Tips Mencari Apartemen Nyaman dan Ramah di Kantong

 



Harga hunian rumah yang makin naik seiring dengan pertumbuhan penduduk serta langkanya lahan, membuat apartemen menjadi salah satu pilihan cocok nan populer yang dipilih oleh berbagai kalangan.


Mencari apartemen murah yang sesuai dengan kondisi kantong tentunya menjadi hal yang harus kita lakukan kalau mau mendapat hunian yang nyaman untuk hati, tubuh, dan pikiran.


Nah, di bawah ini adalah daftar tips dan cara untuk mendapatkan hunian apartemen yang ramah di kantong.


1   Buat perencanaan


Ya. Pertama, kamu harus buat perencanaan terlebih dulu. Rencanakan berapa lamakah kamu akan tinggal di apartemen tersebut. Beberapa tahun, kah? 


Atau hanya tinggal selama hari kerja, misalnya kamu adalah mahasiswa, dan akan pulang ke rumah di akhir pekan? Ini akan membantu kamu menentukan apakah nantinya akan menyewa per tahun, per bulan, atau mungkin per hari.


Kemudian, rencanakan dan hitung juga berapa biaya yang kiranya sanggup kamu keluarkan. 


Ini nantinya akan mempermudah kamu saat mencari apartemen yang sesuai.


      Cari informasi lengkapnya


Informasi adalah bagian penting yang harus dimiliki sebelum melakukan atau memutuskan sesuatu. 


Apalagi ini berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan isi kantong, jadi harus punya info yang jelas nan lengkap, dong?


Nah, untuk yang satu ini kamu bisa melihat berbagai situs dan platform online yang menyediakan berbagai tawaran dan informasi untuk hunian apartemen yang kamu cari.


Agar tidak kecewa nantinya, jangan lupa untuk melihat fasilitas apa saja yang ditawarkan dan berapa rating yang diberikan untuk apartemen tersebut. 


Kamu juga boleh cerewet dalam menanyakan apa saja tentang apartemen yang akan disewa ini, agar lebih paham dengan kondisi si calon tempat tinggal.


Salah satu contoh situs online penyedia informasi yang saya sarankan adalah apartemen123.com


Di situs ini, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap tentang fasilitas, kondisi, lokasi, serta harga apartemen yang kamu inginkan.


3  Pilih lokasi yang kurang strategis


Hunian strategis yang dekat dengan berbagai lokasi pasti nyaman karena kamu tidak perlu berjalan jauh lagi. 


Akan tetapi, apartemen di lokasi seperti ini biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan apartemen di lokasi yang kurang strategis.


Eits, jangan salah. Bukan berarti kamu melewatkan pertimbangan-pertimbangan lain seperti, berapa jarak dari apartemen ke lokasi tujuanmu, misalnya ke kampus atau kantor. 


Apakah di dekat sana ada fasilitas umum seperti restoran, kafe, dan minimarket. Cek juga transportasi dan segala biayanya.


Jangan pilih daerah yang terlalu terpencil, sulit mendapat transportasi, atau terlalu jauh dari tempat tujuan aktivitasmu. Jangan sampai kamu mendapat hunian murah, tetapi uangmu tetap terpotong karena biaya transportasi yang mahal, ya.


4 Ambil apartemen yang belum diisi furniture


Percayalah, Apartemen yang sudah diisi beragam furnitur memang nyaman, kamu tidak perlu lagi repot-repot pindahan atau membeli barang. Namun, harga yang ditawarkan belum tentu nyaman di kantong.


Biasanya, apartemen dengan perabot rumah lengkap memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan apartemen kosong.


Nah, keuntungannya kamu jadi bisa mengisi apartemen dengan perabot yang kamu inginkan, yang sesuai dengan gaya dan seleramu.


Jangan lupa membeli furnitur yang multifungsi nan murah, yang sudah banyak ditawarkan di toko-toko online. Secukupnya saja, asal bisa mengisi kekosongan di dalam tempat tinggal barumu.


5   Coba cari teman sekamar


Memiliki teman sekamar tentu menyenangkan, bukan? Kamu jadi bisa melakukan aktivitas bersama semasa liburan. 


Apartemen pun tidak sepi karena hanya ditinggali seorang diri. Ditambah lagi, dengan memiliki teman sekamar kamu bisa membagi dua biaya sewa apartemen, tentunya menjadi lebih aman untuk kantong.


Kamu bisa mencoba membicarakannya dengan teman-temanmu. Bisa juga menawarkannya di media sosial, atau mintalah temanmu mencarikan orang yang kiranya mau berbagi ruangan.


Tidak perlu terlalu gengsi. Tahukah kamu, Detektif Hebat Sherlock Holmes pun berbagi kamar dengan Dr. John Watson agar biaya sewa tempatnya menjadi lebih murah.


Akan tetapi, kalau kamu tipe orang yang lebih suka menyendiri dan memang tidak nyaman dengan keberadaan orang lain, maka pilihan ini bisa dilewatkan. Keep enjoying!


Nah, Kawan, itulah tips-tips yang kiranya bermanfaat untukmu yang hendak mencari hunian baru yang ramah di hati. Semoga bermanfaat, ya!

 

No comments