Angkringan Balikpapan

 



Angkringan beberapa tahun terakhir memang booming di Balikpapan. Berbanding terbalik di jogja/solo sudah ada sejak zaman Saya masih anak-anak. Saya ingat banget Karena dulu suka beli telur puyuh bacemnya.

Btw, ada yang suka dengan makan di Angkringan nggak? Yang suka yuk sini kita merapat bareng-bareng. Jujur saya sangat suka dengan kuliner malam. Meski bukan harus memakan sesuatu yang berat, namun setidaknya ngobrol berdua dengan soulmate sembari menikmati segelas es milo, wedang jahe susu ataupun hanya sekedar es teh (yang bisa dibikin sendiri di rumah)

Apalagi kalau setelah merampungkan deadline yang bertumpuk. Rasanya jadi menyegarkan kembali kepala. Membuang sampah-sampah ide yang terlalu berjejalan di dalam kepala. Seperti sobat travel blogger Medan.

Apakah kalian juga termasuk salah satu yang suka kuliner malam? Kalau iya, kuliner malam angkringan bisa menjadi pilihan. Dan di Balikpapan ini tepatnya yang tinggal di area km 3,5 bisa banget nih Cobain angkringan wonten.

Tempatnya Strategis

Terletak di pinggir jalan raya km 3,5 membuat angkringan wonten ini menjadi sangat strategis. Terlabih di km 3,5 ini bisa dibilang kalau nggak ada saingan. Memang ada sih beberapa angkringan juga tapi tempatnya masih kalah strategis menurutku. Kalau soal rasa sih bisa dibilang so-so saja ya. 

Angkringan LaperPool

Selain angkringan wonten kamu juga bisa menemukan angkringan LaperPool di Kampung Timur. Letaknya juga bisa dibilang lumayan strategis . Daya tarik angkringan LaperPool ini adalah terkadang memberikan sajian life music. Anak Muda banget kan jadinya.

 Tempat Makan Murah Meriah? 

Pasti kamu sudah tidak asing dengan kata angkringan merupakan tempat Makan yang murah meriah bukan? Itu kalau kamu sedang berada di solo atau jogja mungkin benar.

Namun sebenarnya, angkringan di Balikpapan ini harganya sudah tidak semurah itu. Namun memang masih agak terjangkau apabila mengambil makannya seperlunya saja. Tapi kalau kamu mirip Kaya aku yang suka kalap dengan makanan yang seenak itu kamu tetep harus merogoh kantong lebih dalam juga.

Harga rata-rata per item di Balikpapan.

Untuk sebungkus nasi sego kucing kamu perlu merogoh 5.000 - 12.000. Dengan aneka lauk yang menggoda seperti Rica ayam, tuna suir, Teri, ikan asin, dll. Hitungannya agak mahal memang mengingat terakhir kali Saya pergi ke Solo Saya masih menemukan sego kucing dengan harga 2500 - 3000.

Lauk atau cemilan pendamping ada berbagai harga yang berbeda.

- kepala ayam bacem 5.000

- Ceker ayam bacem Rp 3.000

- Sosis besar 12.000 - 15.000

- sosis kecil 5.000

- Tahu/Tempe bacem 3.000

- Tempe mendoan/tahu isi 3.000

- Nuget /aneka bakso 5.000

Sementara Untuk minuman berkisar antara 5.000 (es teh) hingga 20.000 Untuk minuman yang lainnya seperti susu jahe, wedang uwuh, Milo panas atau es Milo. 

Asal Mula Angkringan

Apa sih angkringan itu? Jadi Angkringan adalah sebutan untuk tempat jualan makanan yang biasanya ditaruh pada sebuah gerobak.

Tempat makan ini biasanya buka mulai sore hingga dini hari. Tempatnya menetap. Awalnya hanya berupa di depan ruko yang tutup Dan hanya beralaskan tikar.

Namun seiring waktu,  kini angkringan sudah banyak yang berupa cafe-cafe cantik Untuk nongki anak Muda disertai live music.

Suasana makan di angkringan kini Menjadi sangat terasa seru dan nggak lagi terasa membosankan. Tak sedikit para pengunjung yang suka berlama-lama di suatu angkringan hanya untuk mengobrol santai. Apalagi menu angkringan pun dijual dengan harga yang serba murah, pengunjung pun tak perlu khawatir lagi masalah biaya.

 

1 comment

  1. Angkringan identik dengan harga yang murah ya mbk, dan bungkusannya kecil2. Niat mau hemat ya ngga juga ya, jatuhnya malah boros karena ga cukup makan 1.
    Di Medan jarang banget ada angkringan. Mungkin karna kurang cocok dengan style anak medan yang sukanya duduk di kursi dan porsi makannya banyak, hahaa

    Kalo kangen angkringan ya kudu sabar, nabung buat beli tiket ke jogja

    Btw, makasi banyak BLnya mbk :)

    ReplyDelete

Comunities

Blogger Perempuan