Wisata Monumen Suryo Ngawi

 



Jalan-jalan ke kota Ngawi yuks.

Sebagai warga kota Ngawi yang besar di Ngawi saya merekomendasikan untuk berkunjung ke monumen Suryo.

Selain tempatnya yang sangat menarik. Berkunjung wisata Monumen Suryo ini tempatnya bisa dibilang sangat strategis. Tak perlu jauh-jauh dan sulit mencarinya karena terletak di sebelah jalan raya besar Madiun-Solo.

Tepatnya wisata Monumen Suryo Ngawi berada di desa PelangLor, kecamatan Kedung Galar, Ngawi , Jawa timur.

Pada hari biasa Wisata Monumen Suryo Ngawi lumayan ramai dengan wisatawan lokal, namun pada hari hari liburan biasa lebih rame lagi. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan Pendidikan maupun sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Tak jarang sering mendapatkan kunjungan wisatawan anak-anak sekolah yang sedang mengadakan study tour kesini.

 

Pesona Wisata Monumen Suryo Ngawi
 

Wisata Monumen Suryo Ngawi merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi, apalagi bila anda sudah berada di daerah Ngawi. Disini anda akan merasakan pesona keindahan wisata yang penuh dengan pengetahuan sejarah tentang Gubernur pertama Jawa Timur.

Wisata Monumen Suryo Ngawi menjadi salah satu tempat wisata terfavorit bagi masyarakat lokal seputaran wilayah Ngawi. Hampir sebulan sekali saya menghabiskan waktu bermain kesini bareng teman-teman. Suasananya yang sejuk dengan pepohonan rindang disana-sini membuat suasana menyenangkan.

Monumen Suryo dibangun sebagai tanda penghormatan masyarakat kota Ngawi pada tokoh Gubernur pertama Jawa Timur, RM. Soerjo.

RM. Soerjo meninggal karena insiden PKI pada tahun 1948. Gubernur Pertama Jawa Timur ini menjadi salah satu target penculikan oknum PKI dan dibunuh dengan sadis di tengah Hutan Ngawi Kedungalar.  Monumen Suryo adalah salah satu monumen yang terletak di Kawasan Hutan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ngawi. Dan diresmikan pada 28 Oktober 1975 oleh Pangdam VIII/Brawijaya, Mayjen TNI Witarmin

 

Fasilitas Wisata Monumen Suryo Ngawi

 


Wisata Monumen Suryo Ngawi memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan yang lumayan lengkap, diantaranya :

  •          Area parkir kendaraan yang lumayan luas.
  •           Mushola, sehingga anda tidak perlu repot mencari masjid jika waktu sholat sudah tiba.
  •           Toilet
  •          Kantin. Namun beberapa juga banyak penjaja makanan kecil yang lewat.
  •          Gazebo
  •          Taman Bermain

 


Taman Indah di Wisata Monumen Suryo Ngawi



Dari berbagai sudut manapun, wisata Monumen Suryo memang menyuguhkan kesegaran dengan hamparan tanaman perdu.


 Suasananya terasa begitu nyaman, bersih dan sangat rapi. Tanaman yang berada disamping kanan dan kiri jalan setapak yang dibangun menggunakan bahan dasar paving yang sebagian dicat warna-warni.

 

Taman dan Gazebo di Monumen Suryo Ngawi
 



Tanaman ditata dengan sangat rapi, dipotong dan dibentuk seperti taman labirin. Di area taman juga dibangun beberapa gazebo dari bahan kayu jati. Instragramable banget, Enak dipandang, dan sangat sejuk dirasakan.  Bagi anda yang sedang bepergian keluar kota, ketika  melewati Wisata Monumen Suryo Ngawi boleh banget mampir dan merasakan keindahan di tamannya. Dijamin nggak akan menyesal deh.

Lokasi wisata yang tergolong sebagai wisata alam ini tidak hanya menyuguhkan cerita sejarah yang terintepretasikan melalui Monumen Suryo saja, melainkan ada daya tarik wisata lainnya yang tak boleh anda lewatkan.

Sebut saja atmosfer alam yang masih asri dan asli. Lokasi wisata ini juga menyuguhkan keindahan panorama alam yang sangat indah. Siapa pun akan merasakan suasana tenang dan damai saat berada di tempat wisata ini.

Untuk tetap menjaga keasrian lingkungan sekitar monumen, pihak pengelola tempat wisata Monumen Suryo telah menghiasi monumen dengan 23 jenis tanaman langka seperti citradora, Sawo kecik, Sonokeling, Cendana, dan masih banyak jenis tanaman langka lainnya.

Berita bagusnya, Wisata Monumen Suryo Ngawi ini harga tiket masuknya free lho, gimana benar-benar menyenangkan bukan? Saya yakin anda sangat tertarik untuk pergi ke Wisata Monumen Suryo Ngawi ini bukan?

 

 

15 comments

  1. kalau ke Ngawi yang diinget pecelnya, waktu kirim barang pagi-pagi dari Surabaya langsung tancap pecel. murah banget.
    Di monumen ada rusanya juga ya. kalau anak-anak suka bmemberi makan bisanya

    ReplyDelete
  2. NGAWI ini udaranya seger bin sejuk ya Mba
    Masih jarang polusi di sini.
    Ini deket Madiun kan ya?
    Kapan2 mau ahhh cuss Ngawi

    ReplyDelete
  3. Monumen Surya Ngawi ini patut dikunjungi karena senagai wisata alam yang penuh makna. Gazebonya terbuat dari kayu jati, pasti kiat sekali 😊 Apalagi HTM nya gretong, maulah mampir ke sana suatu hari nanti.

    ReplyDelete
  4. Tempat wisatanya terasa adem ya, Mbak. Masih banyak pepohonan hijau. Kayaknya bisa betah berlama-lama di sini.

    ReplyDelete
  5. Baru tahu dirimu asli Ngawi, Mbak..Aku sering lewat dan singgah sesekali ke kota ini karena Mertuaku tinggal di Madiun.
    Baikah pas mudik bisa nih main ke Monumen Suryo Ngawi, biar tahu, belajar sejarahnya, mumpung gratis pula

    ReplyDelete
  6. Hmmm... mau banget ke Ngawi.. belum pernah jalan-jalan ke ngawi. Eh itu ada petilasan dan makamya Gubernur pertama Jatim juga? ini nih yang keren. kalau saya sering bilang ke tempat wisata ke gini, namanya wisata sejarah. heuheu.

    ReplyDelete
  7. Walaupun suka sejarah, aku jarang masuk museum, suka foto2 sekitar aja. Nah ini tokoh baru yang aku baru tau nih. Menarik kayaknya kesitu kalau ada rejeki ke daerah sekitar.

    ReplyDelete
  8. Indaaaah dan kelihatan adeeem. Pengen ke sanaaa tapi takut. Latar belakang sejarahnya langsung bikin aku tercekat, Mbak. Langsung terbayang kekejaman orang-orang PKI itu pada Pak Gubernur :'(

    ReplyDelete
  9. Jadi pengin menjelajahi Ngawi nih baca artikel ini, terutama eksplor Monumen Suryo Ngawi. Dulu Ngawi tuh cuma kulewati setiap kali perjalanan dari Semarang ke Madiun.

    ReplyDelete
  10. Wah ibarat main kesini bisa dapat paket komplit ya mbak, bisa belajar kayak museum dan bisa santai juga selayaknya taman kota. Bisa nih akhir pekan ajakin anak2 apalagi fasilitasnya cukup lengkap.

    ReplyDelete
  11. Wahhh daerah madiun-solo kah, aku baru tau banget ada ini sih.. Apalagi ada pemandagan rusa-rusanya gitu..Wahh boleh nih jadi referensi liburan taun depan..

    ReplyDelete
  12. Dapet pengetahuan baru nih soal Ngawi. Sering denger disebut cuma aku banyak ga tahunya. Ternyata banyak yang kita pelajari ya kalo kesana.

    ReplyDelete
  13. Eh, aku udah pernah ke sini. Waktu itu memang sengaja ngubek-ngubek Ngawi. Ceritanya pengin jalan-jalan ke Jawa Timur tapi yang perbatasan Jawa Tengah aja biar nggak terlalu jauh. Enak juga duduk-duduk di sini.

    ReplyDelete
  14. Ngajak keluarga ke sini asyik ya Mbak. Mana tempatnya adem dan nyaman. Gratis lagi.

    ReplyDelete
  15. Tempat wisata ini cocok buat anak-anak juga ya mbak. Anak-anak bisa belajar wisata sejarah langsung dengan alam juga

    ReplyDelete