Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Makan Nasi

No comments

 

Sumber : https://www.freepik.com/free-photo/front-view-tired-boy-trying-eat-his-cereals_5430084.htm#fromView=search&page=1&position=16&uuid=6e2fb7c0-e331-43a0-be72-ff3231b9bfde


Jika anak mengalami kesulitan makan nasi, biasanya banyak orang tua yang khawatir karena hal ini tentu bisa berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Apalagi jika anak lebih memilih makan jajanan atau makanan cepat saji yang punya banyak kandungan bahan pengawet dan penyedap rasa. Cara mengatasi anak tidak mau makan nasi, maka terlebih dahulu orang tua harus mengetahui penyebab masalah ini. 

Penyebab Anak Tidak Mau Makan Nasi

Sebelum menentukan solusi anak tidak mau makan nasi, maka sebaiknya ketahui penyebabnya terlebih dahulu. 

  • Bosan dengan makanan, kemungkinan anak bosan dengan nasi karena rasanya yang cenderung hambar.

  • Gangguan makan, anak yang mengalami gangguan makan seperti picky eating atau anoreksia maka dapat mempengaruhi nafsu makannya.

  • Selera makan berubah-ubah, umumnya anak kecil memiliki selera makan yang fluktuatif dan ini cukup normal bagi perkembangan mereka namun jangan sampai larut.

  • Tampilan makanan, sebagian anak ada yang tidak menyukai tekstur atau tampilan nasi karena terlalu lengket sehingga enggan untuk mengkonsumsinya.

Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Makan Nasi

Anak yang malas makan nasi dan justru memilih jenis makanan lainnya yang kurang sehat, maka harus dicarikan solusi agar supaya mau makan nasi kembali. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan mengatasi anak tidak mau makan nasi.

  1. Sebaiknya Jangan Dipaksa

Meskipun anak tidak mau makan nasi namun jangan lantas memaksa anak untuk memakannya sampai si kecil akhirnya enggan makan sama sekali. Anda sebagai orang tua, tidak boleh memicu anak untuk menjadi frustasi bahkan trauma pada makanan hingga akhirnya malas makan. Jadi sebaiknya jangan pernah paksa anak untuk makan nasi meski si kecil tidak mau atau susah memakannya.

Anda bisa berikan jeda saat anak mulai menolak nasi, berikan jeda beberapa hari atau beberapa minggu kemudian. Terlebih untuk balita yang baru belajar makan nasi, biasanya membutuhkan waktu berkali-kali untuk kembali mengkonsumsi makanan yang dihindari sebelumnya. 

  1. Sajikan Dalam Porsi Kecil

Daripada memaksa anak untuk makan nasi, lebih baik Anda melakukan cara satu ini. cara mengatasi anak susah makan nasi bisa dengan menyajikan nasi dan lauk dalam porsi kecil dari biasanya. Dengan cara ini kemungkinan anak akan mencoba makan nasi walau dengan porsi yang sedikit tersebut. Awal-awal mengajarkan anak makan nasi kembali dengan cara ini cukup efektif, karena anak tidak lagi melihat nasi yang porsinya banyak sebagai hal yang menakutkan.

  1. Membuat Variasi Nasi Lebih Kreatif

Selanjutnya, anak tidak mau makan nasi maka bisa diatasi dengan memberikan variasi nasi menjadi jenis nasi lainnya. Misalnya dengan membuat nasi liwet atau nasi kuning, karena jenis makanan ini membuat nasi memiliki rasa dan warna yang berbeda agar tampilannya tidak membosankan bagi anak. 

Bisa juga dengan mengubah bentuk nasi dari yang biasanya hanya disajikan di piring saja, dengan menyajikan nasi berbentuk bola atau menggunakan cetakan khusus. Anda bisa beli cetakan nasi dengan karakter yang lucu, agar tampilan nasi menjadi semakin unik. Nasi yang disajikan dengan dicetak bisa juga ditambahkan dengan bumbu seperti bawang putih atau daun jeruk agar rasanya lebih enak.

  1. Makan Bersama

Anak tidak mau makan nasi apa solusinya? Ibu juga bisa mengajak anak makan bersama, dibanding hanya menyuruh anak makan sendirian di meja makan. Karena seperti diketahui, anak akan melihat dan mencontoh kebiasaan orang tua. Jika anak melihat orang tua atau anggota keluarganya menyantap makanan bersama yang sudah disediakan, maka secara otomatis si buah hati akan meniru kebiasaan tersebut termasuk makanan nasi.

Cara ini tentu saja tidak hanya menjadi tugas Ibu namun anggota keluarga lain, agar bekerja sama untuk membuat si kecil mau kembali mengkonsumsi nasi. 

  1. Hindari Makan Camilan Dekat Jadwal Makan

Hal ini perlu dihindari, karena makan camilan saat berdekatan jadwal makan akan membuat anak cepat kenyang bahkan anak jadi enggan untuk makan nasi dan makanan lainnya. Anda bisa berikan camilan yang tepat 3 sampai 4 jam setelah jadwal makan utama, namun tetap perhatikan porsi dari camilan yang diberikan agar tidak terlalu banyak karena anak bisa kekenyangan. Karena pada jangka waktu 2 sampai 3 jam, lambung akan bekerja untuk memproses makanan yang sebelumnya disantap. 

Itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak tidak mau makan nasi. Jika cara di atas belum berhasil juga dilakukan, maka bisa coba berikan anak produk herbal yang aman dikonsumsi untuk meningkatkan nafsu makan dari SIDOMUNCUL Store yaitu Anak Sehat. Produk Anak Sehat ini aman dikonsumsi anak karena dibuat dari 7 bahan alami pilihan yaitu temulawak, temu ireng, jahe, kayu legi, wortel, alang-alang dan madu yang berkhasiat untuk masa pertumbuhan anak. Khasiat utama dari produk ini yaitu untuk membantu memperbaiki nafsu makan anak. 





Sumber : 

https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/gizi-balita/anak-tidak-mau-makan-nasi/

https://www.generasimaju.co.id/artikel/2-tahun/pola-asuh-anak/anak-tidak-mau-makan-nasi

https://morinaga.id/id/milestone/cara-mengatasi-anak-susah-makan-nasi-dan-menu-penggantinya


No comments