Perhitungan Matang sebelum Membeli Aset Properti di Zaman Modern


Mortgage-Calculator-UK


Saat ini harga aset properti masih terbilang cukup tinggi. Padahal sebagai manusia, kita membutuhkan tempat tinggal yang layak sesuai dengan kebutuhan. 


Pada dasarnya setiap orang punya kesempatan yang sama untuk membeli properti sesuai keinginan. Kuncinya terletak pada persiapan dan perhitungan yang matang sehingga biaya untuk membeli properti tersebut bisa terpenuh.


Kebutuhan Properti Masyarakat


Seiring dengan perkembangan zaman dan berjalannya waktu, kebutuhan akan aset properti semakin beragam. Ada masyarakat yang butuh rumah baru, ada pula yang ingin merenovasi rumah karena ada tambahan anggota keluarga. Tak sedikit pula yang ingin membeli aset properti untuk digunakan sebagai rumah kedua di samping kepemilikan rumah utama.


Apapun itu, aset properti saat ini masih memiliki peminat yang begitu tinggi. Banyak orang memburu aset properti dengan berbagai bentuk dan tipe. Semakin canggihnya zaman juga sebenarnya mendukung masyarakat untuk bisa membeli rumah idaman dengan langkah-langkah yang lebih mudah.


Misalnya saja melalui KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah yang membuat siapa saja bisa mendapatkan rumah impian. Program KPR ini sudah sangat populer di Indonesia dan memang terbukti mempermudah orang-orang untuk mendapatkan aset properti yang diinginkan. Sesuai dengan namanya, sistem pembelian rumah dilakukan secara kredit.


Tentang KPR


Mari pahami dulu apa sebenarnya KPR itu. KPR adalah fasilitas kredit yang ditawarkan oleh pihak perbankan untuk membiayai kebutuhan rumah nasabahnya. Nantinya kredit ini akan diberlakukan dalam durasi waktu tertentu dan aturan suku bunganya. Sampai saat ini KPR masih menjadi cara favorit bagi sebagian besar masyarakat untuk membeli aset properti impian.


KPR dianggap solusi yang tepat bagi orang-orang yang punya bujet pembelian rumah pas-pasan. Biaya pembelian rumah jadi terasa lebih ringan karena bisa dicicil sesuai jangka waktu yang sudah disepakati. Selain itu pembelian properti juga bisa dipersiapkan dengan lebih baik karena Anda bisa memperhitungkan biayanya secara cermat.


Jika Anda ingin memiliki rumah melalui sistem KPR, maka penting sekali untuk memahami apa saja biaya yang dibutuhkan dan perhitungannya. Ini akan membantu Anda dalam mempersiapkan biaya sehingga KPR yang diambil bisa lebih terencana dan menguntungkan. Selama dipersiapkan dengan matang, maka prosedur pembelian rumah dengan sistem KPR ini tak akan merugikan Anda.


Komponen Biaya dalam pengambilan KPR


Ada beberapa jenis biaya yang harus dipahami ketika Anda akan mengambil KPR. Ini penting untuk membantu Anda membuat perhitungan yang lebih matang. Berikut adalah beberapa komponen biaya dalam pengambilan KPR:


    Booking

Pertama ada biaya booking yang biasanya memang diberlakukan oleh pihak developer. Developer akan meminta biaya booking sebagai jaminan bahwa Anda memang akan membeli rumah tersebut. Nantinya biaya booking bisa hangus jika aplikasi pinjaman ternyata tidak disetujui oleh bank.


    Down Payment

Kemudian ada biaya down payment yang merupakan uang muka. Besarnya uang muka ini sangat bervariasi dan akan berpengaruh pada nilai cicilan yang harus dibayarkan sampai tenor berakhir. Semakin besar uang muka maka semakin kecil biaya cicilan yang harus dibayarkan rutin.


    Biaya Notaris

Pembelian rumah dengan KPR juga akan membutuhkan biaya notaris. Biaya notaris ini dibutuhkan untuk melengkapi dokumen-dokumen legalitas pembelian rumah. Ada beberapa developer yang sudah memasukkan biaya notaris dalam satu kesatuan namun ada juga yang belum menyertakannya.


    Biaya Lain-Lain

Setiap penyusunan anggaran harus menyertakan biaya lain-lain. Dalam hal ini, Anda perlu menyertakan biaya renovasi dan biaya tak terduga. Biaya renovasi ini dibutuhkan jika Anda kurang puas dengan bangunan rumah yang disediakan oleh developer. Selain itu Anda juga harus mempersiapkan biaya tak terduga untuk menghadapi hal-hal tertentu yang tidak direncanakan sebelumnya.


Tips Membeli Rumah dengan KPR


Apa saja yang harus Anda lakukan jika ingin membeli rumah dengan metode KPR? Pembelian aset properti dengan metode apapun harus dipersiapkan dengan matang. Khusus bagi Anda yang ingin membeli rumah pakai sistem KPR, 

silakan terapkan beberapa tips berikut ini:


1.               Tentukan Properti Pilihan

Tips pertama, tentukan dulu properti pilihan yang ingin Anda beli. Saat ini ada banyak sekali tipe rumah yang bisa Anda dapatkan melalui metode KPR. Pastikan bahwa Anda sudah membidik rumah yang tepat. Pilih jenis rumah yang paling sesuai dengan kebutuhan agar Anda bisa merasa nyaman untuk menempati rumah tersebut.


2.               Pilih Developer Tepercaya

Perlu diketahui juga bahwa saat ini ada banyak pilihan developer yang membangun rumah dan menjualnya dengan sistem KPR. Pilihlah developer yang tepercaya, jangan asal beli rumah dari developer abal-abal. Perhatikan track record-nya dan cari tahu seperti apa saja tipe rumah yang sudah dibangun oleh developer tersebut.


3.               Pahami Cara Kerjanya

Anda mungkin masih awam dengan sistem pembayaran KPR ini. Cobalah untuk mencari informasi lebih lengkap mengenai KPR dan bagaimana cara kerjanya. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena merasa dirugikan dengan cara kerja dari KPR ini.


4.               Buat Perhitungan Biaya

Selanjutnya silakan buat perhitungan biaya sebagai persiapan untuk membayar KPR ini. Anda harus bisa merencanakan anggaran agar nantinya KPR bisa dibayar lunas dengan lancar tanpa hambatan. Perhitungan bisa disesuaikan dengan tipe rumah, harga dari developer, dan tentu saja peraturan dari pihak bank.


Perhitungan Biaya KPR

Perencanaan biaya yang detail dan matang akan membantu Anda lebih siap membayar KPR. Mungkin akan lebih sulit jika Anda harus menghitung biaya ini secara manual. Namun bisa jadi lebih mudah apabila Anda menggunakan bantuan aplikasi yang tepat.


Saat ini ada kalkulator KPR yang bisa Anda akses secara online dan mempermudah proses perhitungan biaya pembelian rumah. Kalkulator ini akan membantu Anda untuk mengetahui nominal uang yang harus disetorkan setiap bulan serta berapa total uang yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah. Kalkulator KPR akan membuat perhitungan yang akurat sesuai dengan data yang Anda masukkan.


Anda tentu saja segera bisa menggunakan MortgageCalculator.uk untuk menghitung biaya KPR secara akurat. Perhitungannya cukup memuaskan karena di dalamnya terdapat berbagai jenis data yang dibutuhkan. Mulai dari uang muka, suku bunga, teor, dan lain sebagainya. Begitu memasukkan data-data ke kolom yang tepat, Anda bisa langsung mendapatkan hasil perhitungan.


Kalkulator KPR ini akan bekerja secara efektif dalam menghitung biaya KPR yang Anda butuhkan. Data hasil perhitungannya bisa dijadikan referensi sehingga Anda bisa mengambil keputusan lebih bijak. Jika memang hasil perhitungan tersebut sesuai dengan ekspektasi dan kemampuan Anda maka KPR ini layak untuk diambil.


Membeli rumah dengan sistem KPR di zaman sekarang akan menjadi sebuah pilihan yang tepat. Apalagi jika Anda berada di posisi yang sulit untuk membeli rumah secara tunai. Tak masalah selama Anda memiliki perencanaan yang matang dan siap untuk membayar cicilan sesuai nominal yang sudah ditentukan hingga KPR dinyatakan lunas.

 



 

9 comments

  1. Pengen punya tanah beli cash, aamiin.
    Kemudian bangun pelan pelan
    moga kesampean
    gak kuat kalo KPR huhu

    ReplyDelete
  2. waahh canggih nih, udah ada kalkulator KPR ya, jadi kita bisa simulasi dulu nih sebelum maju ke Bank atau tempat untuk mengajukan KPR kita ya, jadi punya gambaran awal dulu, bisa disesuaikan dengan kemampuan kita dong ini :)

    Rumah impian jadi bisa semakin enak dirancang :)

    ReplyDelete
  3. Betul kak property menjadi kebutuhan, lokasi dan kemampuan perlu kecermatan menghitungnya agar tetap nyaman

    ReplyDelete
  4. Betul kak property menjadi kebutuhan, lokasi dan kemampuan perlu kecermatan menghitungnya agar tetap nyaman

    ReplyDelete
  5. Pas banget, saya butuh kalkulator KPR untuk hitung berapa kemampuan saya beli rumah secara kredit. Ada pandangan beberapa rumah tapi masih ragu mau ambil batas range bawah atau berani yang range atas dari daftar rumah yang menarik bagi saya itu. Terima kasih

    ReplyDelete
  6. hati-hati dengan developer yang nakal, sehingga harus dipastikan dulu developernya ok atau ga. setahu sy KPR tidak hanya untuk rumah baru, untuk rumah second juga bisa

    ReplyDelete
  7. Aku dan keluargaku yang inti belum ada yang kepikiran buat KPR sih. Sekarang masih memanfaatkan lahan hibah dari sesepuh untuk membuat rumah.

    Tapi, kalau mau beli properti di tempat lain mungkin kami akan pertimbangkan KPR.

    ReplyDelete
  8. Kami sempat beli properti melalui KPR yang pertama sih cari info developernya. Udah banyak hasil pembangunannya ga dan tanggungjawab pembangunannya juga penting, terutama fasos fasum.

    ReplyDelete
  9. Selama jumlah penduduk terus bertambah, kebutuhan akan hunian dan properti akan terus meningkat, meski ekonomi negara naik turun. Saya juga pernah mengakses KPR. Alhamdulillah sudah selesai dan rasanya legaaaa.

    ReplyDelete