apalagi, bagi kalian yang hendak berkunjung ke Kota Balikpapan maka sempatkan waktu Anda untuk mengunjungi Taman Tiga Generasi ini, karena kalian tidak hanya sekadar menikmati susasana taman saja, melainkan bisa sembari membaca buku bacaan yang tersedia di Pustaka Baca. 


Pada akhir pekan, jangan heran jika taman ini jauh lebih ramai daripada hari-hari biasanya


Masyarakat kerap mengunjungi taman ini hanya untuk sekadar melepas penat dan bersantai sejenak dari padatnya rutinitas kota yang padat.


Bukan hanya itu, terdapat pula empat gazebo kayu berukuran sedang dan kursi-kursi taman di beberapa sudut yang untuk para pengunjung untuk menikmati kebersamaan sembari menikmati sejuknya taman.


Tak jauh dari gazebo, di taman ini juga turut menawarkan fasilitas alat olahraga yang dapat digunakan oleh masyarakat umum. Permainan anak-anak juga turut disediakan.


Kalau di Balikpapan ada Taman Tiga Generasi. Kalau di Jakarta Ada Taman Cattleya yang sangat menarik. Yuks silahkan bagi yang pengen tahu atau pengen tahu kepoin deh blog nya kakak Inna Blogger Betawi nan Baik hati ini. Pasti nggak akan pernah bosan membaca ulasan traveling disana.





14 comments

  1. wah keren ada pustaka baca, bisa untuk rekreasi pintar bersama anak-anak ya :D

    ReplyDelete
  2. Sudah jadi trend ya pembangunan Taman Tematik di perkotaan seperti ini..bagus jadinya ada fasum yang bisa dinikmati semua masyarakat dan yang pasti lingkungan sekitar jadi asri ya mbak

    ReplyDelete
  3. Bagus banget tamannya mbak, apalagi ada semacam perpustakaannya ya kalau ga salah. Kadang pergi ke taman saja sudah cukup menghilangkan kepenatan. D Surabaya aku paling seneng ke taman prestasi sih cuma lg pandami ditutup

    ReplyDelete
  4. Kelihatannya sepi dan tidak ada pengunjung ya Kak atau karena sedang corona kah jadi tidak banyak pengunjung yang datang.

    Wah suka banget ada perpustakaan di taman Tiga Generasi ini. Pas banget baca sambil duduk duduk di bangku.

    ReplyDelete
  5. Tempat bacanya asik juga ya. Deket taman. Bisa bikin momen membaca jadi menyenangkan dan bikin refresh juga

    ReplyDelete
  6. Whooaaa... Gileee.. Cakepnya kebangetan ini mbak. Bisa santai bareng kluarga, joging, apalagi bawa ank2 ke sini pasti senangnya bebas main lari2an, trus asri lagi.

    ReplyDelete
  7. Nama tamannya unik ya, tiga generasi tapi tempatnya terlihat asri dan menyenangkan

    ReplyDelete
  8. Nama taman yang keren banget ya 3 generasi jadi yang ngolah udah termasuk tiga generasi juga dan pastinya pergi ke taman itu adem apalagi bawa cemilan asalkan tetap menjaga kebersihan sih no worry iya

    ReplyDelete
  9. Wah udah ada pusataka baca di tamannya , pasti ramai yang baca sambil menghirup udara taman yang asri ya

    ReplyDelete
  10. Saya juga paling suka kegiatan jalan atau berolahraga di taman. Melihat yang hijau bisa membuat otak lebih fresh dan menurunkan juga tingkat stress

    ReplyDelete
  11. Wo ho... Bagus banget taman 3 generasi ini mbak. Alangkah asri dan bersih sekali. Pasti betah ngajak anak-ank main di sini. Unik banget itu tugu di tengah air itu. Batu itu kan ya. Estetik.

    ReplyDelete
  12. Tamannya rapi banget, liatnya aja udah berasa adem gitu. Jadi pengen kesana deh ajak keluarga juga, pasti seru banget

    ReplyDelete
  13. Keren ya sist tamannya dan merupakan liburan murah meriah juga

    ReplyDelete
  14. Ah senengnya bisa jalan jalan sekaligus refreshing ya mba. Ga perlu mahal untuk liburan sebentar

    ReplyDelete