Tips Hidup Sehat Dengan 8 Rempah Alami

 

Tips Sehat


Semua orang pasti mendambakan ingin selalu hidup sehat bahkan kalau bisa sampai tua kelak. Jujur saja saya suka sedih apabila sakit datang menghampiri maka yang terpikirkan adalah jika saya tua nanti bagaimana jika sedang dalam kondisi tidak fit. Karena ketika muda saja badan sudah sakit-sakitan bagaimana menjalani hari tua jika gampang terserang sakit.

Sehat merupakan investasi menurut saya. Kok bisa sih? Iya, kalau sehat maka kita akan mudah melakukan apa saja dalam hidup ini tanpa keluhan apapun. Tentu saja dengan diimbangi mengatur pola makan serta menjalani hidup sehat. Jangan berharap sehat kalau tiap hari makanan yang kita konsumsi adalah sejenis junk food dan minuman yang kita tenggak mengandung bahan perisa yang kurang atau bahkan tidak baik untuk tubuh.

Hidup Sehat Dengan Mengonsumsi Bahan Alami

Indonesia yang kaya akan rempah-rempah sebenarnya merupakan potensi besar bagi kita sebagai rakyat yang hidup di negara ini untuk memanfaatkan hampir semua sumber daya alamnya tak terkecuali rempah-rempah yang terkandung di bumi pertiwi.

Kalian pernah kan membaca berita ketika awal-awal pandemi justru rempah-rempah merupakan produk yang laris di pasaran dan beberapa di antaranya mengalami peningkatan harga yang sangat signifikan. Padahal sebelum pandemi rempah-rempah tersebut harganya sangat murah dan terjangkau oleh daya beli masyarakat.

Keberadaan rempah-rempah tersebut dipergunakan untuk memproduksi jamu yang ditengarai mampu mempertebal daya imun di saat pandemi.

Beberapa rempah-rempah yang mengalami peningkatan permintaan di saat pandemi ini antara lain:

  1. Jahe

Pada perkembangannya jahe dikelompokkan lagi menjadi dua jenis yaitu jahe biasa dan jahe merah. Jahe merah dengan harganya yang lebih mahal dari jahe biasanya dipercaya sebagai salah satu herbal alami yang dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Beberapa manfaat mengonsumsi jahe antara lain mengatasi rematik, sebagai antioksidan, dan menjaga kesehatan pencernaan. Cara mengonsumsi jahe merah adalah dengan direbus ke dalam air mendidih setelah sebelumnya digeprek sebanyak dua sampai tiga ruas jahe. Jika sudah mendidih angkat dan tiriskan jahe dari airnya dan siap untuk kalian minum sebagai herbal alami.

  1. Daun salam

Daun salam dipercaya mempunyai khasiat menurunkan kadar kolesterol, gula darah serta beberapa penyakit lainnya. Dan yang tak kalah penting, daun salam juga bisa menjaga imunitas tubuh asalkan kita rutin meminumnya.

Cara membuat herbal alami dari daun salam sebenarnya cukup mudah yaitu kita tinggal merebus daun salam ke dalam 3 gelas air yang sudah dituang ke dalam panci kecil. Rebus selama kurang lebih lima belas menit sampai keluar aroma dari daun salam tersebut. Setelah itu air rebusan daun salam disaring agar terpisah dari ampasnya dan siap untuk Anda minum demi terjaganya imunitas tubuh.

  1. Kapulaga

Di zaman serba cepat saat ini memunculkan makanan yang sifatnya fast food atau siap saja yang ketika terlalu berlebihan dikonsumsi dapat menyebabkan penyakit, salah satunya kanker. Salah satu rempah alami yang dapat menurunkan risiko kanker adalah kapulaga. Bahkan jika ketika Anda terkena flu bisa mengonsumsi kapulaga sebagai penangkal flu.

Kapulaga yang memiliki kadar mineral dan vitamin cukup tinggi ini dapat berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh kita. Cara membuat herbal dari kapulaga cukup mudah sekali. Anda cukup memasukkannya ke dalam rebusan teh panas dan siap untuk diminum selagi hangat.

  1. Kayu Manis

Kalau kalian suka berbelanja di pasar tradisional maka akan menemukan banyak benda menyerupai ranting pohon berwarna coklat di beberapa pedagang sayur ataupun sembako. Benda itu adalah kayu manis yang ternyata merupakan satu dari rempah-rempah yang ada di Indonesia.

Kayu manis ini ternyata bisa meningkatkan imunitas kita juga loh. Jadi tidak hanya sekadar pelengkap masakan saja namun kayu manis memiliki manfaat yang cukup besar dalam memelihara kesehatan tubuh. Bahkan meminum rutin air rebusan kayu manis bisa mengendalikan gula darah bagi penderita diabetes lho.

Cara membuat herbal alami dari kayu manis sangat mudah yaitu cukup direbus ke dalam 3  atau 4 gelas air, lalu air rebusannya dapat ditambah madu dan juga perasan jeruk lemon.

  1. Cengkeh

Untuk kalian yang sering merasakan nyeri di gigi bisa nih menggunakan rebusan cengkeh untuk mengurangi nyeri. Walaupun mungkin kalian tetap harus pergi ke dokter, namun tak ada salahnya melakukan antisipasi dengan berkumur menggunakan rebusan cengkeh tersebut.

  1. Kunyit

Rempah alami yang jika diparut manual meninggalkan bekas warna kuning di tangan ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Kunyit merupakan antioksidan untuk mengobati peradangan yang sedang diderita.

Bagi sebagian perempuan, minum air rebusan kunyit dapat mengurangi nyeri ketika sedang datang bulan. Cara membuatnya cukup mudah, kunyit yang sudah dikupas diparut terlebih dahulu lalu diperas dengan air. Setelah diperas, air kunyit dapat direbus terlebih dahulu sebelum diminum.

  1. Temulawak

Curcuma xanthorrhiza yang akrab disebut temulawak di Indonesia ini juga tak kalah bermanfaatnya untuk menjaga imunitas tubuh. Untuk para lansia, keberadaan temulawak baik untuk mencegah osteoarthritis atau pengeroposan sendi yang pada umumnya menyerang para lanjut usia terutama wanita.

Cara membuat herbal alami dari temulawak saya kira hampir sama dengan rempah-rempah lainnya yaitu direbus ke dalam air setelah dihaluskan. Setelah matang, air rebusan temulawak disaring dan siap untuk diminum. BIasanya temulawak berpartner dengan serai untuk memberi hasil yang optimal dalam meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Serai

BIasanya serai digunakan sebagai pelengkap ketika memasak makanan. Namun selain pelengkap masakan, serai dapat digunakan terpisah sebagai rempah yang memiliki antioksidan bagi tubuh yang rutin mengonsumsinya. Untuk para wanita, rutin mengonsumsi serai dapat membakar lemak lho. Siapa yang tidak ingin punya bentuk badan ideal dan salah satu caranya adalah mengonsumsi serai. Tentu saja harus diiringi dengan berolahraga ya gaes serta mengatur pola makan sehari-hari.

Cara meracik serai menjadi herbal alami untuk daya tahan tubuh cukup mudah. Geprek 3 sampai 4 batang serai lalu rebus ke dalam panci berisi air.  Setelah air rebusan serai mendidih, angkat dan saring agar ampasnya tidak terbawa. Dan serai pun siap untuk diminum. Serai akan menimbulkan aroma tersendiri apabila dicampur dengan teh ataupun madu.

 

Beberapa manfaat mengonsumsi herbal dari rempah alami adalah:

  1. Harga yang lebih terjangkau

Mungkin vitamin C dosis tinggi banyak dijual di beberapa apotek dengan harga terjangkau saat ini. Hal ini sangat berbeda jauh ketika awal pandami di bulan Maret 2021 dimana saya sempat kesulitan membeli vitamin C di beberapa apotek. Andaikan ada, maka harga vitamin C tersebut sudah melambung tinggi dan pembeliannya juga dibatasi dalam jumlah tertentu.

Dengan menggunakan rempah alami sebagai penguat imunitas tubuh tentu tak ada salah karena harga lebih terjangkau dan dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Secara tidak langsung kita juga turut serta dalam membantu petani dalam menjual hasil panen rempah-rempahnya.

  1. Terbuat dari bahan-bahan alami

Sebisa mungkin kita berusaha menghindari minum obat-obatan yang mengandung bahan kimia ketika badan sudah menunjukkan tanda-tanda tidak bersahabat alias akan jatuh sakit. Obat mungkin akan segera menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan namun efek negatifnya baru akan terasa setelah bertahun-tahun kita konsumsi.

Alangkah baiknya sejak dini kita berusaha meminimalisir penggunaan obat-obatan medis dan mengantisipasi datangnya sakit dengan mulai rutin konsumsi rempah-rempah alami. Walau tetap saja jika sakit kita harus merujuk ke pengobatan medis untuk dicari tahu penyebabnya.

  1. Mudah dalam pembuatannya

Jika kita mau mempelajari teknik pembuatan rempah-rempah alami menjadi jamu herbal maka sebenarnya tidak sulit dalam memproduksinya. Kita hanya butuh beberapa alat sederhana seperti pisau, blender dan panci untuk merebus beberapa rempah tersebut.

Sekarang sudah banyak saluran di media sosial sebagai sarana untuk belajar, tak terkecuali belajar mengolah rempah menjadi jamu herbal.

 

Kesimpulan

Demikian penjelasan saya mengenai beberapa rempah alami yang bisa kita racik sendiri di rumah. Sembari meracik dan menunggu hasil olahan rempah alami matang, tak ada salahnya membaca artikel dari blogger Bekasi yaitu Kak Ipeh Alena yang banyak mengulas mengenai beberapa film anak.

Di saat pandemi memang banyak sebagian masyarakat yang merasa kuatir akan penyebaran virus tak kasat mata itu namun ikhtiar merupakan jalan terbaik daripada selalu dihantui bakal terkena virus COVID-19.

Salah satu ikhtiar yang dapat kita lakukan adalah dengan mengonsumsi jamu maupun herbal yang terbuat dari rempah alami. Kalian dapat meracik sendiri jamu tradisional dengan takaran yang sesuai. Selain itu bila tidak sempat untuk meracik sendiri maka kalian bisa membeli langsung dari orang lain yang memang memproduksi jamu tradisional tersebut.

Selamat mencoba!

 

3 comments

  1. Bener dan setuju banget mbak Aisyah ,..kita tuh harus banget jaga kesehatan dan daya tahan tubuh ya terlebih pandemi seperti saat ini nah minum kunyit dengan beras kencur plus madu kalau aku ampuh tuh tingkatkan daya tahan tubuh jadi seger aja gitu badannya

    ReplyDelete
  2. Aku sampai sekarang belum pernah liat Kapulaga langsung kak. Huhu, baru bisa liat dari google image. Kalo ke pasar suka lupa mau nanya kapulaga yang kaya gimana.
    Tapi yes banget, aku yang awalnya emang suka banget jamu. Sekarang makin giat minum campuran rempah

    ReplyDelete
  3. Mbak Aisyahhhhhh, aku langsung save iniiiii.

    Ya ampun penting banget soalnya terutama yang ingin mengurangi yang berbahan kimia ke dalam tubuh.

    Btw kalau yang dalam bentuk bubuk bisa mempunyai khasiat yang sama nggak ya?

    ReplyDelete