Cara Merawat Kesehatan Bibir Agar Cantik

 


Cara merawat Bibir Cantik, Lembab dan Sehat yang Wajib Kita Tahu - Punya bibir yang cantik, lembab serta sehat siapa sih yang tidak mau?


Pasti idaman banget bagi para semua cewek ya, eh tak terkecuali buat para cowok dunk. Apalagi bagi sebagian orang yang biasa merokok ataupun meminum minuman yang banyak mengandung soda atau alkohol.


Sama banget dengan keadaan bibir saya yang saat ini sedang kusam, pecah-pecah, kering sehingga bikin agak ilfill nih. Tingkat kepedean langsung merosot drastis apabila sedang tidak memakai lipstik.


Padahal terlalu sering memakai lipstick juga membuat bibir menjadi kering apabila lipstiknya tidak mengandung moisturizer dan spf.  Bahkan di beberapa kasus ada juga lho yang membuat warna bibir kita menjadi menghitam apabila kita salah memilih lipstick.


So pastikan merawat bibir kalian ya agar tetap lembab, cantik, dan pink mempesona.

 

1. Perbanyak Minum Air Putih dan Vitamin C


Hampir sama deengan kulit tubuh, bibir yang kering terkadang menjadi tanda bahwa tubuh kita kekurangan air. Sehingga bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Selain minum air 2 liter sehari pastikan vitamin c di tubuh kita tercukupi, caranya dengan meminum aneka juice dari buah asli, vitamin c tablet, ataupun infused water.

 

2. Proteksi dari Teriknya Sinar Matahari


Sinar UV sungguh sangat jahat sekali bagi kulit tubuh kita, tak terkecuali bagi Kesehatan bibir kita. 


Jadi pastikan sebelum bepergian keluar ruangan oleskan dahulu lipstick dan lipsbalm yang mengandung anti tabir surya berSPF 15atau bahkan yang kandungan spfnya lebih tinggi.


Terlebih apabila bepergian di luar ruangan yang sangat terik, seperti di lapangan ataupun di pantai.

 

3. Proteksi bibir dari Suhu Cuaca Dingin


Tak hanya sinar matahari, cuaca dingin juga menjadi momok utama masalah bibir. Bibir kering dan pecah-pecah bahkan sampai mengeluarkan darah.  Karena kulit di sekitar bibir menjadi lebih rapuh rasanya pun terasa nyeri.


Untuk mencegah semua itu terjadi biasakan mengoles bibir dengan pelembab bibir yang mengandung moisturizer seperti shea butter.


Untuk cuaca yang sangat dingin, saya biasa mengoleskan Vaseline gel, awalnya biasa dioleskan pada telapak tangan dan kaki, tapi ternyata sangat berguna juga buat dioleskan pada bibir untuk tetap menjaga kelembabannya.

 

Do And Don’t  dalam merawat bibir agar tetap sehat, cantik berseri bibirnya.


1. ketika bibir pecah-pecah dan kering jangan sampai kita malah asyik mengelupasinya dengan jari tangan kita.


Dulu waktu saya masih tinggal di Ngawi, cuaca pegunungan yang sangat dingin membuat bibir menjadi sangat kering dan pecah-pecah. Kebiasaan buruk saya adalah mengelupasi bibir yang kering.


Ada satu waktu saya salah tarik dan berdarah parah. Rasa perihnya itu berhari-hari baru sembuh dan sejak saat itu saya menjadi kapok. Nggak lagi-lagi deh mengelupasi bibir yang kering.


2. Scrub Alami Bibir


Scrub bibir sebenarnya dapat dengan mudah kita dapatkan di toko-toko kosmetik kesayangan kita. Tapi kalau dengan bahan yang amat sangat sederhana saja kita bisa membuat scrub bibir kenapa harus mencari yang mahal dan harus mengeluarkan banyak uang?


Jadi kita sebenarnya hanya membutuhkan dua bahan utama untuk membuat scrub bibir yaitu gula pasir dan madu.


Gula pasir dimana-mana memang sudah biasa dipakai buat scrub. Karena kristal yang merupakan bentuk dasar dari gula diyakini mampu menjadi eksfoliasi kulit-kulit kering dan sel kulit  mati dengan sangat baik.


Sementara madu diyakini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan serta membantu penyembuhan proses penyembuhan dari luka. Madu mengandung banyak sekali vitamin B6, asam amino, asam pantotenat serta niacin unttuk kulit.


Cara Membuat Scrub Alami Bibir


1. Campurkan setengah sendok teh madu dan Satu sendok makan gula pasir.


2. Aduk yang rata sampai bisa dibentuk menjadi gumpalan yang pas untuk dijadikan scrub alami bibir.


3. Beri sedikit minyak kelapa ataupun minyak zaitun


4. Aduk rata hingga mengumpal, tidak encer dan kasar


5. Gosokan pada bibir dengan perlahan selama 1-2 menit.

Biarkan beberapa saat, kurang lebih 10-15 menit agar khasiatnya diserap oleh bibir.

Cuci bersih bibir, keringkan dengan tisyu lembut.

Yang terakhir oleskan lipbalm untuk menetralisir dan meringankan rasa perih pada bibir.

 

3. Masker pada bibir

Fungsi utama dari masker bibir sebenarnya adalah untuk menjaga kelembaban bibir agar tidak mudah pecah-pecah, kering dan memerahkan bibir secara alami. Bahkan masker bibir alami bahannya sangat mudah sekali kita dapatkan di lingkungan kanan kiri sekitar kita


Madu


Yes, membicarakan khasiat dari madu memang tidak akan pernah ada habisnya. Karena sungguh sangat kaya akan manfaatnya serta kandungan di dalammya. Caranya pun sungguh sangat mudah, yaitu hanya dengan cara mengoleskan madu pada waktu  pagi hari serta  malam hari pada bibir kita.

 

Mentimun


Cara membuat masker bibir dengan mentimun juga dibilang sangat mudah caranya. Kita hanya perlu menghancurkan sedikit mentimun ataupun dengan Cara mudah yaitu memarutnya.


Setelah halus, lalu perlahan aplikasikan pada bibir. Diamkan antara 15-30 menit. Angkat lalu bilas dengan air bersih atau air hangat.

 

Penutup.


Perawatan bibir bagaimanapun juga termasuk hal yang sangat penting bagi kita selain perawatan wajah tentu saja.


Sesekali coba intip pilihan rekomendasi lipstick yang ditulis oleh kakak Bayu Fitri selaku Blogger Tanggerang yang super kece dan baik hati.


Kuy lah main-main ke blognya kakak Bayu. Banyak sekali info-info menarik yang sayang untuk dilewatkan

 

 

 

 

 

 

 

 

2 comments

  1. Kayanya aku perlu coba deh untuk membuat scrub bibir, biar merah merona hihihi... Habis kebanyakan pakai lipstik, bibir jadi berubah warna

    ReplyDelete
  2. Aku ngebayangin kalo bikin dan pake scrub alami madu dan gula, gak bakal lama dibibir. He he he. Yang ada dijilat-jilat, dicocol sampe abis masuk mulut nih. Manis sih. Tapi aku baru tahu kalau madu, gula, zaitun bisa buat bibir juga. Tq infonya Kak.

    ReplyDelete