Cara Program TV Digital

No comments


Cara Program TV Digital sebenarnya merupakan hal yang susah-susah gampang. Apalagi bagi saya yang jarang mengutak-atik settingannya. Semua saya serahkan pada ahlinya. Sampai suatu waktu saya pulang ke Madiun. Bude meminta tolong saya untuk membantu bagaimana caranya memprogram TV digitalnya. Saya  shock dong, wong di rumah saya sendiri yang urusin hal beginian itu paksu.

Tapi karena saya tidak ingin membuat Bude saya kecewa saya mengiyakan meski saya nggak ada pengalaman sama sekali. Apa susaahnya sih memprogram begini doang, batin saya kala itu. Toh saya masih bisa googling untuk mencari tahu. Saya juga bisa mencari infonya di berbagai sosmed. Mudahlah itu pasti juga sudah banyak video tutorial untuk informasinya bukan?

Tapi ternyata saya salah, tidak banyak video yang membuat postingan secara detail. Begitu juga belum banyak artikel yang membahas cara program tv digital.

Bagi para pengguna TV analog kebanyakan memang merasakan kebingungan pada saat pertama kali menggunakan TV digital. Jika Anda merasakan hal yang sama seperti yang saya alami beberapa waktulalu dan masih bingung bagaimana memprogramnya. Sini deh simak cara program TV digital untuk menemukan channel TV kesayangan Anda.

Betul sekali, Anda perlu memprogram TV digital pada saat baru pertama kali menggunakannya. Anda hanya perlu mencari sinyal saluran atau channel TV kesayangan Anda. Lalu setelah itu, pada saat akan menonton di TV digital, Anda hanya perlu mengarahkan tombol panah atau memencet angka sesuai daftar channel yang sudah tersedia.

Cara Program TV digital Tanpa Set Top Box

1.Pastikan TV yang Anda miliki merupakan TV Digital bukan TV Analog.

2. Coba nyalakan TV, kemudian pencet tombol Menu pada remote.

3. Kemudian pilihlah Setting dan klik Enter pada remote.

4. Pilih Saluran Digital atau DTV dan klik Enter.

5. Pilih Pemindaian Saluran secara otomatis atau auto scan.

Cara memprogram TV digital dari TV analog menggunakan set top box

1.Pastikan di daerah Anda sudah terdapat siaran TV Digital.

2. Gunakan antena UHF untuk outdoor maupun indoor.

3. Sambungkan STB ke TV dan antena dengan kabel RCA atau HDMi sesuai jenis TV analog Anda.

4. Pastikan kabel STB, Antena dan TV tersambung dengan baik.

6. Pastikan TV dalam kondisi menampilkan sumber AV, jika ada pilihan AV1 dan seterusnya, silakan sesuaikan sendiri.

7. Nyalakan Set Top Box kemudian masukkan kode pos. Isi sesuai dengan domisili rumah Anda.

8. Pilih Simpan dan proses selesai.

9.Masuk ke Menu kemudian pilih Setting.

10.Selanjutnya pilih Pencarian Saluran Secara Otomatis.

Demikian cara program tv digital Anda untuk menemukan saluran digital secara otomatis menggunakan maupun tanpa set top box.

Daftar Saluran TV Digital di Indonesia

Anda harus tahu bahwa jumlah saluran TV digital di Indonesia ternyata lebih banyak jika dibandingkan dengan saluran tv analog sehingga Anda memiliki kesempatan untuk menonton tayangan yang lebih bervariasi.

Beberapa saluran TV digital adalah sebagai berikut.

1.Saluran TV Nasional : TVRI Nasional, Elshinta TV, Net.HD, Berita Satu, RCTI, MNCTV, RTV, INEWS, JAKTV, ANTV, SCTV, Indosiar, Trans 7, Trans TV, OCHANNELTV, GTV, MetroTV, Daai TV.

2. Saluran TV Mancanegara: TVRI World dan Berita Satu World.

3. Saluran Regional: TVRI Jawa Barat

4. Saluran Lainnya: TVRI Sport HD, Muhammadiyah TV, Nusantara TV, Inspira TV, Mentari TV, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Magna Channel, BN TV, UG TV, My TV, BBS TV, Smile TV, Echannel, dan lainnya.

 

No comments